Apakah Cara Kita Memberi Makan Kucing Sudah Benar? Perhatikan 7 Hal Berikut
06/05/2016 14955 Views

Apakah Cara Kita Memberi Makan Kucing Sudah Benar? Perhatikan 7 Hal Berikut

Memberi makan kucing memang susah-susah gampang. Terkadang teman kucing kita sedikit pemilih makanan dan mungkin juga ia memiliki kebiasaan makan yang aneh. Atau mungkin sebaliknya, kucing kita sangat rakus makannya sehingga berisiko terkena obesitas. Atau justru kucing kita banyak makannya namun tidak menjadi gemuk. Disini Cattery.co.id akan memberikan sedikit tips bagaimana cara memberi makan kucing, sehingga kebutuhan gizi mereka bisa terpenuhi.

1. Membiarkan Kucing Terus Mendapatkan Makanannya

iStock_000023459973Small-compressor

jangan terlalu banyak memberikan makan pada kucing ya

Apakah catlovers membiarkan kucingnya terus mendapatkannya? Maksudnya catlovers selalu mengisi mangkuk makanannya dan membiarkan si kucing memakannya setiap kali dia ingin makan. Kemudian ketika mangkuk sudah kosong, lalu catlovers mengisinya lagi. Kita memang senang jika melihat kucing rakus makannya, namun ini bisa menjadi masalah dalam jangka panjang. Jika hal ini terus dilakukan, maka kucing bisa terserang obesitas dan diabetes. Menakar jumlah makanan dan menjadwalkan waktu makan setiap hari merupakan cara yang lebih baik untuk memberi makan kucing. Konsultasikan dengan dokter hewan atau orang yang ahli dengan kucing tentang berapa banyak makanan yang perlu diberikan pada kucing. Selain itu, perbedaan jenis makanan dan brand juga mempengaruhi jumlah takaran pemberian makan.

calico-250-250 kotak-250x250

2. Memberi Makan Kucing Diet Vegan

cat-eating-a-broccoli-234-compressor

jangan memberikan kucing kita diet vegan

Apapun alasan catlovers untuk tidak memakan daging, maka catlovers tidak harus memaksakan kucingnya untuk diet vegan. Dalam rangka untuk menjaga kesehatannya, kucing harus memakan daging. Kucing adalah karnivora dan saluran pencernaannya tidak dirancang untuk mencerna makanan non-daging. Ditambah, kebutuhan kucing akan protein lebih banyak dibandingkan dengan anjing dan manusia. Jadi pastikan kucing kita mendapatkan pola makan yang tepat ya catlovers.

3. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman Ketika Makan

diy_elevated_plate_hero-compressor

ciptakan lingkungan yang aman ketika kucing makan

Jika kucing kita agak rewel soal makanannya, maka kita perlu memastikan ke dokter hewan apakah masalah tersebut karena kondisi medis. Namun jika sebabnya bukan masalah medis, maka penyebabnya mungkin akibat lingkungan yang tidak nyaman saat kucing makan. Mungkin dia merasa terancam oleh hewan peliharaan lainnya, terganggu oleh suara perabotan atau mungkin terlalu banyak orang yang berjalan pada saat ia sedang makan. Oleh karena itu catlovers disarankan untuk menemukan tempat yang aman dan nyaman di rumah agar kucing tidak terganggu ketika makan. Jika kucing masih sulit makan juga, coba berikan makanan yang berbau tajam sehingga kucing ingin makan.

4. Memberi Terlalu Banyak Treats

cat_2313956b-compressor

Terlalu banyak memberikan treats dapat membuat kucing menjadi obesitas

Treats untuk kucing mungkin terlihat kecil, tapi makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi. Dan jika kucing memakan kalori ekstra maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas. Jika kucing bersikeras meminta treats tersebut, maka kita harus pintar. Buatlah si kucing berusaha untuk mendapatkan treats tersebut, misalnya dengan melempar ke seberang ruangan atau memasukannya ke dalam puzzle makanan. Atau lebih baik lagi, arahkan perilaku meminta treats tersebut ke kegiatan lainnya seperti sesi permainan atau mengelus-elusnya.

5. Membiarkan Meminum Susu

article-0-0C063505000005DC-930_468x338

Susu sapi tidak bagus untuk pencernaan kucing

Bolehkah kita memberikan kucing susu sapi? Melihat kucing menjilati susu dari piring kecil mungkin terdengar lucu dan sehat, tapi sebenarnya tidak. Beberapa kucing tidak toleran terhadap laktosa dan akan kesulitan mencerna susu. Selain itu, susu memiliki banyak kalori dan bisa menyebabkan kucing kita menjadi obesitas. Jadi hindari lah memberikan kucing susu.

6. Memberikan Makanan untuk Tahap Hidup dan Gaya Hidup yang Salah

slide-cat-product-GH-compressor

Ketika catlovers memberikan makanan kucing, kita perlu memperhitungkan usia dan tingkat aktivitasnya. Jika kucing masih kitten, mungkin dia harus perlahan diperkenalkan ke berbagai makanan sehingga ia tidak tumbuh menjadi pemakan yang rewel. Jika kucing kita sudah senior, maka kita perlu memperhatikan berat badannya, karena beberapa kucing yang sudah senior memiliki kesulitan dalam menjaga berat badan idealnya. Pastikan juga agar si kucing selalu cukup minum air. Selalu konsultasikan kepada orang yang ahli tentang diet yang terbaik untuk kucing berdasarkan usia, kesehatan dan kondisi tubuh si kucing ya catlovers.

7. Mengganti Makanannya Terlalu Cepat

img-seven-day-switch-compressor

Mungkin diantara catlovers ingin mencoba untuk mengganti makanan kucing dengan meng-upgrade atau men-downgrade makanan kucing kita dengan berbagai alasan. Hal ini harus diperhatikan oleh catlovers, karena jika kita terlalu cepat merubah makanannya maka dapat mengakibatkan kucing menjadi muntah atau diare. Pastikan jika kita ingin mengubah makanan kucing, maka lakukan lah secara bertahap dan konsultasikan kepada yang sudah ahli. Itu lah 7 tips yang Cattery.co.id bisa berikan, selalu jaga kesehatan kucing kita ya catlovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

8 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia

Kucing yang gemuk dan sehat adalah idaman bagi catlover, akan tetapi tidak jarang kita dihadapkan pada kondisi si kucing mogok makan. Hal ini tentu merupakan masalah yang serius, terlebih lagi

Nutrisi dan Makanan Kucing

Anak Kucing : Makanan dan Nutrisi

Sedang berpikir tentang memberi makan anak kucing kita? Cattery.co.id akan menyajikannya untuk kamu dan membuat tuntunan komplit untuk menjamin anak kucing kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan pada tahun pertama. Akan

Nutrisi dan Makanan Kucing

Makanan Kucing yang Terlarang

Pemberian makanan kucing yang baik dan bernutrisi adalah hal penting karena merupakan sumber energi yang digunakan untuk aktivitas hariannya. Sering kali kita beranggapan bahwa makanan yang baik dikonsumsi oleh manusia,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!