Alasan Mengapa Bulu Kucing Rontok?
08/08/2015 12999 Views

Alasan Mengapa Bulu Kucing Rontok?

Apakah ada kucing catlovers yang rontok bulunya? Beberapa jenis kucing wajar jika ia merontokkan bulu musim dinginnya. Namun jika bulu kucing rontok sangat banyak dan hampir menjadi botak di beberapa bagian tubuhnya, hal tersebut tanda adanya masalah.

Pertama-tama, apakah si kucing terus-terus mencakar atau menjilat badannya? Kucing akan sering melakukan grooming sepanjang harinya, namun jika terlalu sering menjilat dan mencakarnya dapat menyebabkan bulu rontok, luka, dan infkesi. Jika kucing kita nampaknya lebih tertarik untuk menjilati badannya dibandingkan dengan kegiatan lain seperti bermain atau makan, itu merupakan peringatan bagi kita. Berikut adalah beberapa penyebab umum kerontokan pada kucing.

food-allergy-dermatitis-in-a-cat-hair-loss_thumbkerontokan akibat alergi makanan

Alergi
Ini adalah penyebab utama kerontokan bulu pada kucing. Seperti manusia, kucing juga bisa menjadi alergi pada makanan, gigitan serangga, obat, debu atau pun serbuk sari. Untuk menghilangkan rasa gatal ini, kucing akan menjilat-jilat bulunya hingga menjadi botak. Untuk menyembuhkannya, silakan konsultasi dengan dokter hewan, biasanya si kucing akan diberikan obat untuk mengurangi alerginya.

calico-250-250 kotak-250x250

AE21DA0C-7B2F-46CF-8354-F55C5DC9BFE3kerontokan akibat kutu

Parasit
Kutu, tungau dan ear-mites dapat membuat kucing mencakar dan menjilat tubuhnya terus menerus, bahkan dapat menyebabkan kebotakan dan luka. Pengobatannya biasanya mudah, silakan konsultasikan dengan dokter hewan dan orang ahlinya tentang obat mana yang sebaiknya dipakai.

(10 Tanda Kucing Terkena Kutu
Konsultasi Vet: Bagaimana cara menyembuhkan kutu pada kucing?
Ear Mites (Kutu Kuping) pada Kucing)

cornell_photo_of_feline_folliculitiskerontokan akibat infeksi ringworm

Infeksi Ringworm
Walaupun bernama ringworm, itu bukan lah cacing. Ini adalah infeksi yang disebabkan jamur. Tanda-tanda infeksi ini adalah rontoknya bulu di beberapa bagian tubuh dan ditandai dengan ciri kulit merah seperti lingkar cincin. Dokter hewan biasanya akan memberikan obat dan krim salep untuk diberikan pada kucing.

(10 Cara Mudah Basmi Jamur/Ringworm Pada Kucing)

cat_lickpaw_plover-grooming akibat stres

Stres dan Cemas
Ketika kucing sedang stres, ia akan sering menggaruk dan menjilat badannya, sehingga dapat memicu kerontokan bulu. Dokter hewan menyebutnya “psychogenic alopecia”. Kucing yang terkena gejala ini biasanya akan memilih bagian pada perut dan kaki untuk dijilat-jilat. Langkah awalnya adalah obati lukanya, selanjutnya minta saran dokter apakah si kucing membutuhkan antidepresan. Lalu langkah berikutnya adalah ubah lingkungan sekitar tinggal si kucing, seperti berikan tempat yang tinggi untuk kucing atau jauhi anjing dari sekitarnya.

10 Tanda Kucing sedang Stres
9 Cara Mengurangi Stres Pada Kucing

Penyebab Langka Lainnya
Beberapa jenis kucing memiliki genetik yang menyebabkan bulunya menjadi rontok, seperti pada kucing Shpynx. Sangat jarang terjadi, namun kerontokan bulu bisa menjadi gejala adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh, diabetes, tiroid atau kanker. Beritahukan pada dokter hewan tentang makanan, perilaku serta rumah kita untuk membantu menentukan penyebab masalahnya.

Itulah beberapa penyebab utama bulu kucing rontok. Selalu perhatikan kesehatan kucing ya catlovers, ternyata kerontokan bulu pada kucing bisa disebabkan oleh banyak hal. Semoga bermanfaat!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Penyakit Kucing

Katarak Pada Kucing dan Penyebabnya

Tahukah catlovers jika kucing juga bisa terkena katarak? Ya, struktur mata pada kucing hampir mirip pada manusia, termasuk lensa mata. Lensa mata berbentuk seperti piringan kecil yang transparan dan terletak

Penyakit Kucing

Kucing Bisa Memiliki Penyakit yang sama dengan Anjing

Memiliki kucing dan anjing sekaligus sangat mengasyikan tentunya. Tapi ternyata banyak kesamaan penyakit antara kucing dan anjing. Apakah kucing bisa tertular penyakit dari anjing? Atau bisa tertular dari penyakit kamu?

Penyakit Kucing

13 Tips Merawat Kucing Flu

  Kucing adalah salah satu hewan yang rentan terkena penyakit flu, apalagi ketika musim pancaroba tiba. Untuk wilayah tropis seperti di Indonesia,¬†penyakit flu sebenarnya umum ditemui dan bisa dibilang rawan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!