Apa yang Seharusnya Kucing Minum? Air Putih atau Susu?
13/05/2015 73202 Views

Apa yang Seharusnya Kucing Minum? Air Putih atau Susu?

Jawaban singkatnya adalah air putih. Jika air keran dari rumah sudah aman di daerah kita, maka itu sudah cukup. Susu juga sangat dibutuhkan oleh anak kucing, terutama susu dari induknya. Namun jika anak kucing tersebut yatim atau ditinggalkan oleh induknya, maka dapat diganti susu suplemen khusus untuk anak kucing.

Sama seperti manusia, 70% tubuh kucing terdiri dari air, dan air sangat penting untuk bertahan hidup. Tanpa air, kucing akan sangat cepat dehidrasi dan mati. Air juga sangat penting agar ginjal dapat berfungsi normal dan saluran kemih menjadi sehat. Sejak berumur 8 minggu, kucing sudah dapat minum air. Air minum untuk kucing haruslah yang fresh dan jernih.

Mendorong Kucing Kita untuk Minum:
Air butuh diganti setiap hari. Jangan lupa, jika kucing kita sering main ke luar rumah, sebaiknya sediakan mangkuk air di rumah agar si kucing bisa minum ketika bermain. Jika kita mempunyai beberapa kucing, sebaiknya juga mempunyai banyak mangkuk air. Mangkuk air sebaiknya cukup lebar bagi kucing, sehingga kucing nyaman untuk meminumnya.

Jika catlovers memiliki kesulitan mendorong anak kucing atau kucing dewasa untuk minum cukup air, berikut ada tipsnya

calico-250-250 kotak-250x250
  • Beberapa kucing tidak suka air yang hanya ditaruh d mangkuk. Jika kita memiliki kucing yang kelihatannya suka minum dari keran air, solusinya yang mungkin berhasil adalah menggunakan water fountain. Pancuran ini semacam alat elektronik yang membuat air terus bersirkulasi. Beberapa water fountain juga dilengkapi dengan filter air. Pancuran ini banyak tersedia di petshop.

81KkFfHGbnL._SX522_

  • Coba pindahkan mangkuk air. Beberapa kucing tidak suka jika mangkuk airnya terlalu dekat dengan mangkuk makanan, jadi coba pindahkan mangkuk airnya lebih jauh. Juga perlu diperhatikan agar mangkuk air tidak terlalu dekat dengan bak pasir. Kucing tidak suka untuk makan dan minum di dekat toiletnya.

Apa yang tidak boleh kucing minum?
Kucing tidak boleh diberikan susu sapi karena kebanyakan kucing tidak bisa menerima laktosa yang terkandung dalam susu sapi dan dapat menyebabkan masalah pada pencernaannya. Jika catlovers ingin memberikan susu pada kucing, catlovers bisa membeli susu yang khusus yang diformulasikan untuk kucing yang bisa didapatkan di petshop.

Bisa dikatakan bahwa kucing jangan pernah diberikan apapun selain air putih dan susu formula khusus kucing. Penggunaan susu khusus kucing pun hanya untuk kucing masa sapih. Untuk mengganti susu induk yang tidak keluar atau hanya sedikit. Setelah lepas sapih, cukup dengan air putih saja. Kucing jangan pernah diberikan minuman seperti minuman bersoda, beralkohol, jus, teh, kopi dan sebagainya.

Jika kita mempunyai aquarium di rumah, sebaiknya ditutupi atasnya. Bahan kimia yang berada di air aquarium tidak bagus untuk kucing. Selain itu, jangan biarkan kucing kamu minum dari toilet, selain karena bisa jatuh dan tenggelam, juga bahan kimia dan bakteri bisa membuat kucing jadi sakit.

Akhir Kata:
Intinya adalah kucing hanya perlu minum air putih yang fresh dan bersih, atau susu yang diformulasikan untuk kucing. Jika catlovers memilih untuk memberikan susu kucing, juga perlu disediakan air putih juga. Pemberian susu kucing juga harus sedikit demi sedikit, biarkan kucing meminumnya sampai habis dan buang sisa susunya setelah 1 jam. Pemberian susu khusus kucing pun hanya untuk anak kucing masa sapih (usia dua bulan kebawah). Untuk air putih, selalu sediakan setiap saat, 24/7.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Camilan Terbaik untuk si Kucing

Kucing tentu senang dengan makanan selingan yang kita berikan kepada mereka, namun memilih makanan selingan atau camilan untuk si kucing mungkin selalu menjadi pilihan yang sulit. Di satu sisi mungkin

Nutrisi dan Makanan Kucing

Kebutuhan Nutrisi Khusus pada Kucing

Kucing tentunya memerlukan makanan khusus pada kondisi tertentu, misalnya ketika sakit atau usia lanjut. Untungnya sekarang ini sudah banyak produk makanan khusus untuk kondisi khusus pula. Beberapa diantaranya adalah makanan

Nutrisi dan Makanan Kucing

Khasiat Labu untuk Kucing?

Kucing kamu sedang sakit? Frustasi dengan segala macam pengobatan kucing yang tidak membuatnya sembuh? Kali ini Cattery.co.id akan mengupas makanan kucing alternatif yang konon membantu penyembuhan berbagai penyakit kucing. Satu jenis

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!