Apa saja Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing?
24/08/2015 5282 Views

Apa saja Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing?

Apakah catlovers mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh si kucing? Nutrisi adalah zat yang diperoleh dari makanan dan digunakan oleh hewan sebagai sumber energi dan sebagai bagian dari sistem metobolisme yang diperlukan untuk perawatan dan pertumbuhan hewan, termasuk kucing. Kecuali terdapat kebutuhan khusus, penyakit atau instruksi dari dokter hewan kita, si kucing sudah bisa mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkannya dari makanan kucing berkualitas tinggi. Karena makanan tersebut sudah diformulasikan dengan kebutuhan standar si kucing. Jika para catlovers ingin mempelajari apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing, maka cattery.co.id akan menjelaskannya.

water-shutterstock-cat-faucet2

1. Air adalah nutrisi yang paling penting. Kandungan air dalam tubuh kucing dewasa antara 60 sampai 70 persen. Makanan kucing dapat membantu memenuhi kebutuhan air bagi si kucing (dry food dapat memeliki kelembaban hingga 10 persen, sedangkan wet food memiliki kelembaban hingga 78 persen). Kita harus menyediakan air bersih yang segar bagi kucing setiap saat, jangan sampai kucing tidak memiliki akses air bersih. Kekurangan air dapat menyebabkan hal yang serius bagi kucing kita: penurunan 10 persen cairan dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius, sedangkan kekurangan 15 persen dapat menyebabkan kematian bagi si kucing.

(lihat: Apa yang Seharusnya Kucing Minum? Air Putih atau Susu?)

calico-250-250 kotak-250x250

2. Protein adalah bahan dasar pembentukan sel-sel, jaringan, organ, enzim, hormon dan antibodi. Selain itu protein juga sangat penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan, reproduksi, dan perbaikan tubuh. Protein bisa didapatkan dari banyak sumber. Protein hewani bisa didapatkan dari ayam, domba, kalkun, daging sapi, ikan dan telur. (Catatan: jangan berikan kucing kita telur mentah. Karena telur mentah mengandung avidin, anti-vitamin yang dapat mengganggu metabolisme lemak, glukosa, asam amino dan energi. Protein juga bisa didapatkan dari sayuran, sereal dan kedelai, namun kucing tidak bisa mencerna secara optimal protein dari sayuran.

the-importance-of-taurine-in-a-cats-diet-51fe57edc4991

Asam amino adalah bahan dasar pembentuk protein. Asam amino dibagi menjadi asam amino esensial dan non-esensial:
– Asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh hewan dalam jumlah yang cukup dan harus disuplai dari makanan. Asam amino esensial termasuk arginin, metionin, histidin, fenilalanin, isoleusin, treonin, leusin, triptofan, lisin, valin dan taurin.*
– Asam amino non-esensial dapat disintesis oleh kucing kita dan tidak diperlukan dari dalam makanannya.

Asam amino esensial taurin adalah salah satu yang diperlukan oleh kucing. Tidak seperti anjing, kucing tidak dapat mensintesis cukup taurin untuk memenuhi kebutuhan mereka. Taurin dibutuhkan kucing untuk menghindari penyakit pada mata, jantung, reproduksi, pertumbuhan janin serta keberlangsungan hidup. Asam amino esensial ini hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, telur dan ikan.

thinkstock_rf_photo_of_cat_with_fish_plate

3. Lemak adalah konsentrasi energi dalam bentuk makanan, lemak dapat memberikan dua kali jumlah energi dari protein atau karbohidrat. Lemak sangat penting dalam pembentukan struktur sel dan diperlukan untuk produksi beberapa hormon. Ia juga dibutuhkan untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin yang larut dalam lemak. Lemak juga dapat memberikan perlindungan bagi organ internal hewan.

Asam lemak esensial harus disediakan dalam makanan kucing karena itu tidak bisa disintesis oleh kucing dalam jumlah yang cukup. Kekurangan asam lemak esensial dapat menyebabkan perlambatan pertumbuhan atau peningkatan masalah kulit. Asam linoleat adalah asam lemak esensial bagi kucing. Asam arakidonat, asam lemak omega 6, juga sangat penting bagi kucing untuk pemelihraan bulu dan kulit, juga berfungsi bagi ginjal dan reproduksi. Asam lemak omega 6 dan omega 3 juga memainkan peran yang penting dalam penyembuhan peradangan/inflamasi.

4. Karbohidrat berfungsi untuk menyediakan energi bagi jaringan tubuh, memainkan peran penting dalam kesehatan usus dan juga reproduksi. Tidak ada batasan minimum karbohidrat yang dibutuhkan oleh kucing, namun kucing membutuhkan glukosa minimum yang diperlukan untuk memasok energi pada organ penting (seperti otak).

artichoke-asparagus-cats-03

5. Serat adalah istilah yang digunakan bagi karbohidrat yang tidak bisa larut atau tidak bisa dipecah. Yang termasuk serat seperti selulosa, pati, pektin dan gums. Walaupun serat tidak begitu penting dalam diet kucing, namun sedikit serat baik untuk usus dan sistem pencernaan serta mencegah sembelit. Beberapa serat akan terfermentasi di saluran pencernaan dan mendorong pertumbuhan flora usus yang sehat.

6. Vitamin berfungsi sebagai katalis reaksi enzim. Sejumlah kecil vitamin penting bagi kucing berfungsi agar metabolisme tubuh kucing normal. Sebagian besar vitamin tidak dapat disintesis dalam tubuh kucing, oleh karena itu kucing membutuhkannya dalam makanannya.

Bila kita telah memberikan makanan yang lengkap dan seimbang bagi kucing, maka kita tidak perlu memberikan suplemen vitamin tambahan, kecuali telah didiagnosis oleh dokter hewan bahwa si kucing kekurangan vitamin tertentu. Biasanya kelebihan pemberian vitamin pada kucing lebih berdampak dibandingkan kekurangan vitamin, karena dapat menyebabkan keracunan. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan nyeri tulang dan sendi, tulang rapuh dan kulit kering. Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tulang yang sangat padat, pengapuran jaringan lunak, dan pengapuran sendi.

IMG-20150625-WA0004

7. Mineral adalah senyawa anorganik yang tidak dimetabolisme dan tidak menghasilkan energi. Nutrisi ini tidak dapat disintesis oleh hewan dan harus disediakan dalam makanan. Secara umum, mineral penting bagi tulang dan gigi, untuk menjaga keseimbangan cairan dan berbagai reaksi metabolisme. Mineral seperti kalsium dan fosfor sangat penting bagi pembentukan tulang. Sedangkan mineral lainnya berfungsi menjaga kesehatan kulit sendi, sel darah merah dan sistem imun. Kebanyakan produk cat food telah terkandung mineral yang telah direkomendasikan oleh Association of American Feed Control Officials (AAFCO). Kucing membutuhkan mineral sepert kalsium, fosfor, magnesium, potasium, sodium dan klorida, zat besi, tembaga, mangan, seng, yodium dan selenium.

Itu adalah 7 kebutuhan nutrisi yang diperlukan bagi kucing. Kucing sangat membutuhkan nutrisi tersebut dalam jumlah yang tepat, kekurangan atau kelebihan nutrisi justru akan membuat kucing memiliki masalah kesehatan. Semoga menambah pengetahuan catlovers tentang nutrisi yang dibutuhkan kucing.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Fakta Penting tentang Kebiasaan Minum pada Kucing

Kucing adalah bagian keluarga kita, tentunya kita sudah biasa terbangun tengah malam karena suara mangkuk air yang bergeser-geser. Alih-alih merasa terganggu, kita malah senang, karena kucing kesayangan kita berperilaku normal

Nutrisi dan Makanan Kucing

Makanan yang Akan Membuat Si Kucing lebih Pintar!

Hi catlovers! Kali ini cattery.co.id mengemas satu informasi yang pasti akan catlovers sesali jika tidak dibaca! Bahasan cattery.co.id kali ini adalah tentang makanan kucing yang akan membantu dan merangsang perkembangan

Nutrisi dan Makanan Kucing

Berapa Banyak Air Putih yang Seharusnya Diminum Kucing?

Apakah kucing catlovers cukup minum air? Berapa banyak kucing seharusnya minum air? Kucing sangat jarang terlihat minum air, kecuali jika ia sedang bermain dengan keran atau air yang sedang mengalir,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!