Tangisan Kucing: Ungkapan Emosi atau Sekedar Menjaga Kesehatan Mata
10/12/2016 20036 Views

Tangisan Kucing: Ungkapan Emosi atau Sekedar Menjaga Kesehatan Mata

Pernahkah kamu melihat kucing kamu menangis atau terlihat berlinang air mata? Apakah kucing kamu menangis dikarenakan perasaannya?

Kucing yang sedang "menangis"

Kucing yang sedang “menangis”

Beberapa orang mungkin mengandai-andai apakah kucing meneteskan air matanya ketika sedih. Banyak binatang, termasuk kucing, meneteskan air mata. Pertanyaannya adalah, apakah air mata ini berhubungan dengan emosi atau tidak. Bahkan pada manusia, latar belakang keluarnya air mata masih menjadi misteri. Mengapa kita terus melakukan ini? Terkadang kita menangis dikarenakan rasa sakit, jadi air mata adalah sinyal visual yang diberikan kepada orang lain. Air mata adalah kejujuran, artinya kita tidak dapat dengan mudah pura-pura menangis, well tentunya kecuali jika kamu adalah seorang aktor.

"Beberapa waktu lalu saya menerima surat dari seorang anak kecil yang mengatakan bahwa ketika dia menangis, kucingnya yang bernama Muffy akan ikut memangis. Orang tua anak tersebut tidak mengindahkannya sampai suatu ketika anak tersebut dihukum oleh orang tuanya dan saat orang tua nya masuk ke kamar menemukan dua bantal dan dua wajah yang basah."

Warren Eckstein

Beberapa ahli perilaku kucing pernah mendapatkan testimony dari kliennya yang pernah menyaksikan kucing peliharaannya menangis karena sedih atau simpati, misalnya Warren Eckstein di atas. Walau demikian, karena kucing tidak bisa menceritakan perasaan mereka yang sebenarnya, tentunya ini hanya kepercayaan beberapa orang. Ahli hewan peliharaan belum bisa mengkonfirmasi ini.

calico-250-250 kotak-250x250
warren-eckstein

Warren Eckstein, ahli perilaku hewan peliharaan dari AS

Menurut Margaret H. Bonham dan Caroline Coile, dua orang ahli perilaku kucing dan penulis buku Why Do Cats Bury Their Poop: More Than 200 Feline Facts, Fallacies and Foibles Revealed, kucing menangis bukan disebabkan keadaan emosinya, air mata kucing merupakan reaksi terhadap iritasi mata, alergi dan saluran air mata yang tersumbat, infeksi dan alasan medis lainnya. Pengeluaran air mata adalah refleks untuk menjaga mata dengan mengeluarkan iritan dan membuatnya tetap bersih. Tidak ada bukti kuat yang menunjukkan kucing menangis dikarenakan hal emosional seperti senang, sedih, sakit dan lainnya. Tetapi kucing menunjukannya dengan cara lain. Saat kucing dipisahkan dari temannya, biasanya ditunjukkan dengan tanda depresi seperti kehilangan nafsu makan, lesu, tidak tertarik dengan mainan dan aktivitas yang biasa dilakukan, berkurangnya grooming, menarik diri, menolak menggunakan litter box dan bersuara lebih agresif.

do-cats-cry-ftr

Beberapa kucing memang memiliki bentuk mata yang membuat mereka terlihat sedih.

Walaupun tidak ada bukti akurat yang menunjukkan kucing menangis karenan kondisi emosinya, namun banyak kesaksian yang menunjukkan demikian atau sebagai respon atas kejadian yang membuatnya trauma. Memang ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, tetapi hal ini tidak dapat dikesampingkan. Emosi kucing sangat beragam dan lebih banyak dari yang telah diperkirakan pada beberapa dekade sebelumnya. Namun lagi-lagi para peneliti tidak yakin si mpus mendapatkan manfaat dari menangis karena emosi seperti yang terjadi pada manusia.

Bagaimana dengan kamu catlovers? Apa kamu mempercayai kucing menangis karena kondisi emosinya? Jika kamu juga pernah menyaksikan kucingmu menangis karena dia sedih, share dong ceritanya dengan kami!

 

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

10 Cara Unik Kucing Menunjukkan Cinta Pada Kita

Seperti kita tahu bahwa kucing memiliki reputasi sebagai salah satu hewan yang terkenal penyendiri diantara binatang peliharaan lainnya. Mereka tidak mudah untuk menjadi antusias dan penuh kasih sayang seperti anjing,

Perilaku Kucing

Kenapa Kucing Mengubur Poop-nya Sendiri?

Kucing merupakan hewan peliharaan yang penuh dengan keunikan, dari yang kita ketahui atau bahkan belum kita ketahui. Mungkin beberapa perilaku si kucing yang pada awalnya aneh untuk kita lihat pada

Perilaku Kucing

Suara Kucing dan Apa Artinya

Semua kucing pasti mengeluarkan suara – baik dengan mengeong dan mendengkur hingga menggeram dan mendesis – namun beberapa kucing lebih vokal dibandingkan lainnya. Anak kucing biasanya lebih komunikatif dibandingkan kucing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!