Anak Kucing : Makanan dan Nutrisi
20/09/2016 4281 Views

Anak Kucing : Makanan dan Nutrisi

Sedang berpikir tentang memberi makan anak kucing kita? Cattery.co.id akan menyajikannya untuk kamu dan membuat tuntunan komplit untuk menjamin anak kucing kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan pada tahun pertama.

Akan ada saatnya susu induk tidak mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kucing, dan saat anak-anak kucing tersebut bertambah besar, sudah saatnya memberikan makanan padat. Tetapi yang manakah yang harus diberikan apakah yang basah atau kering? dan berapa banyak yang harus diberikan? Ini sangat penting untuk diketahui karena anak kucing sangat mudah menjadi dehidrasi.

Nicole Paley, Manajer Komunikasi dari PFMA mengatakan: “Anak-anak kucing memiliki banyak hal yang harus bertumbuh dalam waktu yang relatif singkat. Mereka harus membangun otot, tulang, kulit dan bulu, gigi, dan organ-organ internal dengan cepat, begitu juga belajar bersosialisasi.

anak kucing

calico-250-250 kotak-250x250

Proses Menyapih

Sebelumnya, kami pernah menulis tentang cara merawat anak kucing pada usia satu bulan pertama disini http://www.cattery.co.id/cara-merawat-anak-kucing-usia-satu-bulan-pertama/

Pengenalan dengan pola makan baru harus sedikit demi sedikit, seperti dijelaskan oleh Elaine Pendlebury, dokter hewan senior PDSA : “Sejak umur empat minggu, anak-anak kucing akan mencoba makanan yg dimakan induknya, tetapi sangat penting untuk memberikan makanan khusus untuk anak kucing sesuai dengan kebutuhannya yang sangat berbeda dengan kucing dewasa.”

Nicole menambahkan: “antara umur tiga dan empat minggu, anak-anak kucing memulai kurva pertumbuhan yang asli dan sangat penting untuk sedikit demi sedikit mengenalkan pola makan anak kucing yang komplit dan seimbang sehingga memenuhi standar semua kebutuhan anak kucing pada tahap awal.

Karena anak kucing membutuhkan energi yang tinggi untuk pertumbuhan mereka, mereka sebaiknya diberikan porsi kecil tetapi sering, sesuai dengan panduan pemberian makan dari makanan yang kamu pilih. PFMA merekomendasikan untuk memberikan makanan dengan susu formula khusus anak kucing, lalu gantilah susu dengan air (bila memberikan makanan kering) dan perlahan kurangi jumlah air sampai hanya tersisa makanannya saja.

anak kucing

Cats Protection mengatakan: “Seluruh proses menyapih dilakukan sedikit demi sedikit selama tiga atau empat minggu, biarkan anak kucing tetap menyusu dengan induknya sampai bisa diberi makan secara mandiri. Pantau setiap anak kucing selama waktu ini untuk memastikan mereka makan dengan efektif.”

Elaine menambahkan: “saat berumur 12 minggu, anak kucing tidak membutuhkan susu lagi karena akan membuat lambungnya tidak nyaman. Bagaimanapun mereka tetap memerlukan banyak cairan jadi pastikan air matang selalu siap tersedia.” Nah, simak ya catlovers, berarti kucing jangan diberikan susu lagi setelah umur lebih dari 12 minggu.

anak kucing

Berapa banyak dan kapan?

Elaine menyarankan untuk menyajikan makanan kepada anak kucing sebanyak kurang lebih lima kali sehari, dan juga cobalah untuk memberi makan anak-anak kucing secara terpisah jadi anak kucing yang rakus tidak memakan semua makanan!

Beth Skilling, staf dari Cats Protection’s clinical veterinary menambahkan: “Pastikan kamu tetap menggunakan makanan hewan yang bereputasi, komplit yang mengandung semua kebutuhan anak kucing untuk tetap sehat dan juga tetap mematuhi panduan pemberian makan yang direkomendasikan oleh produsen makanan tersebut. Memberikan pola makan yang tidak seimbang, terutama pada masa pertumbuhan kritis ini, dapat membuat masalah kesehatan jangka panjang.

Jika anak kucing kamu yang baru kamu beli atau adopsi sudah usia untuk disapih dan sudah diberi makanan padat, saat membawanya pulang, carilah informasi apa yang sudah dimakan, dan berikan makanan yang sama kepadanya, perubahan pola makan yang mendadak, ditambah stress dalam beradaptasi dengan rumah baru, dapat membuat lambungnya tidak nyaman. Kalau kamu mau merubah pola makannya, lakukan selama tujuh sampai 10 hari dengan mencampur makanan baru dengan makanan yang biasa dimakannya.

Cara termudah untuk menyediakan makanan yang seimbang kepada anak kucing pada masa pertumbuhan adalah berikan makanan pertumbuhan komplit premium yang khusus diformulasikan untuk anak kucing. Biasanya berupa makanan kering, tapi beberapa perusahaan memproduksi variasi makanan basah juga.

anak kucing

Menjadi dewasa

Ketika anak kucing beranjak satu tahun, inilah saatnya untuk mengganti dengan makanan kucing dewasa, sangat penting untuk mengikuti panduan pada kemasan untuk memastikan kamu telah memberikan jumlah yang tepat kepada kucing kamu.

Nicole menjelaskan: “ide bagus untuk menimbang makanan kucing saat memulai hari. Jumlah keseluruhan yang sudah ditimbang dapat diberikan dalam beberapa kali makan atau dibagi menjadi dua bagian, satu bagian untuk makan pagi dan satu bagian lagi untuk makan malam. Ingat, panduan hanyalah panduan dan pemilik yang harus menyesuaikan jumlah makanan yang diberikan tergantung kebutuhan kucingnya.”

Elaine sangat tegas saat menjelaskan bahwa daging adalah bagian penting dari pola makan kucing: “sangat penting untuk tidak memberikan pola makan vegetarian kepada kucing kamu karena kucing adalah hewan karnivora, artinya mereka harus memakan nutrisi tertentu yang hanya terdapat pada daging atau makanan kucing. Lebih baik berikan makanan kucing komersial yang komplit untuk mencapai keseimbangan nutrisi yang benar.”

cat-raw-food-diet

Elaine juga mengingatkan para pemilik kucing bahwa anak kucing sebaiknya diberikan cemilan pada waktu tertentu saja dan sebaiknya berupa cemilan sehat untuk mengurangi resiko obesitas. Mintalah saran kepada dokter hewan jika ada pertanyaan seputar pemberian makan kepada kucing.

Makanan beracun yang harus dihindari:

  • Makan tuna terus menerus dapat menyebabkan malnutrisi.
  • Hati
  • Anggur dan kismis
  • Pemanis xylitol
  • Bubuk kopi – dapat menyebabkan kematian pada kucing kecil
  • Bawang Bombay dan bawang putih – mengandung thiosulfat yang beracun untuk kucing
  • Coklat
  • Makanan anjing – keseimbangan komposisi nya tidak sesuai dengan sistem pencernaan kucing

Tentang makanan terlarang untuk kucing jug pernah kami bahas disini http://www.cattery.co.id/makanan-kucing-yang-terlarang/

(nes)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

5 Fakta Penting Tentang Kucing dan Susu Sapi

Pernakah catlovers memberikan kucing susu sapi? Pasti diantara catlovers pernah memberikan kucingnya susu sapi. Kucing memang menyukai susu sapi, tetapi apakah susu sapi itu baik untuk kucing? Jawabannya adalah TIDAK!

Nutrisi dan Makanan Kucing

4 Cara Hemat dan Cermat Memilih Makanan Kucing

Untuk mendapatkan makanan kucing (catfood) yang berkualitas, berapapun budget yang kita miliki, ikuti tips-tips keren yang akan dikupas cattery.co.id berikut ini. Makanan yang kita berikan merupakan hal terpenting dalam menunjang

Nutrisi dan Makanan Kucing

Tips mengganti makanan kucing

Penggantian pakan baru yang secara tiba-tiba merupakan salah penyebab mencret pada kucing. Lalu mengapa bisa diare, padahal pakan baru tersebut lebih berkualitas daripada pakan lama yang biasa diberikan? Hal ini dikarenakan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!