Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Kucing Sulit Makan?
20/08/2015 3967 Views

Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Kucing Sulit Makan?

Beberapa orang kadang sering bercanda tentang kebiasaan kucing mereka yang sangat pemilih dalam hal makanan, namun hal ini menjadi masalah serius jika kucing kita tidak mau makan. Meskipun tidak mau makan biasanya sering dialami oleh semua hewan peliharaan, namun hal ini bisa menjadi lebih berbahaya bagi kucing

Ketika hewan tiduk cukup makan, mereka akan bergantung pada cadangan lemak mereka sebagai sumber energi. Sebelum lemak yang tersimpan dapat digunakan sebagai bahan bakar, hal itu harus diproses oleh hati lebih dulu. Proses ini membutuhkan pasokan protein yang cukup.

Dengan penurunan berat badan yang drastis ketika kucing berhenti makan, maka pasokan protein akan segera habis dan hati menjadi kewalahan oleh lemak. Hal ini akan menyebabkan kondisi yang berbahaya yang dikenal dengan lipidosis hati, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Kucing yang kehilangan nafsu makan biasanya mengindikasi penyakit, sehingga lebih baik kita konsultasikan dengan dokter hewan sesegera mungkin. Semakin cepat kita tanggap terhadap masalah, maka semakin baik bagi si kucing untuk mendapatkan pertolongan.

calico-250-250 kotak-250x250

catpicky

Mengapa Kucing Kita Tidak Mau Makan?

Biasanya kucing yang tidak mau makan biasanya menandakan ada sesuatu yang salah. Berikut beberapa masalahnya:

– Penyakit
Kehilangan nafsu makan adalah salah satu indikator bahwa ada sesuatu yang salah. Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan kucing jika ia tiba-tiba berhenti makan. Beberapa penyakit seperti infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah usus dan kanker dapat menyebabkan kucing berhenti makan. Namun masalah yang lebih sederhana seperti sakit gigi juga bisa menyebabkan kucing berhenti makan.

– Baru Vaksin
Apakah kita memperhatikan bahwa kucing kita berkurang nafsu makannya tak lama setelah kita membawanya ke dokter hewan untuk vaksinasi rutin? Jika benar, maka alasan si kucing hilang nafsu makannya adalah akibat suntikan vaksin. Meskipun vaksin telah menyelamatkan jutaan hewan, namun vaksin juga memiliki efek samping bagi beberapa kucing. Kehilangan nafsu makan pada kucing adalah salah satu efek samping, namun biasanya ini hanya bersifat sementara dan ringan saja.

– Perjalanan dan Berada di Lingkungan yang Tidak Dikenalnya
Seperti kebanyakan orang, kucing adalah makhluk yang terbiasa pada rutinitas. Jadi jika ada perubahan dalam rutinitasnya bisa berakibat pada hilangnya nafsu makan si kucing. Selain itu, beberapa hewan mengalami mabuk ketika berpergian dengan mobil atau pesawat, hal ini dapat menyebabkan mual dan menolak untuk makan.

– Rewel atau masalah psikologis
Jika dokter hewan kita telah mengatakan bahwa kucing kita tidak sakit secara fisik, maka rasa cemas atau depresi bisa menjadi alasan si kucing tidak mau makan. Perubahan dalam rumah dapat mengganggu kucing yang sensiti, dan terkadang orang baru atau perubahan jadwal rutinitasnya dapat merubah kucing secara emosional. Atau, kucing kita hanya sekedar rewel dan pemilih makan. Perlu diingat bahwa kucing pada umumnya membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan baru, sehingga perubahan dalam makanannya bisa menjadi alasan kucing tidak mau makan.

IMG-20150625-WA0008

Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Apakah kucing kita sedang sakit, cemas atau sekedar pemilih, ingatlah bahwa kucing yang tidak mau makan dapat berakibat buruk pada si kucing. Jadi, bahkan jika kita mencoba untuk membuat si kucing kita makan makanan produk dokter hewan, pastikan bahwa jangan pernah membuat kucing menjadi sangat kelaparan.

Jika penyakit adalah alasan kucing kita tidak mau makan, maka konsultasikan lah dengan dokter hewan bagaimana membuat si kucing tetap mendapat asupan nutrisi yang optimal. Beberapa kucing yang sulit makan biasanya tertarik dengan beberapa makanan kaleng yang memiliki bau yang kuat. Dalam kasus yang lebih ekstrim, dokter hewan bisa saja memberikan resep obat yang berfungsi sebagai stimulan nafsu makan atau merekomendasikan makanan cair yang dapat diberikan dengan disuntikan langsung ke mulut kucing.

Namun jika penyakit bukan lah penyebabnya, ada beberapa hal yang bisa catlovers coba untuk mendorong nafsu makan si kucing. Kita bisa memakai beberapa jenis makanan seperti hati atau tuna kaleng sebagai stimulan nafsu makan si kucing. Namun ingat lah untuk hanya memberikan makanan ini dalam jumlah yang sedikit. Pemberian dalam jumlah besar dapat membahayakan kucing kita karena akan menyebabkan kekuarangan atau kelebihan vitamin tertentu.

IMG-20150625-WA0009

Daripada mengandalkan makanan manusia, cobalah dorong kucing kita untuk memakan makanan kaleng komersial. Kita mungkin saja menemukan bahwa makanan yang dipanaskan atau mencampurnya dengan minyak ikan, kaldu atau telur yang dimasak bisa menarik perhatian kucing pemilih untuk makan. Jika makanan tersebut tidak dimakan, segera ambil makanan tersebut dan sediakan makanan yang segar di esok hari. Jika kita tetap memberikan makanan sisa kemarin, kemungkinan akan menjadi keras atau basi, dan kucing kita tentu tidak akan memakan makanan jenis ini ke depannya.

Jika kucing kita telah terbiasa memakan makanan manusia, pastikan untuk melakukan transisi makanan kucing kita kembali ke makanan hewan selama beberapa minggu dengan cara mencampurnya. Semakin lama kurangi rasio makanan manusia hingga kucing kita hanya makan makanan kucing saja.

Selain masalah penyakit dan psikologis kucing, bisa jadi masalahnya ada di peralatan makannya. Selalu bersihkan tempat makan si kucing, hal ini penting karena jika kita sering memberinya makanan mentah atau makanan kaleng, bakteri dapat tumbuh di sisa makanannya dan dapat menyebabkan penyakit. Kucing secara alamiah juga akan menghindari mengkonsumsi daging busuk yang berbai. Jika kita menggunakan mangkuk plastik, cobalah menggantinya dengan yang terbuat dari stainless atau keramik karena jenis ini mudah untuk dijaga kebersihannya.

Selanjutnya cobalah mangkok yang lebih dangkal, karena beberapa kucing tidak menyukai menggunakan mangkuk yang terlalu dalam atau sempit. Beberapa jenis kucing seperti Kucing Persia dan Kucing Exotic lebih menyukai makan dari mangkuk yang dangkal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers semua yang mengalami kesulitan makan pada kucingnya.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Tips mengganti makanan kucing

Penggantian pakan baru yang secara tiba-tiba merupakan salah penyebab mencret pada kucing. Lalu mengapa bisa diare, padahal pakan baru tersebut lebih berkualitas daripada pakan lama yang biasa diberikan? Hal ini dikarenakan

Nutrisi dan Makanan Kucing

Makanan Kucing yang Terlarang

Pemberian makanan kucing yang baik dan bernutrisi adalah hal penting karena merupakan sumber energi yang digunakan untuk aktivitas hariannya. Sering kali kita beranggapan bahwa makanan yang baik dikonsumsi oleh manusia,

Nutrisi dan Makanan Kucing

Bolehkah Kucing Memakan Coklat?

Siapa diantara catlovers yang suka dengan coklat? Pasti hampir seluruh catlovers suka dengan coklat. Pernakah catlovers memberikan coklat pada kucingnya? Jika pernah, coba hentikan mulai dari sekarang. Coklat tidak baik

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!