Bagaimana Cara Mengetahui Jika Kucing Sakit? (Bag 1)
28/06/2015 9247 Views

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Kucing Sakit? (Bag 1)

Pernakah catlovers menyadari bahwa kucingnya sedang sakit? Apa tanda-tanda jika kucing kita sedang sakit? Pada artikel kali ini Cattery.co.id akan membahas bagaimana mengetahui bahwa kucing kita sedang sakit (bagian 1) (Lihat bagian 2). Dengan mengetahui gejala awal kucing sakit, kita bisa melakukan tindakan preventif dan tidak akan terlambat untuk mengobatinya.

Bulu kucing bisa dijadikan barometer kesehatan. Bulu pada kucing mencerminkan kualitas makanannya dan kondisi umum lainnya, bulu kucing seharusnya berkilau dan bebas dari ketombe. Mata kucing yang sehat akan cerah dan bersih tanpa ada kotoran, kemerahan, atau berkedip-kedip. Jaringan disekitarnya berwarna merah muda pucat, bukan berwarna merah dan meradang.

Seringkali, kita dapat mengetahui bahwa kucing kita sedang sakit dari perubahan tingkah laku si kucing, bagaimana biasanya dia bertingkah laku, reaksi dan cara pandangnya kita bisa mengetahui bahwa ada yang salah dengan si kucing. Kita adalah cerminan kesehatan si kucing, jadi jangan ragu untuk menyebutkan apapun yang ganjil yang kita sadari pada dokter hewan, betapapun kecilnya. Dokter hewan hanya melihat kucing kita hanya setahun sekali dan tidak mengetahui karakter dan tingkah laku sehari-harinya. Beberapa perubahan biasanya terlihat dari tingkah laku kucing ketika makan dan minum.

fear-free-image-gallery-2

calico-250-250 kotak-250x250

Tanda-tanda Kucing Sakit

Tanda pertama bahwa kucing sedang sakit adalah adanya perubahan tingkah laku dan penampilan normalnya yang hanya bisa terlihat oleh kita. Jika biasanya kucing yang senang bermain mulai menunjukkan sifat agresif, atau biasanya kucing yang ramah tiba-tiba kabur, penakut dan menjadi pemalu, segera cari tahu tanda lain penyakitnya. Kurangnya respon ketika sedang dipanggil bisa disebabkan karena kucing sedang demam atau tuli temporer yang disebabkan serangan ear mites.

Feses

Kita juga bisa mengetahui bahwa kucing sedang sakit dengan melihat feses si kucing. Feses kucing normal seharusnya padat, dan tidak terlalu bau menyengat. Jika feses kucing sedikit cair, berarti ia terkena diare. Diare bisa terjadi karena perutnya yang bermasalah yang disebabkan akibat memakan makanan yang terkontaminasi, tapi juga bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius, terutama jika terjadi terus menerus. Sembelit juga menjadi masalah bagi kucing, terutama jika terlihat ada darah di fesesnya.

Mata

Jika kelopak mata ketiga – yaitu membran matanya – terlihat, itu menandakan adanya infeksi atau ada benda asing di matanya. Jika ada tanda kemerahan atau peradangan atau keluarnya kotoran kekuningan yang banyak dan terus menerus  dapat menjadi perhatian kita juga. Jika pupil matanya terlihat membesar atau tidak bereaksi pada cahaya terang, ini perlu segera ditangani dokter hewan.

pojxfs

Telinga

Lapisan lilin di dalam telinga adalah normal, namun lapisan lilin berwarna coklat gelap menandakan adanya ear mites yang membutuhkan pengobatan dokter hewan (Baca lebih lanjut: Ear Mites (Kutu Kuping) pada Kucing). Cari juga apakah di telinga tertinggal biji-bijian, biasanya biji rerumputan. Biji-bijian bisa tersangkut di kuping dan masuk ke saluran telinga, membuat kucing menggoyang-goyangkan dan mencakar-cakar telinganya.

Dinding saluran dan kelopak (pinna) telinga kucing sangat rapuh dan rentan kerusakan dalam perkelahian. Tusukan pada pinna seringkali menyebabkan hematoma (pembengkakan gumpalan darah pada jaringan) yang bisa menyebabkan infeksi jika tidak dirawat. Jika telinga kucing sangat panas, si kucing mungkin si kucing sedang sakit, namun sebelum buru-buru ke dokter hewan, coba periksa dulu apakah si kucing berbaring dibawah sinar matahari atau di samping radiator.

Berikut adalah cara mengetahui jika kucing kita sedang sakit (bag 1). Semoga artikel ini memberi pengetahuan bagi catlovers bagaimana mengetahui gejala awal kucing sakit, sehingga kita bisa melakukan pengobatan secara dini. Silakan lihat: http://www.cattery.co.id/bagaimana-cara-mengetahui-jika-kucing-sakit-bag-2/  untuk melihat artikel selanjutnya.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

9 Cara Mudah Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia adalah salah satu kucing favorit bagi para pecinta kucing. Ketika memutuskan membawa kucing persia ke rumah, tentu harus di iringi dengan komitmen untuk merawatnya secara rutin setiap hari.

Cara Merawat Kucing

Seberapa Sering Kucing Boleh Dikawinkan?

Pertanyaan ini yang juga sering dilontarkan oleh para breeder, “seberapa sering kucing boleh dikawinkan?”. Terkadang kita sering kebingungan ketika si induk kucing baru melahirkan beberapa minggu namun ia sudah birahi

Cara Merawat Kucing

Kenali Gejala Penyakit si Kucing Sebelum Terlambat!

Kucing merupakan hewan perliharaan paling menyenangkan di dunia, dan kita semua pasti setuju dengan hal itu bukan? Meongan mereka, tingkah laku mereka, cara mereka tertidur, cara mereka meminta makan dan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!