Aplikasi Dari Jepang ini Bisa Membaca Suasana Hati Kucing
21/01/2016 3257 Views

Aplikasi Dari Jepang ini Bisa Membaca Suasana Hati Kucing

Apakah catlovers pernah sesekali mengira apa yang akan dilakukan oleh si kucing pada satu waktu? Seperti disaat ia sedang duduk terdiam dan seperti ingin melompat namun pada akhirnya tebakkan kita salah dan si kucing tidak melompat namun malah berlari? Nah sekarang tidak akan sesulit itu! Kita dapat membaca gerak-gerik si kucing melalui sebuah aplikasi besutan Jepang. Dilansir pada sebuah media Jepang bahwa aplikasi ini dapat mendeteksi 40 gerakan si kucing sehingga kita dapat mengetahui apa yang kira-kira dilakukan si kucing pada saat mereka sedang berada di dekat kita. Memang kita harus akui bahwa gerakan si kucing sangat sulit ditebak dan sangat spontan karena kucing sendiri merupakan hewan yang memiliki reflek yang amat cepat dan juga tepat. Nah, pasti catlovers penasaran kan dengan aplikasi besutan Jepang ini? Tenang saja, cattery.co.id akan membahasnya untuk catlovers semua, jadi tetap terpaku di depan layar gadget catlovers dan terus scroll kebawah agar tahu lebih jauh tentang aplikasi besutan Jepang ini ya catlovers!

20150115122439930Lagi-lagi jepang membuat inovasi dalam dunia kucing. Kira-kira apalagi ya inovasi mereka?

Sebuah perusahaan di Jepang yang bergerak pada bidang digital telah membuat sebuah alat kecil yang jika kita dekatkan ke leher kucing dapat menganalisa 40 dari gerakan yang akan di lakukan si kucing bergantung kepada emosi si kucing sehingga para pemeliharanya akan tahu apakah si kucing sedang senang, tenang, ingin bermain atau sedang tidak ingin diganggu. Hebat bukan? Mengacu kepada Anicall, alat kecil ini telah disinkronisasi dengan aplikasi yang juga diperuntukkan kepada alat kecil tersebut. “Kita memiliki jauh lebih banyak hewan peliharaan dibanding anak kecil di sini (Jepang)” tukas Takuya Fuma yang merupakan manager dari Anicall yang membuat alat sekaligus aplikasi tersebut pada hari Kamis lalu di sebuah pameran di Tokyo, yang dinamakan Wearable Expo. “Kami melihat peluang pasar yang amat besar pada hewan peliharaan” tambah Takuya. “Masyarakat di Jepang rela mengeluarkan biaya yang sangat besar hanya untuk peliharaannya”.

_996c_thumbDilansir oleh perusahaan pembuatnya (Anicall), alat ini dapat disematkan pada harness atau kalung si kucing dan diletakan pada bagian leher si kucing agar dapat bekerja secara optimal.

calico-250-250 kotak-250x250

Jumlah hewan peliharaan di Jepang yang telah terdaftar (kucing dan anjing) totalnya adalah 20 juta pada tahun 2014 megacu kepada Japan Pet Food Association, dan angka ini jauh lebih tinggi dari jumlah anak kecil dibawah 15 tahun yang hanya berkisar sekitar 16 juta orang. Animo yang dibuat oleh Anicall ini amat sangat berbeda dari alat dan aplikasi besutan saingannya karena alat dan aplikasi besutan Anicall dapat digunakan kepada kucing dan tidak hanya kepada anjing. Takuya juga mengatakan bahwa alat dan aplikasi besutannya ini dapat menambahkan keuntungan perusahaan berkali-kali lipat dan akan sangat menjadi populer untuk para pemelihara kucing di Jepang yang sangat banyak. Untuk saat ini, alat tersebut hanya akan bekerja apabila sang pemelihara sedang berada dekat dengan si kucing dan juga smartphone milik si pemelihara karena aplikasi tersebut disinkronisasikan pada smartphone. Tapi, Takuya mengatakan bahwa perusahaan amat sangat mengharapkan dan terus berusaha agar alat dan aplikasi ini dapat menjadi remote yang bisa membaca emosi si kucing dari kejauhan tanpa kita harus berdekatan sehingga kita dapat mengatahui mood si kucing dan apa yang si kucing sedang lakukan dirumah walaupun kita sedang berada jauh darinya karena pekerjaan. Anicall sekarang sedang mengembangkan agar alat dan aplikasi ini kelak dapat saling mengirim sinyal dari tempat yang berjauhan.

dcx_doc6nz46dptniv28s65ed8Hebatnya, alat ini dapat membaca suasana hati si kucing dan apa sekiranya yang akan dilakukan si kucing secara spontan.

Tapi hingga saat ini Takuya sangat percaya bahwa alat dan aplikasi besutannya ini dapat membaca mood dan gerak-gerik si kucing lebih akurat dibanding dengan mata kita sendiri. “Mungkin kita dapat melihat secara kasat mata bahwa si kucing sedang merasa rileks dengan lingkungannya, namun apakah benar di dalam diri si kucing seperti itu adanya?” tukas Takuya. Alat dan aplikasi besutan Anicall ini telah dijadwalkan untuk turun ke pasar sekitar bulan April dan dibandroll seharga 9.000 yen (Rp. 1.070.000-an) per pcs-nya.

20150115123336542Alat (dan aplikasinya pada smartphone) dibandroll seharga 9.000 yen oleh Anicall

DIlansir juga pada dailymail mengatakan bahwa Anicall’s app and device adalah sebuah alat dan aplikasi yang amat membantu kita untuk membaca suasana hati si kucing. Dengan mengalungkan alat tersebut pada leher si kucing (dan tentunya ini tidak akan membahayakan si kucing) karena berbentuk seperti collar dan mengsinkron-kan alat telah dipasangkan tersebut kepada aplikasi yang telah ter-install di smartphone kita lalu alat itu akan bekerja dengan sendirinya dengan mengukur tingkat detak jantung si kucing dan suhu badan si kucing sehingga kita juga dapat tahu bagaimana keadaan kesehatan si kucing selain dari suasana hatinya. Aplikasi dari Anicall ini juga dapat menganalisis suasana hati si kucing melalu foto-foto si kucing yang ada di smartphone kita. Aplikasi ini akan membaca suasana hati si kucing dengan menganalisis mulut dan kupingnya, sehingga kita tahu apakah si kucing yang kita foto tersebut merasa senang ataupun tidak. Aplikasi ini disinkronisasikan dengan smatrphone kita via bluetooth dan akan segera di luncurkan ke publik pada tahun ini hanya dalam hitungan bulan dan sangat difokuskan kepada kucing dan juga anjing mengacu kepada Anicall. Lalu nama resmi atas alat dan aplikasi besutan Anicall ini belum dipublikasikan dan masih dalam proses rapat tukas seorang pegawai dari Anicall kepada Japan Real Time.

anicall838d83sAnicall sendiri sebenarnya telah mengeluarkan alat dan aplikasi yang sama, pada saat itu alat dan aplikasi besutannya dapat membantu seorang pemelihara yang kehilangan kucingnya dengan cara menghubungkan seluruh pengguna Anicall di Jepang

Sebenarnya Anicall sendiri telah mengeluarkan alat yang serupa tapi tak sama sebelumnya pada tahun lalu di pameran yang sama pula, yakni Wearable Expo di Tokyo. Pada saat itu Anicall cukup menggebrak Wearable Expo dengan aplikasi dan alat yang dikerjakannya. Alat dan aplikasi ini memiliki 3 kemampuan yang hampir sama, bahkan ada hal yang lebih lagi dari yang sekarang. Kemampuan yang berbeda dari alat dan aplikasinya sekarang adalah alat dan aplikasinya dapat membantu seorang pemelihara yang kehilangan kucing atau anjingnya. Kinerja dari alat dan aplikasi ini adalah dengan menghubungkan seluruh pemakai alat dan aplikasi Anicall di seluruh Jepang dan jika salah seorang pengguna alat dan aplikasi tersebut kehilangan peliharaannya, mereka dapat saling mengirim pesan dan juga foto atas hewan peliharaan mereka yang telah hilang kepada sesama pengguna alat dan aplikasi Anicall tersebut sehingga jika hewan peliharaan yang hilang dari seorang pengguna Anicall tersebut ditemukan oleh sesama pengguna, mereka dapat saling mengabarkan bahwa hewan peliharaan yang hilang telah ditemukan.

443913Akan tetapi karena adanya sedikit error pada alat dan aplikasi besutan Anicall sebelumnya, Anicall mengembangkan ulang alat dan aplikasinya agar lebih optimal.

Namun entah karena ada sebuah program atau dikatakan kurang begitu efektif dan pengembangan program yang belum begitu stabil alat dan aplikasi dari Anicall ini tidak begitu viral seperti saat ini. Pada masa itulah Anicall terus berusaha untuk mengembangkan alat dan aplikasinya agar dapat benar-benar digunakan secara optimal oleh para pemelihara kucing dan anjing. Hingga akhirnya sekarang alat dan aplikasi besutan Anicall telah memiliki daftar permintaan yang amat banyak dari kalangan pemelihara kucing dan anjing karena dinilai alat dan aplikasi besutannya kali ini sudah amat sangat optimal dan bisa digunakan secara baik.

anicall-catKarena usaha dan kegigihannya, Anicall kini sukses mendobrak dunia hewan peliharaan di Jepang dengan aplikasi dan alat besutannya. Kini permintaan atas produknya telah membludak pada beberapa negara di kawasan Asia (dan tentunya juga di Jepang sendiri!).

Nah catlovers, sebenarnya Anicall ini adalah sebuah perusahaan yang memang bergerak di bidang hewan peliharaan loh sejak awal mereka berdiri! Anicall pertama kali terbentuk pada tahun lalu dan peluncuran nama Anicall juga berbarengan dengan adanya Wearable Expo tahun lalu, tepatnya pada bulan Januari. Pada saat itulah alat dan aplikasi dari Anicall mulai dikenal masyarakat Jepang namun belum begitu populer. Tapi, karena kegigihan mereka dan tentunya karena adanya keinginan untuk membuat adanya jembatan komunikasi antara manusia dan hewan peliharaannya, Anicall lalu tidak lagi gagal dan sukses membuat aplikasi dan alat yang kelak akan sangat berguna bagi seluruh catlovers dunia! Well, good job Anicall!

Wearable-Device-Technology-ExpoKira-kira kucing ini sedang memiliki suasana hati seperti apa ya catlovers?

 

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Kucing Maine Coon Ini Menjadi Telinga Bagi Pelaut Tuli dan Membantunya Bernavigasi di Laut

Seorang pelaut yang tidak bisa mendengar suara laut, tidak memiliki kekhawatiran apapun tentang bernavigasi di perairan yang tak terduga karena ia memiliki kucing yang membantu mendengarnya. Yuk kenalan dengan Skatty

Cat News

The Kingdom’s 2nd CFA Cat Show

The Kingdom’s 2nd CFA Cat Show Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Maret 2016 Tempat : Lippo Mall Kemang Village – Jakarta Jl. Pangeran Antasari no. 36 Jakarta Selatan Juri: 1. Tracy

Cat News

Dorian Wagner dan Sukses-nya “CatLadyBox”

Kucing. Siapa sih yang tidak tahu hewan peliharaan yang paling menggemaskan sedunia ini? Bahkan orang-orang yang sudah memelihara hewan lain pun tetap saja menyukai kucing! Pokoknya tidak akan ada deh

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!