Apakah si Kucing Merasa Senang Jika Kita Cium?
21/02/2016 14387 Views

Apakah si Kucing Merasa Senang Jika Kita Cium?

Jika catlovers sedang merasakan ‘jatuh cinta’ kepada seseorang mungkin banyak sekali hal yang dapat catlovers ekspresikan kepadanya agar ia tahu apa yang kita maksudkan. Bahkan terkadang (mungkin) tidak perlu berkata-kata terlalu panjang dan bernyanyi lagu-lagu tentang cinta dan blablabla hingga akhirnya orang itu tahu, cukup dengan sekedar berperilaku pun bisa jadi membuat orang yang kita cintai sadar bahwa kita mencintainya. Ini dinamakan kepekaan yang dimiliki oleh tiap insan manusia tanpa terkecuali. Lalu, jika kita ingin menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang kita kepada si kucing, apa perlu kita melakukan hal yang sama seperti diatas? Semisal mengajaknya bermain hanya disaat weekend, atau sekedar mendekati si kucing dengan membawa gitar lalu bernyanyi, apa catlovers rasa hal tersebut akan bekerja? Tentu tidak! Bahkan bisa-bisa si kucing hanya akan meninggalkan catlovers begitu saja. Nah, nyatanya seringkali kita mengekspresikan rasa sayang dan cinta kita kepada si kucing dengan memberikannya pelukan dan juga ciuman. Mungkin secara universal mencium merupakan hal yang akan dilakukan seseorang hanya kepada orang yang ia sayang, akan tetapi kepada kucing? Apa mungkin si kucing merasa kita sayangi / cintai apabila kita mencium mereka? Well, daripada kita menebak-nebak lebih baik kita bahas saja di artikel cattery.co.id kali ini!

ws_Girl_Kissing_Small_White_Cat_1280x800Untuk mengekspresikan rasa sayang kepada si kucing, seringkali kita menciumnya. Akan tetapi, apakah si kucing merasa senang dan sadar akan rasa sayang kita terhadap mereka disaat kita menciumnya?

Seorang dokter ahli kucing di About.com yang bernama Franny Syufy melakukan sebuah polling pada laman Facebook pribadinya perihal sedikit banyaknya pemelihara kucing yang sering mencium kucingnya disaat mereka menyayangi kucingnya. Lalu hasilnya memang sesuai dengan yang diekspektasikan, bahwasannya jauh lebih banyak orang yang mencium kucingnya jika mereka telah sangat menyayanginya, tapi mereka tidak tahu sama sekali apakah si kucing merasa senang atau tidak pada saat mereka menciumnya, atau minimal sadarkah si kucing merasakan kasih sayang pemeliharanya yang sedang menciumnya. Nyatanya kucing memang seringkali bertindak seperti sedikit menghindar, tidak acuh dan lebih terlihat ‘pasrah’ apabila kita sedang memeluknya, menciumnya atau mengelusnya. Tapi sebenarnya kucing juga merasa sayang terhadap kita sebagaimana kita merasa sayang terhadapnya, hanya saja cara mereka mengeskpresikan rasa sayang mereka kepada kita sudah jelas berbeda dengan apa yang kita ekspresikan.

enhanced-21682-1411686222-1Let me kiss you before you kiss me!

calico-250-250 kotak-250x250

Cara si kucing menunjukkan rasa sayang kepada kita sebenarnya juga dapat kita ketahui apabila kita memperhatikan tiap-tiap gerak-gerik kucing disaat sedang berada di dekat kita, dan jika kita benar-benar menyayangi si kucing, sudah pasti kita akan tahu secara mudah apakah si kucing juga merasa sayang kepada kita ataupun tidak. Tapi permasalahannya adalah si kucing pasti tidak akan dapat mengerti bahwa ‘ciuman’ adalah tanda rasa kasih sayang kita kepada mereka. Lalu adakah cara lain yang lebih baik untuk kita menunjukkan rasa kasih sayang kita kepada mereka?

lead_largeDengan mengelusnya secara perlahan itu merupakan hal yang baik untuk dilakukan kepada si kucing jika kita ingin menunjukkan rasa sayang kita kepada mereka!

Sebenarnya bukanlah satu hal yang mengejutkan bahwa kucing adalah hewan peliharaan yang sangat mudah merubah kapan, dimana dan ekspresi rasa kasih sayang seperti apa yang ingin mereka terima. Disaat banyak sekali kucing yang sangat merasa senang pada saat kita peluk atau cium, ada pula kucing yang tidak merasa suka sama sekali apabila kita memeluk atau menciumnya. Kesempatan kita untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada kucing adalah satu, yakni kita tahu betul bahwa si kucing ini termasuk kedalam kategori yang suka dicium oelh pemeliharanya atau tidak. Lalu apabila kita memiliki kucing yang ‘tidak bermasalah’ jika kita cium atau peluk, apakah itu berarti mereka akan terus menerima ciuman dan pelukan dari kita setiap harinya? Jawabannya, belum tentu. Karena sifat si kucing pun kemungkinan besar dapat berubah dari waktu ke waktu, tapi bukan berarti kucing adalah hewan yang labil, ini sangat bersangkutan dengan mood dan porsi kegiatan si kucing sebelumnya. Misalnya kucing catlovers merasa tidak bermasalah dicium oleh catlovers, tapi ada kemungkinan di sore hari-nya si kucing ‘marah’ apabila kita cium, bahkan lari dari kita. Moody memang kata yang tepat untuk mewakili sifat si kucing secara keseluruhan, akan tetapi dengan mempelajari kebiasaannya sehari-hari kemungkinan si kucing menjadi kucing yang sensitif dan moody sangatlah kecil!

cat-kisses.jpg.838x0_q80‘Am i sleep? Nope!’

Kita telaah dari permulaannya. ‘Ciuman’ si kucing sebenarnya sangat jauh berbeda dari cium yang manusia lakukan. Nah, pernahkah catlovers melihat si kucing menatap catlovers dalam waktu yang cukup lama (2-5 menit) lalu menutup matanya secara perlahan disaat ia sedang menatap kita? Jangan pernah mengira bahwa hal ini dilakukan kucing kepada kita bukan berarti ia tidak acuh, malah sebenarnya disinilah si kucing sedang ‘mencium’ kita! Seorang ahli behavioristik kucing terkenal Jackson Galaxy pernah menjelaskan bahwa ketika kucing menutup mata mereka untuk kita itu berarti “mereka membiarkan kita tahu bahwa mereka rentan dan merasa ‘tunduk’ kepada kita”. Ya, disinilah cinta muncul. Lalu, tidak hanya itu tanda bahwa si kucing ‘mencium’ kita karena rasa sayangnya kepada kita. Ada tanda-tanda tertentu yang kucing berikan dan perlu kita tahu agar kita mengerti apa yang mereka maksud. Seorang ahli behavioristik kucing Pam Johnson Bennet menjelaskan bahwa, “mata yang terkesan menyempit dengan telinga yang sedikit turun itu sebenarnya bukanlah tanda rasa ‘tunduk’ dari si kucing kepada kita. Apalagi rasa sayang. Nyatanya itu hanyalah satu kebiasaan si kucing pada saat ia sedang membaca situasi”.

angry-cat.jpg.838x0_q80Ups… Sepertinya ada yang salah dengan sikap kita kepada si kucing jika ekspresi wajah si kucing terlihat seperti diatas

Sebagai tambahan lebih jelasnya, kami memiliki sebuah video untuk catlovers yang masih penasaran dengan ekspresi si kucing pada saaat menunjukkan rasa sayangnya kepada kita. Video ini kami ambil dari scene “My Cat From Hell : Jackson Galaxy” yang tentunya telah dikemas menjadi sebuah video yang sangat menyenangkan!

Jadi, bagaimana catlovers? Apa masih merasa bingung dengan definisi ‘ciuman’ menurut si bola bulu menggemaskan yang kita sayangi dirumah? Semoga tidak ya catlovers! Kalaupun masih ada sedikit rasa bingung, janganlah terlalu berlarut sampai-sampai merasa takut untuk mengekspresikan rasa sayang kita kepada si kucing dirumah! Intinya adalah satu, kucing adalah hewan yang sangat sensitif dan juga moody, kita sebagai pemeliharanya yang pasti menyayanginya tidak mungkin kan melakukan satu hal yang sekiranya dapat mengecewakan mereka? Bagi kami, memeluk ataupun mencium si kucing sepertinya juga tidak ada salahnya selama si kucing tidak merasa terganggu dan sedang dalam keadaan tenang tentunya!

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Steve dan Sahabat-Sahabat Domba-nya!

Kucing merupakan hewan peliharaan yang dapat dikategorikan sebagai hewan yang soliter. Mereka mungkin lebih sering menghabiskan waktunya berdiam diri, tidur dan bersantai. Mereka mungkin hanya akan bermain dengan kita sebagai

Dunia Kucing

Kucing Bermain Balon Air

Seekor kucing bernama munchkin Khan penasaran dengan balon berisi air yang berwarna-warni. Terlihat ia berusaha untuk menggigit dan memukul balon air tersebut. Namun si kucing kaget ketika balon tersebut meletus

Dunia Kucing

Kucing dan Lumba-Lumba sedang Bermain

Siapa sangka dua hewan yang beda tempat hidupnya bisa bermain bersama? Video ini menunjukkan bahwa kucing dan lumba-lumba merupakan hewan yang ramah dan suka bermain. Artikel ini disponsori oleh:

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!