Bentuk Badan Kucing
22/06/2015 8227 Views

Bentuk Badan Kucing

Kali ini Cattery.co.id akan membahas jenis-jenis bentuk badan kucing. Tidak seperti ukuran tubuh anjing yang beragam, ukuran tubuh kucing justru hampir sama. Secara umum struktur tubuh kucing, baik kucing ras ataupun kucing kampung, tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Pengenalan bentuk badan kucing ini bertujuan agar catlovers bertambah pengetahuannya terhadap keanekaragaman jenis kucing.

Secara mendasar, tubuh kucing terbagi menjadi dua tipe ekstrim. Pertama bentuk svelte (bentuk tubuh panjang dan langsing), berotot, bertulang kecil dan kepala berbentuk tirus. Tipe bentuk tubuh ini biasanya dimiliki ras-ras dari kawasan Timur seperti Siamese. Bentuk tubuh ini sesuai dengan iklim hangat karena memberikan tubuh area permukaan yang luas, sehingga kelebihan panas pada tubuh kucing akan cepat menghilang.

Tipe Svelte

Tipe Svelte

british-shorthair-semi-cobby

Tipe Cobby

Kedua adalah bentuk cobby (bentuk tubuh pendek dan bulat), kaki pendek, bahu lebar, dan kepala berbentuk bundar. Bentuk tubuh ini biasanya dimiliki ras-ras dari kawasan Barat seperti kucing persia, exotic dan British Shorthair. Bentuk tubuh ini sesuai dengan daerah bertemperatur dingin karena bentuk ini akan meminimalkan area permukaan tubuh sehingga membantu mengurangi kehilangan panas tubuh.

Secara lebih rinci tipe tubuh kucing dibagi menjadi enam golongan, yaitu sebagai berikut:

calico-250-250 kotak-250x250

1. Oriental, Cirinya adalah tubuh langsing, kepala panjang dan segitiga, mata berbentuk almond, telinga besar, hidung panjang, ekor panjang, dan kaki panjang. Jenis kucing yang termasuk golongan ini yaitu Oriental Shorthair, Siamese dan Balinese.

Kucing Oriental

Kucing Oriental

2. Foreign, Cirinya adalah bentuk tubuh yang langsing, tetapi kurang langsing dibandingkan dengan tipe oriental. Tubuhnya agak atletis, ekor panjang, kaki panjang, telinga besar dan mata berbentuk almond. Jenis kucing yang termasuk golongan ini, yaitu Abyssinian, Rusian Blue dan Somalia.

2014-19C

Kucing Abyssinian

3. Semi-foreign, Ciri yang dimilikinya adalah sedikit ramping, tetapi tubuh lebih tebal dari jenis foreign. Contoh jenis kucing ini adalah Devon Rex, Mesir Mau, Havana Brown dan Sphynx.

havana brown

Kucing Havana Brown

4. Semi-cobby, Cirinya adalah bentuk tubuh yang bulat dengan kepala bulat lebar dan kaki pendek. Contohnya adalah American Shorthair, British Shorthair, Scottish Fold dan Singapura.

2013-bw2

Kucing British Shorthair

5. Cobby, Kucing yang tergolong jenis ini meiliki tubuh pendek, compact, dan berotot dengan mata agak bulat, kepala bundar, telinga kecil, hidung pendek, dan ekor pendek. Contoh jenis ini seperti persia, manx, himalaya, exotic shorthair, dan burma.

IMG-20150615-WA0001

Kucing Persian

6. Substansial, Ciri kucing yang tergolong tipe ini berbadan besar, kekar dan tidak bulat. Contoh jenis kucing seperti ini adalah Maine Coon, Bengal, Ragdoll, Siberia, Norwegian Forest Cat, dan Birman.

Norwegian

Norwegian Forest Cat

Dengan mengetahui adanya dua perbedaan dasar bentuk tubuh kucing tersebut, catlovers bisa memahami darimana asal kucing yang catlovers miliki. Apakah kucing catlovers berasal dari iklim dingin atau iklim hangat, sehingga catlovers bisa menyesuaikannya dengan kondisi iklim kondisi tempat catlovers tinggal. Jika kucingnya berasal dari iklim dingin dan kita tinggal di iklim hangat maka kita bisa memasang pendingin ruangan, dan sebaliknya kita jika kucing kita berasal dari iklim hangat dan kita tinggal di daerah pegunungan yang dingin maka kita bisa memasang penghangat ruangan. Tujuannya agar kucing tetap nyaman tinggal bersama kita. Kamu sendiri suka dengan jenis badan kucing yang bagaimana?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Anatomi Kucing

6 Fakta dan Fungsi Kumis Pada Kucing

Pernahkah catlovers memerhatikan kumis pada kucing dan berpikir apakah fungsi kumis pada kucing? Kali ini cattery.co.id akan mencoba membahas kumis kucing tersebut. Kumis pada kucing, atau yang dikenal sebagai vibrissae,

Anatomi Kucing

Siapa yang Lebih Unggul, Indra Kucing atau Indra Manusia?

Kucing adalah hewan yang memiliki insting alami sebagai pemburu, mengungtit mangsanya, melacak bau benda asing dan memahami kelemahannya sehingga kucing akan mempersiapkan diri dan selalu awas terhadap bahaya. Indra kucing sangat

Anatomi Kucing

Sistem Pencernaan pada Kucing

“Tak kenal maka tak sayang”, sebagian catlovers pasti tahu arti peribahasa ini. Cattery.co.id memiliki satu pertanyaan untuk catlovers, apakah catlovers benar-benar sudah mengenal kucingnya? Jawabannya pasti iya. Dari luar mungkin

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!