Apa Yang Akan Terjadi Jika Seluruh Kucing di Dunia Tiba-Tiba Menghilang?
27/06/2015 3270 Views

Apa Yang Akan Terjadi Jika Seluruh Kucing di Dunia Tiba-Tiba Menghilang?

Apa yang akan terjadi jika tiba-tiba seluruh kucing di dunia ini mengilang? Kita sebagai pecinta kucing mungkina akan merasa bahwa ini adalah kiamat bagi kita. Beberapa mungking akan merasa tidak begitu peduli jika kucing menghilang dari dunia. Buat apa hewan yang tiap hari hari kerjaannya cuma makan, tidur dan bermalas-malasan.

Kucing, baik yang dipelihara dan liar, mungkin telah berhasil menipu kita bahwa mereka sangat bergantung pada makanan dan sampah manusia untuk dapat bertahan hidup. Namun pada kenyataannya, kucing adalah predator ahli yang hebat dalam hal berburu dan beradaptasi. Kucing adalah predator kecil yang sangat penting, kucing dapat bertahan hidup secara soliter bahkan saat mangsa sedang langka, sementara mereka dapat berkembang biak dengan kepadatan tinggi ketika mangsa sedang melimpah.

Apa yang membuat kucing sangat penting bagi manusia? Yaps, karena kucing membunuh tikus-tikus di lumbung dan tempat penyimpanan gandum. Kucing memiliki peran penting dalam mengendalikan hama tikus. Di India, kucing diyakini memiliki peran penting dalam mengurangi kerugian produksi gandum yang disebabkan oleh hewan pengerat. Memang benar bahwa manusia yang memberi makan kucing, tetapi tanpa kucing, manusia hanya akan memiliki sedikit makanan akibat kerugian yang diakibatkan tikus.

IMG_4946 Cat eating a mouse

calico-250-250 kotak-250x250

Jadi akan seberapa banyak peningkatan populasi tikus jika kucing tiba-tiba menghilang? Sebuah studi di Inggris pada tahun 1997 menemukan bahwa rata-rata kucing rumah membawa pulang lebih dari 11 hewan mati (termasuk tikus, burung, katak dan lainnya) dalam waktu enam bulan. Itu berarti 9 juta kucing di Inggris secara kolektif membunuh hampir 200 juta spesimen liar per tahun – tidak termasuk hewan mati yang tidak dibawa pulang oleh kucing. Studi lainnya di Selandia Baru pada tahun 1979 menemukan bahwa ketika kucing hampir punah dari sebuah pulau kecil, populasi tikus lokal dengan cepat bertambah hingga empat kali lipat.

Dan jika populasi hewan pengerat melonjak, ini tentu memicu rentetan efek ekologi lainnya. Masih di pulau yang sama di Selandia Baru misalnya, seorang ekolog mengamati bahwa dengan tidak adanya kucing, populasi burung laut pun juga ikut berkurang, karena telur-telur burung laut juga dimangsa oleh tikus. Jadi jika sekitar 220 juta kucing domestik di dunia ini menghilang, bisa dipastikan populasi burung laut akan jauh berkurang, sedangkan populasi predator (selain kucing) yang memangsa tikus akan meningkat.

Semua spesies memiliki dampak terhadap ekologi. Selain memiliki dampak ekologi, kucing juga sangat disayangi oleh manusia karena bentuk morfologi mereka yang lucu, selain itu kucing domestik tidak begitu sulit perawatannya. Sifat kucing yang manja juga menjadi daya tarik hewan ini. Oleh karena itu sayangi lah kucing catlovers, baik yang dipelihara atau liar dijalanan, karena mereka berperan dalam menjaga populasi hama tikus agar tetap terkendali.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

6 Alasan Mengapa Kita Mencintai Pemilik Kucing

Sudah banyak artikel yang membahas tentang perbedaan catlovers dan doglovers. Siapapun pemenangnya, semuanya membuktikan bahwa petlovers adalah orang yang baik dibandingkan dengan non-petlovers. Kali ini cattery.co.id akan membahas mengapa kita

Dunia Kucing

17 Akun Instagram Kucing yang Wajib Di Follow oleh catlovers!

Halo catlovers! Siapa sih yang tidak pernah terpikir untuk menjadi seseorang yang terkenal? Mungkin karena kecantikannya, ketampanannya, kepandaiannya dalam berbusana, kecerdasannya atau bakatnya? Ternyata bukan hanya kita loh yang ingin

Dunia Kucing

Bagaimana Kucing Akhirnya Bisa Menjadi Hewan Peliharaan?

Kucing, kucing dan kucing. Sampai kapanpun kita sebagai catlovers tidak akan pernah merasa bosan dengan mamalia berbulu yang sangat imut dan menggemaskan tersebut bukan? Tetapi pernahkah kita berfikir, apakah kucing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!