9 Kemampuan Kucing yang Menakjubkan!
15/07/2015 9551 Views

9 Kemampuan Kucing yang Menakjubkan!

Kucing memang hewan yang sangat menggemaskan dan paling dekat dengan manusia. Banyak sekali tingkah laku si kucing yang membuat kita gemas dan terhibur melihatnya. Tetapi apakah anda menyadari bahwa si kucing memiliki kebiasaan sekaligus kemampuan yang menakjubkan? Dalam artikel ini cattery.co.id akan mengulas 9 kemampuan kucing yang menakjubkan dan mungkin anda belum tahu!

1. Indra penciuman yang sangat adaptif

cat's nose
Kucing memiliki lapisan di atap mulut yang disebut organ vomeronasal. Pada dasarnya organ ini memungkinkan mereka untuk merasakan / mencium secara jelas bau disekitar mereka. Jika anda pernah melihat kucing anda membuka mulutnya (seperti menguap pada manusia), bisa jadi si kucing sedang menggunakan organ tadi, respon ini juga disebut Flehmen Response. Selain kemampuan tadi, kucing juga menggunakan hidung mereka untuk mengidentifikasi musuh , pasangan atau wilayahnya.

2. Kumis

calico-250-250 kotak-250x250

cat's whiskers
Kumis kucing merupukan bulu / rambut dengan karakteristik tertebal yang ada pada kucing. Kumis si kucing-pun memiliki akar lebih dalam daripada bulu / rambut lain yang ada pada kucing. Kemampuan utama dari kumis ini adalah memberikan informasi sensorik melalui getaran / gerakan / perubahan aliran udara yang ada di sekitarnya dengan cepat kepada si kucing tanpa si kucing harus menyentuh objeknya terlebih dahulu. Kumis pada kucing pun sangat berguna untuk mendeteksi mangsa hingga sebagai sensor terhadap si kucing untuk mendeteksi besar kecilnya satu ruangan sehingga mereaka bisa tahu apakah mereka dapat masuk ke satu ruangan tersebut atau tidak.

3. Kaki yang super cepat

cat's feet
Beberapa gen kucing bisa mencapai kecepatan sekitar 30 mil per jam (dalam jarak tempuh yang pendek) . Tetapi semua jenis kucing pasti memiliki 4 kaki yang sangat cepat. Anda mungkin pernah merasa aneh melihat kucing anda  menyimpuhkan kakinya  dan bagian bokongnya seperti bergoyang. Tetapi Ini adalah kuda-kuda si kucing untuk melompat dan menerkam mangsanya. Si kucing pun telah mengukur tinggi rendahnya lompatan, jauhnya lompatan hingga  dimana ia akan mendarat dari lompatannya secara akurat disaat yang bersamaan dari kuda-kuda yang  telah mereka lakukan.

4. Ekor = Penyeimbang

cat's tail
Selain sebagai penanda suasana hati si kucing. Ekor kucing juga berguna sebagai penyeimbang si kucing disaat memanjat pohon atau disaat si kucing sedang duduk tegap dibagian kepala sofa kita. Ekor ini pun sangat berguna pada waktu mereka membuat tikungan tajam disaat sedang mengejar tikus atau mangsanya.

5. Pendengaran yang sangat luar biasa!

cat's ears
Disaat kita tidak dapat mendengar tikus yang sedang mengendap-endap di dapur atau gudang, si kucing dapat langsung mendeteksi dimana tepatnya tikus tersebut. Hal ini dikarenakan kucing memiliki pendengaran 5 kali lebih tajam daripada manusia.

6. Penglihatan yang sangat tajam (pada objek bergerak di kejauhan)

cat's eyes
Anda pasti sering melihat kucing anda tidak melihat mangkuk air yang ada dibawah dagunya hingga cakarnya tercelup ke mangkuk tersebut. Hal ini disebabkan kucing sangat sulit memfokuskan pandangan terhadap objek yang sangat dekat. Tetapi, jika dihadapkan dengan objek yang bergerak di kejauhan, si kucing dapat melihat secara jelas apa objek tersebut bahkan disaat objeknya dan si kucing sama-sama berlari.

7. Lidah yang kasar

cat's tongue
Disaat anda sedang mengelus leher si kucing, terkadang si kucing menjilat tangan anda. Anda pasti merasakan tekstur lidah kucing yang tajam dan kasar. Tetapi jangan khawatir, ini bukan kelainan atau penyakit, melainkan memang tekstur lidah kucing seperti itu agar menjadi “sisir” disaat kucing sedang self-grooming, kegiatan self-grooming ini pun dapat membantu si kucing disaat mereka gelisah, takut atau tidak nyaman dengan sekitarnya.

8. Tubuh yang fleksibel

cat's flexibility
Lidah kucing yang berfungsi sebagai “sisir” disaat si kucing menjilati tubuhnya tidak akan berguna apabila tubuh si kucing tidak fleksibel. Tubuh kucing sangatlah fleksibel sehingga mereka dapat melewati celah yang sempit sekalipun dengan berbagai manuver. Bahkan hewan lain pun tidak ada yang se-fleksibel kucing.

9. Cakar yang kuat!

cat's paws
Lapisan terluar dari bantalan yang ada pada cakar kucing merupakan lapisan kulit tertebal dari bagian kulit manapun yang terdapat pada si kucing. Bantalan belakang yang ada pada kaki depan kucing berfungsi sebagai rem setelah kucing melompat kedepan dan kedua bantalan besar yang ada pada kaki belakang kucing berfungsi sebagai landasan agar tulang bagian belakang  tetap aman disaat menderat dari melompat tinggi.

Bagaimana? Menakjubkan bukan? Beberapa tingkah laku si kucing yang kadang kita lihat membingungkan ternyata memiliki fungsinya masing-masing. Coba terus perhatikan si kucing, mungkin akan ada kebiasaan baru yang akan mereka lakukan didekat catlovers!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kucing di Dalam Kehidupan Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris Semasa Perang Dunia 2

Kucing memang sudah berada sejak dulu ya catlovers, bahkan mereka telah ada sebelum generasi kita sekarang terlahir ke dunia. Lalu, apakah dapat dikatakan bahwa kucing juga merupakan saksi dari sejarah

Dunia Kucing

Berendam Air Hangat

Siapa diantara catlovers yang paling susah ketika memandikan si kucing? Secara naluri, hampir semua kucing selalu menghindari air. Namun berbeda dengan kucing di video ini, ia justru senang berendam air

Dunia Kucing

10 Alasan Mengapa Crazy Cat Lady Layak Dijadikan Kekasih

Sebagian catlovers pasti sudah tahu istilah “crazy cat lady”, namun bagi yang belum tahu, cattery.co.id akan memberi tahu. Secara umum, crazy cat lady adalah sebuah kiasan bagi wanita yang sangat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!