Apakah si Kucing Sedang Bermain atau Berkelahi?
04/10/2016 5136 Views

Apakah si Kucing Sedang Bermain atau Berkelahi?

Holla catlovers! Kembali lagi bersama kami cattery.co.id yang selalu memberikan kabar ter-update tentang dunia kucing hanya untuk catlovers. Kali ini cattery.co.id akan membahas tentang kucing yang sedang berantem dan kucing yang sedang bermain. Kita sudah tahu jelas bahwa waktu bermain adalah waktu terpenting yang harus diluangkan oleh semua jenis kucing. Mungkin bermain dengan mainannya, bermain di halaman rumah, di dalam rumah, bermain dengan kita sebagai pemeliharanya atau bahkan bermain dengan teman kucingnya juga! Sangat menggelitik kan jika kita melihat polah kucing dirumah yang sedang bermain seperti sedang berantem, akan tetapi bagaimana sih cara kita membedakan antara mereka yang sedang bermain atau berantem? Ayo kita bahas hanya di artikel cattery.co.id kali ini!

maxresdefaultSenang ya catlovers jika memiliki kucing yang akur seperti ini?

Jika kamu hidup dengan lebih dari satu kucing, semoga saja mereka memiliki hubungan yang baik satu sama lain dan selalu memiliki waktu untuk bermain bersama.  Terlebih lagi jika yang kamu pelihara adalah anak-anak kucing, bagi mereka bermain juga merupakan media untuk saling belajar bagaimana cara menggigit dan juga mencakar dengan cara yang lembut sekedar untuk bermain. Para kucing juga bermain untuk mengasah keterampilan mereka dalam mengembangkan caranya mengintai, mengejar dan menerkam. Selama bermain dengan teman / saudara kucing mereka, mereka juga belajar bahasa tubuh dan kemampuan komunikasi yang penting dan memiliki pengaruh signifikan kedepannya.

ty reno(1)Perkelahian antara kucing kecil dan kucing besar juga tak jarang terjadi

calico-250-250 kotak-250x250

Lalu, jika yang kamu pelihara adalah kucing dewasa, bukan berarti mereka tidak suka bermain. Kucing-kucing dewasa ini juga masih sangat menikmati waktu bermain mereka yang melibatkan teman-temannya. Untuk beberapa kucing dewasa mungkin ‘cara’ bermain mereka lebih terlihat seperti melibatkan agresi di dalamnya. Namun kita sebagai pemelihara kucing pasti tidak begitu memperhatikan apakah mereka sedang bermain atau berkelahi karena kita merasa bahwa kucing-kucing tadi merupakan teman sejak awal, padahal bisa aja permainan ini berujung dengan perkelahian yang serius. Nah, disini kita sebagai pemelihara harus mengintervensi ke dalam perkelahian tadi sebelum ada kucing yang terluka.

red-persian-kitten-playing-on-hind-legsSeriously! I can do Kung-Fu!

Nih, cattery.co.id akan memberikan beberapa panduan umum untuk membantu kamu ketika mencoba untuk mengevaluasi apakah kucingmu itu sedang bermain atau malah berkelahi:

Permainan yang terjadi di antara dua atau banyak kucing sering terlihat sedikit lebih agresif dari yang kita harapkan. Bahkan keagresifan ini bisa muncul diantara anak-anak kucing (jadi tidak hanya diantara kucing-kucing dewasa loh catlovers!), sehingga cara mereka bermain dapat terlihat menjadi sedikit lebih kasar. Jangan berharap kucing kamu itu dapat bergulat dan dapat mengatasi kekuatan dan juga emosi satu sama lain dengan kemahiran mereka dalam bermain dan juga kelembutan di dalamnya. Jika kamu merupakan seorang new comer dalam pemeliharaan kucing dan tidak terbiasa dengan cara kucing berinteraksi satu sama lain, hal ini akan sering kamu salah pahami.

cats-playingLihatlah dan perhatikan si kucing pada saat mereka bermain.

Kucing yang biasanya memiliki hubungan tidak baik satu sama lain atau kucing yang tidak terbiasa dengan adanya kucing lain di areal mereka, sudah pasti tidak akan ada waktu bermain untuk mereka. Jika kamu melihat dua kucing yang melihat satu sama lain sebagai lawan dan kemudia bergulat, sudah dapat dipastikan itu bukanlah sesi tegur sapa yang penuh dengan ramah tamah. Kucing yang merasa saling asing satu sama lain atau bermusuhan sebenarnya dapat memperbaiki hubungan mereka menjadi saling ramah dan merubah perkelahian mereka menjadi permainan diantara satu sama lain, akan tapi itu merupakan perubahan perilaku yang membutuhkan kamu di dalamnya sejak awal (sebut saja diri kita disini sebagai mediator antara si kucing dengan kucing yang lainnya), karena tidak akan mungkin hubungan si kucing yang tidak baik dengan kucing lainnya ini akan baik dengan sendirinya.

what-to-do-if-your-cat-fights-with-other-cats-562e34a0922d5Tentu, perbedaan teritori juga dapat menjadi pemicu awal perkelahian.

Bahasa tubuh dan suara meong-an mereka juga merupakan petunjuk penting bagi kamu untuk memastikan sebenarnya si kucing sedang bermain satu dengan yang lain, selain itu bisa juga kamu tandai dari beberapa poin dibawah:

are-my-cats-fighting-or-playing-54c206b47c08bBeberapa ‘peraturan’ dalam bermain gulat si kucing ada di bawah ini

  • Cakar si kucing sama sekali tidak keluar (tangan dan kakinya tidak mengeluarkan cakarnya)
  • Posisi telinga normal, tidak tegang.
  • Tidak ada bulu rambut si kucing yang terlihat berdiri di sekujur tubuh, terutama di bagian pundak.
  • Si kucing tidak mengeluarkan suara menggeram atau suara meong-an yang keras dan memekik.
  • Si kucing tidak mendesis.
  • Bisa saja si kucing saling menggigit atau mencakar-cakar, tapi dengan catatan tidak meninggalkan luka ataupun cedera.

Gulat dan Saling Mengejar di Antara Kucing

Two-Cats-Fighting-With-Each-OtherMereka harus saling bergiliran (bergantian) di dalam bergulat dan saling mengejar. Tidak boleh ada yang mendominasi permainan.

Saling bergulat dan saling mengejar merupakan hal yang lumrah ketika para kucing sedang bermain. Selain itu, ini juga dapat dijadikan sesi ‘latihan’ untuk si kucing. Namun ada beberapa tanda yang harus di ketahui jika si kucing sedang bergulat ataupun saling mengejar, yakni :

  • Ketika bergulat, kamu harus melihat si kucing melakukan itu secara bergiliran. Amatilah dengan jelas apakah masing-masing dari mereka memiliki waktu yang sama untuk berada di bagian atas dan bawah. Jika kamu melihat hanya kucing yang sama di bagian bawah atau atas, ada kemungkinan bahwa ini bukanlah bermain melainkan berkelahi (tentu saja! Tidak ada jenis intimidasi apapun di dalam sebuah permainan!)
  • Ketika saling mengejar, ini juga harus bergiliran satu sama lain. Perhatikan dengan jelas apakah kamu melihat kucing yang sama selalu dalam posisi dikejar atau mengejar. Jika iya, ini juga dapat dikategorikan sebagai bibit perkelahian.

Si Kucing Pendatang (Kucing Asing)

eadfa4a181bd1729b843c7d75003b056Ok, saatnya berkenalan kawan!

Jika kamu baru saja mengadopsi satu kucing baru di dalam rumah, sangatlah penting untuk melakukan pendekatan secara sentimental (dari hati ke hati) diantara kedua atau banyak kucing yang kamu pelihara untuk mendorong adanya asosiasi positif satu dengan yang lainnya. Jika tidak ada sama sekali pendekatan yang kamu lakukan dan kamu berfikir bahwa para kucing baru dan yang lama tadi akan saling berkenalan dan akrab dengan sendirinya, ini merupakan hal yang fatal dan salah kaprah. Apalagi jika mereka sudah saling mengejar dan bergulat sebelum kamu dekati satu sama lain, sudah jelas ini bukanlah permainan, melainkan perkelahian.

Apa yang Harus dilakukan Jika Si Kucing Berkelahi Satu Sama Lain

maxresdefaultsdfajfvasfvJika si kucing sedang berkelahi satu sama lain JANGAN sekali-kali melerainya langsung dengan tangan kita sendiri ya catlovers!

Mari kita mulai dengan apa yang TIDAK harus dilakukan pada saat si kucing sedang berkelahi. Ya, hal utama adalah jangan sekali-kali memisahkan mereka dengan ‘ikut campur’ ke dalam perkelahian mereka, karena kucing yang sedang berkelahi sudah pasti menyerang dengan cara yang sangat acak juga membabi buta sehingga tidak jarang kamu juga akan ikut terluka pada saat melerai mereka. Terkadang bahkan si kucing akan merasa trauma dan juga malah membenci kamu karena mereka berpikir bahwa kamu juga merupakan lawan dari mereka. Kita sudah pasti tidak menginginkan hal ini terjadi kan diantara kita dan si kucing?

browse-1600x1200Lagipula apa salahnya jika akur ya?

Lalu adakah cara yang lebih aman untuk melerai mereka? Tentu saja ada. Cara yang lebih aman untuk memisahkan kucing yang berkelahi adalah dengan membuat suara yang sanga tiba-tiba untuk mengejutkan mereka secara bersamaan. Bisa saja kamu menginjak lantai dengan dentuman yang kencang, menepukkan dua tutup panic secara bersamaan, bertepuk tangan dengan keras, membanting pintu kamar, pintu lemari atau pun laci dengan keras.

cute kitten wallpaperKira-kira adakah kucing yang tega mengajak si kecil ini untuk berkelahi tidak ya catlovers?

Jika perkelahian mereka masih berlanjut dan semakin panas. Gunakanlah sesuatu yang aman untuk memblokir pandangan mereka satu sama lain sehingga kamu bisa menmbawa satu kucing yang berkelahi tadi ke ruangan lain. Sesuatu yang kamu gunakan untuk memblokir pandangan mereka tadi bisa merupakan sepotong besar karton, bantal sofa atau apapun itu yang dapat menjadi penghalang pandangan mereka namun tetap aman untuk mereka dan juga kita sebagai pemelihara.

maxresdefaultCobalah untuk akur seperti mereka cats! Bahkan mereka mebambil selfie bersama!

Setelah kucing dipisahkan, matikanlah lampu untuk membantu mereka merasa sedikit lebih tersembunyi dengan privasinya dan juga untuk membuat mereka lebih tenang. Tinggalkan kucing-kucing yang berkelahi tadi (setelah kamu pisahkan terlebih dahulu tentunya) sampai perilaku mereka kembali normal dan mereka merasa kembali nyaman untuk berinteraksi dengan kamu. Berapa lama waktu untuk menjaga mereka untuk tetap terpisah sangat bergantung pada beratnya pertarungan yang terjadi diantara mereka. Dalam beberapa kasus, reintroduksi tersirat sangat perlu dilakukan untuk membantu para kucing  tadi belajar kembali untuk merasa  kembali nyaman dengan satu sama lain.

Hindari Bibit Perkelahian

images-of-cats-fightingMungkin kucing ini memiliki darah mafia ya catlovers…

Kucing adalah predator yang terlahir untuk terus bergerak. Mendedikasikan waktu mereka setiap hari untuk terus bermain, berlarian, mengejar satu sama lain dan hal interaktif lainnya sangatlah penting. Jika kucing kamu tidak akur satu sama lain, mulailah dengan melakukan sesi pendekatan individu sehingga mereka tidak harus bersaing satu sama lain, seperti pelihara mereka sejak mereka kecil (akan lebih baik jika mereka lahir dari induk yang sama) lalu dekatkan tempat mereka bermain dan juga makan atau minum. Selain waktu bermain mereka yang sangat berharga, kamu juga dapat mengatur mainan yang sangat interaktif seperti puzzle untuk menjaga kucing kamu tetap sibuk ketika kamu tidak di rumah. Jika kucing memiliki media lain untuk memenuhi kebutuhan stimulasi mereka, ini akan sangat mengurangi resiko sehingga akhirnya mereka berkelahi, saling mengejar dan bergulat.

maxresdefaultjknkbnYa, tentu saja makanan juga dapat menjadi pemicu perkelahian.

Nah catlovers, bagaimana tips-tipsnya? Sudah pasti akan berguna kan dalam penambahan wawasan catlovers dalam pemeliharaan kucing? Tentu, cattery.co.id akan selalu mengerti catlovers sebagaimana catlovers mengerti si kucing! Selamat menjalankan tips-tips dari cattery.co,id ya!

Source:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

10 Alasan Lebih Baik Memelihara Kucing daripada Anjing

Kucing versus Anjing Hal ini dapat memicu perang, perceraian atau rusaknya persahabatan. Faktanya, perdebatan tentang kucing vs anjing adalah perdebatan yang sangat panas, bahkan meskipun pecinta kucing tahu bahwa hewan

Dunia Kucing

Kucing dan Lumba-Lumba sedang Bermain

Siapa sangka dua hewan yang beda tempat hidupnya bisa bermain bersama? Video ini menunjukkan bahwa kucing dan lumba-lumba merupakan hewan yang ramah dan suka bermain. Artikel ini disponsori oleh:

Dunia Kucing

Kucing di Dalam Kehidupan Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris Semasa Perang Dunia 2

Kucing memang sudah berada sejak dulu ya catlovers, bahkan mereka telah ada sebelum generasi kita sekarang terlahir ke dunia. Lalu, apakah dapat dikatakan bahwa kucing juga merupakan saksi dari sejarah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!