9 Fakta Ajaib Tentang Jilatan Kucing
11/07/2015 12420 Views

9 Fakta Ajaib Tentang Jilatan Kucing

Kucing secara naluri akan banyak menghabiskan waktu untuk membersihkan dirinya. Mereka secara rutin akan menyikat dan menyisir bulunya sendiri untuk melepaskan bulu-bulu mati yang akan berakibat gimbal dan juga membersihkan kulitnya dari bakteri dan parasit. Ada beberapa alasan dan fakta menarik mengapa kucing melakukan hal tersebut, diantaranya:

1. Kucing merawat sendiri bulunya untuk menjaga dari infeksi, tampak bersih, dan merangsang sirkulasi darah namun selain itu juga untuk mengatur temperatur badan.

2. Karena bulu tebalnya, apalagi Kucing Persia , kelenjar kucing tidak se-efektif milik manusia. Dalam cuaca yang panas atau setelah aktivitas yang berat, seekor kucing tidak dapat melepaskan cukup banyak panas,

3. Dengan menjilatkan air ludah ke bulunya, akan membantu membuat badan kucing sejuk. Menjilat bulu juga merangsang kelenjar lemak kulit.

calico-250-250 kotak-250x250

4. Kelenjar ini mengeluarkan cairan berminyak yang membantu bulu kucing kedap air. Cairan tersebut juga mengandung sedikit vitamin D, yang kemudian dapat ditelan oleh kucing. Jadi, selain vitamin D didapat dari menjemur kucing di bawah sinar matahari, juga didapat dari menjilat.

fotolia_1629868_XS

5. Kucing akan meng-grooming dirinya dengan urutan yang sama. Hal ini berlaku untuk semua jenis kucing, termasuk kucing persia, kucing exotic, kucing maine coon, kucing anggora, kucing sphynx, kucing bengal dan lain-lain.

Pertama dia akan menjilat bibir dan cakarnya untuk kemudian menggunakan cakarnya yang basah untuk membersihkan bagian kepalanya. Saliva atau air liur-nya akan menghilangkan bau yang berasal dari makanan dan menjadikan dirinya “tidak berbau” untuk menghindari musuh yang mendeteksi melalui bau.

6. Tahap selanjutnya, kucing akan menggunakan lidahnya yang kasar untuk meng-grooming kaki depannya, pundak dan sisi-sisinya.

7. Lidah kucing ditutupi oleh banyak sekali kait-kait yang kecil yang berfungsi untuk mengangkat bulu-bulu mati dan kusut

8. Tulang belakang kucing yang fleksibel membuat kucing dapat menjangkau bagian anusnya, kaki belakang dan juga ekor. Lalu kucing akan menggunakan cakar belakangnya untuk menggaruk kepalanya.

9. Beberapa kucing yang tumbuh besar secara bersamaan kadangkala saling menjilat dan membantu grooming satu sama lain, hal ini dilakukan untuk membangun ikatan yang kuat diantara mereka. Bahkan menjilat majikannya terkadang dilakukan juga oleh kucing-kucing.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Mitos Kucing: Kucing adalah Hewan Penyendiri, Acuh Tak Acuh dan Independen

Sejak dahulu kucing dikenal sebagai hewan penyendiri dan independen. Tapi benarkah kucing seperti itu? Pam Johnson-Bennett, seorang cat behaviorist, salah satu orang yang berusaha meneliti perilaku kucing sejak 1982. Pada

Dunia Kucing

10 Cara si Kucing ‘bermain’ dengan Kardus Kesayangannya!

Hallo catlovers! Tidak bosan-bosannya kami mengharapkan seluruh catlovers dan juga seluruh kucing peliharaan di rumah dalam keadaan sehat dan selalu bahagia. Nah, pasti catlovers selalu mengusahakan yang terbaik agar terus

Dunia Kucing

Ternyata Tidur Bersama si Kucing Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Kita!

Hallo catlovers! Apa kabar catlovers dan si kucing hari ini? Pasti selalu baik dan tetap bersemangat bukan? Tapi sebesar apapun semangat kita, jangan pernah kita melupakan satu hal penting yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!