Benarkah Kucing Takut Air? Apa Alasannya?
31/07/2015 12117 Views

Benarkah Kucing Takut Air? Apa Alasannya?

Apa catlovers pernah melihat kucing berenang di kolam atau berguling-guling di gengangan air? Atau bahkan meminta catlovers untuk memandikannya? Pasti jarang bahkan hampir tidak pernah bukan? Tetapi apakah benar ini dikarenakan kucing membenci air? Kalaupun benar, alasannya apa ya? Nah, kali ini cattery.co.id akan membahas tentang apakah benar kucing membenci air dan jika benar apa saja alasannya.

2Apa benar kucing takut air?

Kucing (felis catus) adalah hewan yang sangat sensitif dengan perubahan disekitarnya, apalagi jika perubahan tersebut dirasakan langsung oleh bagian dari tubuhnya, kucing pasti akan mengusahakan berbagai cara agar perubahan tersebut tidak mempengaruhi suhu tubuh, kondisi tubuh dan stress-level nya. Tetapi apa hal ini dapat menjadi alasan terkuat kenapa kucing membenci air? Sebelum itu kita harus tau bahwa ada 2 klasifikasi kucing menurut iklimnya yakni :

  • Kucing iklim hangat seperti: singa, harimau, ocelots, jaguar
  • Kucing iklim dingin :lynx, bobcat, kucing rumahan

Untuk kucing iklim hangat, mereka sama sekali tidak takut terhadap air, bahkan cenderung menyukainya. Ini disebabkan mereka sesekali perlu untuk mendinginkan badan dan suhu tubuh mereka disaat habitat mereka cuacanya menjadi sangat panas, sehingga mereka akan berendam kedalam air atau bahkan berenang. Dulu kucing iklim hangat juga dapat berburu didalam air, mereka tidak ragu untuk mengejar mangsa-nya yang melarikan diri melewati air bahkan memakan ikan yang ada didalam danau. Sayangnya keturunan ini sudah mendekati kepunahan sehingga gen penerusnya tidak lagi sering berlama-lama didalam air.

calico-250-250 kotak-250x250

3

Harimau termasuk kucing iklim hangat

 

Untuk kucing iklim dingin, mereka dapat dikatakan takut terhadap air, bahkan membencinya karena mereka lebih membutuhkan suhu tubuh yang hangat (kebalikan dari kucing iklim hangat). Mereka sangat tidak suka disaat tubuh mereka menjadi sangat dingin jadi mereka sebisa mungkin menghindari interaksi langsung dengan air dalam jumlah banyak (kecuali disaat minum)

4Kucing rumahan termasuk kucing iklim dingin

Nah, karena kucing yang ada disekitar kita (termasuk kucing peliharaan) merupakan kucing iklim dingin, maka mereka sangat menghindari interaksi langsung dengan air kecuali untuk minum. Maka seringkali mereka kabur disaat ingin dimandikan oleh catlovers dan lebih memilih untuk melakukan self-grooming dengan menggunakan lidahnya yang memiliki struktur seperti sisir (papillae, lihat artikel cattery.co.id yang berjudul 9 Kemampuan Kucing yang Menakjubkan!). Tetapi kenapa sih mereka setakut dan sebenci itu terhadap air?

5Kucing yang sedang self-grooming dengan lidahnya

Pertama, karena air yang menyerap ke bagian bulu terdalam. Bulu kucing memiliki struktur yang unik, mereka sangat menyerap air dalam jumlah besar dan perlu waktu lama untuk si kucing mengeringkan kembali bulunya. Maka dari itu kucing pasti merasakan kedinginan yang lama jika tubuhnya basah kuyup.

Kucing yang basah ditolong oleh manusia dengan dipeluk agar tetap hangat

Kedua, badannya menjadi berat. Karena bulu yang menyerap tadi, otomatis massa badan si kucing akan lebih berat layaknya handuk yang kering dengan handuk yang basah, pasti akan lebih berat handuk yang basah kan catlovers? Kucing membenci ini karena akan membuat dirinya tidak sigap dan cepat dalam situasi apapun sehingga mereka akan menjadi sangat cemas.

7Kucing tidak menyukai air karena membuat tubuhnya lebih berat

Ketiga, hidungnya dapat membedakan hal yang alami dan tidak. Ternyata catlovers, kucing masih berkemungkinan besar untuk menyukai air yang asli dari alam dan mereka lebih tidak terganggu dengan air tersebut. Tetapi beda halnya jika air tersebut berasal dari air yang telah diolah oleh manusia yang terdapat kandungan kimia di dalamnya. Kucing akan menghindari air tersebut dan menjauh. Ini juga mengindikasikan kalau kucing dapat membedakan mana yang alami dan mana yang tidak alami bukan? Hebat ya!

8Hidung kucing dapat membedakan mana yang alami dan tidak

Keempat, teritori yang asing. Ya, catlovers tau kan kalau kucing termasuk hewan yang memiliki teritorialnya sendiri? Nah karena air dalam jumlah banyak merupakan teritori yang jarang bahkan hampir tidak pernah didatangi oleh kucing, hal ini juga menjadi alasan kenapa kucing takut air.

9Kucing sebisa mungkin akan menghindar dari air

Tetapi itu tidak berlaku untuk semua kucing rumahan catlovers. Ada beberapa jenis kucinng rumahan yang tidak takut dengan air, cenderung menyukai air. Jenis kucing ini adalah Turkish Van dan Kucing Bengal. Bahkan Turkish Van disebut juga sebagai kucing perenang, wow!

10-horz

Kucing Turkish Van the swimming cat

11-horz

Kucing Bengal, ia tidak takut berenang

Nah catlovers, hilang kan rasa penasarannya? Jadi itulah alasan terkuat mengapa kucing disekitar kita takut terhadap air. Tetapi ada beberapa cara loh catlovers agar memandikan kucing tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi si kucing, seperti memandikannya dengan air yang hangat ataupun cukup hanya dengan mengelapnya menggunakan spons. Tapi ada kalanya si kucing mencoba untuk merndamkan dirinya dalam air, tetapi biasanya ini diawali dengan perendaman cakar mereka dalam waktu lama agar mereka dapat beradaptasi dengan suhu airnya. Kucing juga dapat terbiasa dengan air jika catlovers terbiasa memandikannnya dengan air sejak ia kecil.

Menurut Ibu Mita dari Prabu Cattery, sebenarnya kucing bulu panjang bisa dilatih suka dengan air. Ketika dari bayi sudah dibiasakan untuk dimandikan dengan pelan-pelan dan penuh dengan kasih sayang. Terbukti semua kucing di Prabu Cattery sangat menikmati ritual grooming setiap pekan.

Selain itu, memandikan kucing juga bisa menjadi ajang untuk meningkatkan bonding antara kucing dengan pemiliknya. Kucing yang dari bayinya dibiasakan mandi dengan perlakuan kasar dan tidak sabar, tentu responnya akan berbeda sepanjang hidupnya. Mereka trauma dan tidak akan suka proses grooming. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para catlovers!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Mengapa Toko Buku Independen Memiliki Kucing?

Jika kota tempat dimana catlovers tinggal memiliki beberapa toko buku independen, kemungkinan salah satu toko buku tersebut memiliki kucing. Kucing tersebut biasanya adalah partner pemiliknya, manajer, penjaga keamanan dan lain

Dunia Kucing

Ternyata si Kucing Tahu Lho Bagaimana Perasaan Kita!

Kala kita bermain dengan si kucing, pasti kita selalu merasakan kesenangan dan kebahagiaan yang tiada tara, dan begitu pula si kucing. Disaat kita mengelusnya dengan penuh kasih sayang, si kucing

Dunia Kucing

Pelukis-Pelukis Ini Mungkin Tidak Tahu Rupa Kucing yang Sebenarnya

Dengan melihat lukisan-lukisan ini, kamu mungkin akan bertanya-tanya apakah para seniman pada abad pertengahan tahu bagaimana rupa kucing. Banyak di kalangan pecinta binatang sangat sering mengambil gambar binatang peliharaannya. Hal inilah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!