Bagaimana Cara Mengangkat Kucing dengan Benar?
14/05/2015 18032 Views

Bagaimana Cara Mengangkat Kucing dengan Benar?

Kucing harus diajarkan untuk ditangani sejak kecil agar terbiasa dengan kita. Penanganan kucing seperti mengangkatnya, memotong kuku, dan juga memeriksa telinga dan mulut.

Tidak bisa dihindari bahwa catlovers pasti akan selalu sering mengangkat si kucing, baik untuk menghindari bahaya atau menaruhnya ke dalam kandang/pet carrier. Berikut cattery akan membahas bagaimana dara mengangkat kucing yang benar.

Bagaimana cara mengangkat kucing.

  • Dekati kucing dari samping atau depan sehingga si kucing dapat melihat dan mendengar kita. Bicara dengan lembut dan berikan belaian pada si kucing.
    670px-Pick-Up-a-Cat-Step-2-Version-2
  • Geser lengan kita dibawah perut si kucing, dan angkat badannya, selanjutnya gunakan tangan kita yang lainnya untuk menahannya di kaki belakang dan tubuh si kucing.
    670px-Pick-Up-a-Cat-Step-5-Version-2 (1)
  • Angkat si kucing dekat dengan dada kita. Taruh lengan kita di sekitar bagian depan tubuhnya dengan kaki depannya bertumpu pada lengan kita.
    670px-Carry-a-Cat-Step-4
  • Jika kita memiliki kucing yang ramah dan sedang santai, kita dapat menaruh si kucing di bahu kita. Ini bisa dilakukan ketika kita berada di lingkungan yang aman seperti di rumah. Namun jika kita berada di lingkungan yang asing bagi kucing, seperti di dokter hewan, posisi ini tidak direkomendasikan. Karena posisi kucing yang dekat dengan wajah kita, kemungkinan si kucing akan mencakar wajah kita ketika merasa panik.
    670px-Carry-a-Cat-Step-5

Apa yang tidak boleh dilakukan

calico-250-250 kotak-250x250
  • Jangan mengangkat kucing di tengkuk lehernya
  • Jangan mengangkat kucing di ekornya
  • Jangan mengangkat kucing di kakinya
  • Awasi anak-anak ketika mengangkat si kucing

Mengangkat Kucing di Tengkuk Lehernya
Kita tidak boleh mengangkat kucing yang sudah melewati umur bulanan di bagian tengkuk leher. Memang kita sering melihat induk kucing yang mengangkat anak-anaknya di bagian tengkuk leher, tetapi berat anak kucing tersebut masih ringan. Seekor kucing dewasa bisa memiliki berat 4kg – 8kg dan mengangkat kucing di bagian tengkuk leher tanpa memberikan penopang tambahan akan memberikan tekanan besar pada tulang belakang dan otot.
11139005_690456584415945_6341748204810629821_n
Mengangkat tengkuk leher dapat digunakan untuk menahan si kucing. Mengangkat di tengkuk leher memang tidak menyakiti kucing. Teknik ini biasanya digunakan untuk mengobati si kucing. Ini hanya boleh dilakukan sebagai upaya terakhir jika kucing masih melakukan perlawanan ketika diobati.

Anak-anak dalam Menangani Kucing
Kucing dan anak-anak merupakan kombinasi yang bagus, namun selalu ada potensi bagi kucing atau anak terluka jika si anak tidak memiliki pengetahuan dasar dalam menangani kucing. Seekor kucing dewasa cukup berat bagi anak kecil untuk mengangkatnya, tunggu si anak hingga cukup kuat secara fisik untuk diperbolehkan menangani kucing. Jika tidak ditangani secara benar, kucing dapat menyerang dan mencakar atau menggigit. Selain itu juga berpotensi kucing akan menjadi terluka. Oleh karena itu, tunggu lah si anak sampai cukup umur dan ajarkan padanya bagaimana untuk mengangkat kucing dengan aman.
670px-Pick-Up-a-Cat-Step-11

Salah satu tips lagi, jangan mengangkat kucing ketika sedang berkelahi, karena kucing yang terluka dapat menjadi berbahaya dan kemungkinan akan menyerang kita. Jika kita ingin memisahkan kucing yang berkelahi, cukup ambil sapu dan pisahkan kedua kucing yang berkelahi dengan sapu. Semoga bermanfaat bagi para catlovers!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Kucing Sakit? (Bag 2)

Pernakah catlovers menyadari bahwa kucingnya sedang sakit? Apa tanda-tanda jika kucing kita sedang sakit? Pada artikel kali ini Cattery.co.id akan membahas bagaimana mengetahui bahwa kucing kita sedang sakit (bagian 2)

Cara Merawat Kucing

Pemberian Nafas Buatan Untuk si Kucing. Bisakah?

Hallo catlovers! Kembali lagi bersama Cattery.co.id yang selalu memberikan informasi seputar kucing ter-update hanya untuk catlovers di rumah! Bagaimana nih ngomong-ngomong puasa catlovers? Semoga lancar terus ya bagi catlovers yang

Cara Merawat Kucing

15 Tips Membuat Kucing Menjadi Gemuk dari Prabu Cattery

Pertanyaan yang paling sering masuk ke inbox prabu cattery adalah bagaimana cara membuat kucing menjadi gemuk. Topik ini memang membuat para cat owner harus banyak sabar. Bagaimana tidak, beruntung bagi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!