Berapa Lama Umur Kucing?
23/08/2015 9844 Views

Berapa Lama Umur Kucing?

Suatu saat pasti catlovers pernah bertanya-tanya, “berapa lama ya kucing saya akan hidup?”. Sedangkan banyak diantara kita yang memilih untuk tidak tahu jawaban tepat dari pertanyaan ini. Bagaimana pun umur kucing memang tidak bisa diprediksi dengan tepat, namun kita masih bisa berusaha untuk meningkatkan harapan hidup si kucing, yaitu dengan mencari berbagai informasi yang ada. Memang ada beberapa variabel yang tidak bisa kita kontrol, seperti soal kecenderungan genetik dan penyakit keturunan. Tapi masih ada banyak variabel yang masih bisa kontrol untuk menjaga kesehatan optimal kucing kita agar berumur panjang.

Apakah catlovers tahu berapa umur rata-rata kucing? Bagaimana kita bisa membuat agar kucing berumur panjang sehingga kita bisa hidup bersama lebih panjang? Yuk dibaca lagi untuk mengetahui lebih lanjut.

cat-years

Rata-rata Umur Kucing

calico-250-250 kotak-250x250

Berapa lama umur kucing? Banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti lingkungan, perawatan, kesehatan, dan apakah kucing disteril atau tidak. Dengan kemajuan medis dan tekonologi makanan, saat ini kucing idealnya “bisa” atau “mungkin” bisa hidup hingga umur 20 tahun dan bahkan bisa lebih. Namun berdasarkan survei yang diadakan oleh 10 situs terkemuka yang membahas kucing domestik, umur kucing domestik bisa hidup 10 tahun hingga 20 tahun. Rata-rata umur kucing domestik berada di angka 15,1 tahun.

Jenis kucing bisa menjadi salah satu faktor penentu. Para peneliti mendapatkan bahwa kucing jenis campuran (mixed breed) secara umum lebih kuat dan bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan jenis kucing ras (pure breed). Rata-rata kucing betina hidup satu sampai dua tahun lebih lama dibandingkan dengan kucing jantan. Rata-rata kucing indoor hidup lebih lama dibandingkan dengan kucing outdoor. Selanjutnya rata-rata kucing liar dan tidak memiliki tempat tinggal umurnya jauh lebih pendek dibandingkan dengan kucing domestik yang mempunyai pemilik.

88fee754-be2b-41b9-a80a-5cbeccf9d65f

Berapa Lama Umur Kucing Indoor?

Berdasarkan penelitian, kucing indoor memiliki umur hampir tiga kali lebih lama dibandingkan dengan kucing outdoor. Kucing indoor biasanya disterilkan, divaksinasi, dan tidak memiliki ancaman dan bahaya dari dunia luar. Mereka juga diberi makan secara teratur dan memiliki akses yang mudah ke air yang segar dan bersih. Meskipun kucing indoor membutuhkan banyak perhatian dan harus didorong untuk mendapatkan latihan yang cukup untuk menghindari obesitas, namun para pemiliknya bisa memberikan semuanya. Lalu berapa rata-rata umur kucing indoor? Berdasarkan penelitan, ternyata kucing indoor memiliki umur antara 14 hingga 20 tahun, dengan rata-rata umur kucing indoor adalah 16,875 tahun.

Garden-Outdoor-Cat

Berapa Lama Umur Kucing Outdoor?

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kucing outdoor memiliki sejumlah tantangan yang menyebabkan umur kucing outdoor lebih pendek. Banyak tantangan yang dimiliki kucing outdoor, seperti ketersedian akses terhadap makanan dan air bersih, berapa jumlah mangsa yang bisa dimakan, berapa banyak predator kucing tersebut, dan masih banyak faktor yang menyebabkan kucing outdoor berumur pendek. Belum lagi adanya infeksi parasit seperti kutu, earmites, ringworm, dan sebagainya. Selain itu kucing outdoor rentan terluka akibat perkelahian dengan kucing lain atau kecelakaan lainnya. Namun kucing outdoor memiliki kebebasan untuk bereksplorasi, menandai wilayahnya dan mendapatkan pelatihan alami. Lalu berapa rata-rata umur kucing outdoor? Kucing outdoor memiliki umur berkisar antara 3 hingga 10 tahun, dengan rata-ratanya adalah 5,626 tahun.

b0d1536c502981b62657d92b298b5fe6Creme Puff, kucing tertua yang pernah ada

Kucing Tertua di Dunia

Sangat jarang kita bisa menemukan kucing yang bisa berumur panjang hingga menembus angka duapuluhan, namun ada beberapa kucing yang bisa mencapai umur ini lho! Rekor kucing tertua dan tercatat di Guinness Book of Records bernama Creme Puff yang tinggal di Austin, Texas. Ia tinggal bersama pemiliknya bernama Jake Perry, umur yang telah dicapainya sangat mengesankan, Creme Puff meninggal pada tahun 2005, tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke-38. Menariknya, Jake Perry, pemilik Creme Puff, sebelumnya juga memiliki kucing lain yang tidak memiliki hubungan dengan Creme Puff yang hidup hingga umur 34 tahun. Apapun yang Mr. Perry lakukan saat merawat kucingnya, sepertinya menjadi faktor determinan yang menyebabkan kucingnya berumur panjang ya catlovers.

Grey-tabby-cat

Beberapa Cara yang Bisa Membuat Kucing Berumur Panjang

Memang kita tidak bisa mengubah susunan genetik atau keturunan dari kucing kita, namun kita masih bisa melakukan berbagai cara untuk memberikan kucing kita kesempatan terbaik untuk hidup lebih lama dan bahagia serta sehat bersama kita. Ada beberapa aspek penting dari cara perawatan kucing sehingga dapat membuatnya berumur lebih panjang, seperti:
– Makan makanan lengkap dan seimbang dengan kualitas yang baik
– Pantau berat badan kucing dan jaga tingkat kebugaran kucing kita
– Selalu tangani cacing dan kutu pada kucing secara teratur
– Rawat lah gigi kucing kita dan jika ia memiliki masalah pada giginya segera ditangani.
– Pastikan kucing kita divaksinasi dan diberikan vaksin tambahan
– Selalu bangun komunikasi dengan dokter hewan dan praktisi kucing lainnya untuk memastikan bahwa kita bisa mendapatkan nasihat agar si kucing selalu sehat.
– Belajarlah untuk mengidentifikasi kesehatan dan kebiasaan si kucing, sehingga jika ada perubahan pada kucing kita bisa segera mengetahuinya.
– Kunjungi dokter hewan secara rutin untuk menjaga kesehatan si kucing
– Lindungi kucing kita dari bahaya, seperti racun dan toksin
– Pastikan bahwa kucing kita tinggal di tempat yang aman, dan tidak harus mengambil resiko seperti bahaya lalu lintas, anjing atau bahaya lainnya ketika ia keluar rumah.
– Jaga dan buat lah rumah kita tetap tenang dan nyaman bagi kucing untuk meminimalkan stres dan rasa cemas.

Itu adalah beberapa tips agar kucing kita bisa berumur panjang, catlovers. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dan bisa membuat kita lebih sayang serta menjaga kucing kita. Buat kucing kita bahagia agar kita bisa membuat memori lebih banyak dengan kucing kita.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Keuntungan Sterilisasi pada Kucing

Catlovers pasti sadar dengan semakin banyaknya jumlah kucing disekitar kita. Tidak harus berjalan beberapa langkah pasti ada nada 2-3 ekor kucing yang seliweran didepan kita. Mungkin bagi kita yang notabene-nya

Dunia Kucing

Berendam Air Hangat

Siapa diantara catlovers yang paling susah ketika memandikan si kucing? Secara naluri, hampir semua kucing selalu menghindari air. Namun berbeda dengan kucing di video ini, ia justru senang berendam air

Dunia Kucing

Kucing Lebih Senang Berada di Dekat Orang yang Tidak Menyukainya. Benarkah itu?

Catlovers semua tidak perlu diragukan lagi ya atas kesenangannya terhadap kucing. Kita semua pasti akan melakukan apapun agar si kucing terus berada di dekat kita. Tetapi pasti ada saatnya kita

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!