Apakah Kucing Liar membuat Kucing Peliharaan Kita Dirumah Tertekan? Ini Solusinya!
18/04/2016 4492 Views

Apakah Kucing Liar membuat Kucing Peliharaan Kita Dirumah Tertekan? Ini Solusinya!

Kali ini kita akan membahas tekanan apa yang dirasakan kucing peliharaan kita dirumah jika melihat ada kucing liar yang ada di luar rumah berkeliaran disekitar rumah. Tentu sebenarnya hal ini harus kita bahas agar menjadi sebuah poin plus untuk kita pribadi sebagai pemelihara si kucing. Lalu adakah solusi-nya jika benar adanya bahwa si kucing peliharaan kita merasa stress dengan keberadaan kucing liar disekitaran rumah? Tidak usah berlama-lama karena kita akan mengupasnya hingga tuntas di cattery.co.id kali ini, so, jangan kemana-mana!

what-do-you-feed-your-catTernyata kucing liar yang berkeliar di sekitar rumah (dan juga hewan-hewan lainnya) dapat memicu tingginya rasa stress si kucing peliharaan kita. Adakah solusi untuk hal tersebut?

Kita mungkin sering mendengar adanya anjuran agar tidak membiarkan kucing peliharaan kita diluar rumah untuk berkeliaran diluar rumah tanpa pengawasan kita. Akan tetapi sebagian besar fokus untuk diskusi ini hanya tertuju pada satu titik, yakni pada riskannya kesehatan si kucing dan juga keamanan si kucing dari orang-orang yang berniat jahat untuk mengambil si kucing. Sebenarnya tidak ada salahnya juga untuk kita mengkonsentrasikan hal tersebut jika si kucing sedang bermain diluar rumah, namun ada 1 hal tambahan bagi kita, yakni bagaimana perasaan si kucing kita apabila ada kucing liar yang berkeliaran disekitar rumah dan bertemu dengan kucing peliharaan kita? Apakah kemudian mereka akan bertengkar? Apakah ada tingkat stress yang bergejolak dari kucing peliharaan kita? Bau dari kucing liar disekitar rumah yang ‘berpatroli’ dan juga orang-orang yang menjadi tamu ke rumah kita ternyata dapat menjadi satu hal yang serius untuk si kucing peliharaan kita dirumah. Kucing liar yang ada diluar rumah dan merasa stress akan hal ini (merasa tidak senang akan hal-hal tadi) biasanya mengungkapkan perasaannya dengan mendesis, menggigit dan juga membuat litter box (juga isinya) berserakkan. Lalu kucing peliharaan kita dirumah? Mereka mengekspresikan rasa stress mereka dengan rasa frustasi, berdiam diri dan takut terhadap siapapun yang berada di dekat mereka.

blind-cat-chimera-calico-jasmine-sandra-coudray-13Ayo kita cari solusinya agar si kucing tetap merasa nyaman!

calico-250-250 kotak-250x250

Adakah kiatnya agar sekiranya kita menghilangkan ekspresi-ekspresi dari si kucing tadi dan menjadikannya kerasan dengan suasana tersebut? Kami telah mengemas beberapa solusi yang sekiranya dapat dilakukan oleh catlovers untuk ‘mengakali’ problema ini :

1. Lihatlah Siapa yang Berkunjung

 20141122_0702121

Mulailah memperhatikan siapa yang akan berkunjung kerumah kita. Mungkin saja tamu kita juga membawa hewan peliharaannya!

Untuk memperbaiki “mood” si kucing yang  telah terganggu karena adanya gangguan dari luar seperti tamu yang bergerombol kerumah kita atau adanya kucing liar yang berkeliaran di sekitar rumah, kiat pertamanya adalah cegah dan perhatikan siapa yang akan datang atau berkeliaran di sekitar rumah. Untuk tamu mungkin kita bisa segera masukkan si kucing ke dalam kandangnya dan letakkan di dalam kamar kita, namun jika kucing liar yang berada di sekitar rumah atau hewan lain yang kita pelihara diluar rumah, kita harus segera menemukan cara terbaik agar mereka yang berada diluar pindah dari sekitar rumah kita atau setidaknya berada diluar jangkauan pandang si kucing. Dengan begitu kemungkinan besar si kucing akan kembali merasa nyaman dengan suasana rumah kita, dan juga kembali bersahabat seperti biasanya. Lalu tidak ada salahnya kita dekat dengan kucing liar yang ada di sekitar rumah, namun fikirkan juga bagaimana cara kita untuk memperkenalkan mereka.

2. Gunakan Pengamanan lebih Di Luar Rumah

maxresdefaultGunakan pengamanan lebih untuk bagian luar rumah sehingga kucing / hewan lainnya lebih sulit menjangkau wilayah dalam rumah.

Apa yang dimaksud dengan pengamanan lebih / ekstra diluar rumah? Ok, kebanyakan rumah kita pasti memiliki pagar. Namun sebenarnya apa ya kegunaan asli dari pagar itu sendiri? Pertama adalah untuk menandakan bahwa wilayah yang kita beri pagar adalah batas terakhir dari luas properti kita. Kegunaan lainnya? Untuk mempersulit orang asing / hewan dan yang lainnya masuk ke wilayah rumah kita dengan mudah. Mungkin jika orang lain pasti sudah tidak mungkin untuk menembus pagar kita, namun jika kucing? Anjing? Atau burung liar? Tentu saja mereka dapat dengan mudah memasuki wilayah kita, mungkin dengan melalui sela-sela pagar, menggali tanah di antara kedua sisi luar dan dalam pagar atau mungkin meloncat dan memanjat kedalam jika itu memungkinkan. Untuk mencegah hal tersebut hingga hewan-hewan asing tadi masuk ke wilayah sekitar rumah kita dan dapat menjadi pemicu kucing kita menjadi stress, kita dapat memberi pengamanan ekstra terhadap pagar tersebut, seperti pemberiaan rantai yang cukup tajam atau tanaman yang sekiranya dapat merambat diseluruh pagar sehingga tidak ada lagi ruang / celah yang dapat dimasuki oleh hewan liar tersebut untuk masuk ke wilayah rumah kita. Untuk mencegah burung liar masuk? Cukup buat ujung pagar kita sedikit tajam sehingga mereka tidak dapat bertengger diatas pagar kita dan mengira territorial kita adalah territorial yang tidak aman bagi mereka.

3. Berkompromi-lah dengan Tetangga

16156c375b084d3b6b58f8ae6e8b3651Mulailah berkompromi dengan tetangga dan ceritakan keluhan kita dengan cara yang tentunya membuat kita dan mereka sama-sama nyaman!

Kucing / hewan ‘pengunjung’ yang tidak diharapkan mungkin saja tinggal di sebelah rumah kita atau memang kucing liar yang tinggal di jalanan. Akan tetapi jika kita sudah memastikan bahwa ternyata kucing tersebut merupakan milik tetangga atau milik seseorang di sekitar rumah kita, tidak ada salahnya kita mampir kerumah pemeliharanya untuk sekedar memiliki chit-chat tentang kucing peliharaan masing-masing dan sedikit membahas perihal kucing mereka yang sering berjalan-jalan keluar rumahnya. Lalu mulailah sedikit menyarankan kepada sang pemelihara kucing tersebut untuk menjaga mereka untuk bermain di dalam rumah atau jika keluar rumah teruslah beri pengawasan yang seksama karena bahaya bisa datang kapan saja terhadap kucing peliharaannya. Meskipun kadang-kadang tidak berhasil, tidak ada salahnya mencoba bukan? Lalu, cobalah mengobrol dengan membawa buah tangan seperti kue kecil.

4. Berlakukan TNR (Telepon Pihak yang Berwajib dan Dapat Menangani hal Ini dengan Tepat)

FAQs-About-Trap-Neuter-Return-TNRTelepon pihak yang berwenang seperti penangkaran (yang tidak memberlakukan pembasmian kucing jika kucing mereka tidak diminati oleh calon pemelihara) untuk memberlakukan TNR kepada kucing liar disekitar rumah.

Menghubungi kelompok penyelamatan atau tempat penangkaran hewan (tanpa membunuh) untuk menangkar kucing liar yang seringkali berkeliaran disekitar rumah kita juga dapat menjadi sebuah jalan keluar yang terbaik, karena sudah pasti pihak penangkar yang kita hubungi dapat menangani kucing liar seperti tadi lebih tepat caranya.

5. Bersihkan Urin si Kucing di Dalam Rumah Kita

getty_rm_photo_of_kitty_and_litter_boxUrine si kucing yang ada diluar litter box-nya wajib kita bersihkan!

Kucing luar ruangan seringkali membuat kucing peliharaan kita di dalam rumah merasa kesal dan ‘panas’ sehingga kucing peliharaan kita dirumah tidak dapat membahasakan kekesalan mereka. Lalu bagaimana cara kucing peliharaan kita mengekspresikan ketidak senangan mereka? Mereka akan membuang urine mereka tidak lagi didalam litter box, akan tetapi diluar litter box mereka dan memilih tempat-tempat yang sekiranya dapat terjangkau oleh kucing liar yang berkeliaran disekitar rumah kita. Hal ini amat sangat alami jika dilakukan si kucing dan kita sebagai pemelihara sangat pantang untuk merasa kesal terhadap si kucing. Apa yang dapat kita lakukan kemudian? Bersihkan-lah tempat-tempat si kucing membuang urine tersebut dan bersihkan dengan desinfektan yang memiliki yang cukup menyengat (pilihlah yang memiliki aroma bunga atau buah-buahan) sehingga dikemudian hari si kucing tidak akan lagi ‘menandai teritori’-nya karena wangi-nya akan tercium dan membuat si kucing kembali buang air didalam litter box-nya.

6. Mengatur Ulang tempat si Kucing di Dalam Rumah

 inside_outsideMulailah tutup gordyn rumah kita agar tidak ada kucing liar diluar rumah yang dapat menghadap ke arah rumah dan menganggu ketenangan kucing peliharaan kita di dalam rumah!

Mata kucing liar yang sedang berkeliaran di luar rumah pastinya seringkali melihat kea rah dalam rumah melewati kaca jendela dan pastinya menyebabkan ‘masalah’ bagi kucing peliharaan kita. Solusinya? Tutuplah kaca jendela yang sekiranya dapat terlihat dari luar dengan gordyn atau kertas sehingga si kucing tidak dapat bertatapan langsung dengan kucing liar diluar rumah. Lalu setelah kucing liar tidak lagi berada disekitar rumah kita, secara bertahap bukalah kembali gordyn kaca jendela kita. (Katanya ada yang membuat gambar diatas kertas dan bagian yang digambar diletakkan kea rah luar sehingga kucing liar yang melihatnya merasa ketakutan dan menganggap kawasan rumah kita sebagai areal yang tidak aman untuk mereka. Cobalah!).

61Watch out!

Demikian kurang lebih beberapa cara yang kemungkinan dapat menjadi solusi terbaik catlovers dirumah apabila terhadang dengan masalah seperti ini. Kami harap apa yang telah kami bahas disini kemudian berguna untuk catlovers dirumah dan juga mengurangi tingkat stress yang si kucing alami jika ada hewan lain berkeliaran di sekitar rumah. Kami yakin catlovers pasti ingin membuat si kucing terus merasa nyaman di dalam rumah bukan?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

5 Kucing Lucu Ini Ikut Serta Dalam Perang Dunia 2

Kali ini cattery.co.id ingin sedikit mengulas sejarah perang dunia 2, dan sepertinya hal-hal yang akan kita bahas kali ini memang tidak ada di buku pelajaran sejarah semenjak kita masih di

Cat News

7 Tahun Hilang, Sky kembali di Temukan

Kehilangan hewan peliharaan dapat menjadi salah satu pengalaman paling menyakitkan dalam hidup seseorang tentunya ya Catlovers. Bukan hanya sedih karena tak memiliki hewan peliharaan lagi, tapi memikirkan ketidakpastian dan nasib

Dunia Kucing

Kenapa Kucing Pemilih Makanan sedangkan Anjing Tidak?

Kita pasti seringkali melihat kucing yang memakan rumput atau hal apapun yang sekiranya dapat dimakan olehnya, akan tetapi ia memuntahkan kembali yang ia makan atau bahkan tidak menyentuhnya sama sekali.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!