9 Cara Mengurangi Stres Pada Kucing
21/07/2015 14088 Views

9 Cara Mengurangi Stres Pada Kucing

Pada artikel sebelumnya cattery.co.id pernah membahas 10 Tanda Kucing sedang Stres. Jika ternyata kucing catlovers terkena stres, lalu apa yang harus dilakukan? Kali ini cattery.co.id akan membahas cara mengurangi stres pada kucing. Berikut beberapa cara yang akan membantu mengurangi stres pada kucing.

cat-and-vet1. Bawa ke dokter hewan
Salah satu cara yang paling baik adalah periksakan kucing catlovers pada dokter hewan. Banyak gejala stres pada kucing disebabkan oleh penyakit fisik yang dialami oleh kucing. Kita harus tahu apakah kucing kita sedang sakit atau kah sedang stres.

clipping-claws-cat-shutterstock_120465385

2. Potong cakar kucing yang sudah panjang
Terkadang penyebab stres pada kucing memiliki penyelesaian yang simpel, seperti cakar yang tumbuh terlalu panjang sehingga mengenai bantalan kakinya. (lihat Cakar Kucing: Bentuk dan Fungsi)

calico-250-250 kotak-250x250

cat_fleadirt_300ppi_Flea_and_Tick

3. Periksalah apakah terdapat kutu
Gigitan kuku dapat membuat kulit kucing menjadi gatal dan iritasi. Biasanya kucing yang terkena kutu, kemungkinan besar ia akan terkena cacing juga. (lihat 10 Tanda Kucing Terkena Kutu). Catlovers harus selalu berhati-hati agar si kucing jangan sampai terkena kutu. Jika sudah terkena kutu, maka segera sembuhkan. (lihat Konsultasi Vet: Bagaimana cara menyembuhkan kutu pada kucing?)

NYE-Fireworks

4. Kecilkan Sumber Suara yang Berisik
Kucing memiliki pendengaran yang sensitif yang dapat terganggu oleh suara yang berisik, seperti suara musik yang kencang, dan suara televisi yang keras, atau sumber kebisingan lainnya. Selalu buat nyaman si kucing yang takut dengan suara keras di luar rumah, terutama dari suara petasan atau petir. Bawa si kucing ke dalam ruangan yang tertutup dengan tirai, nyalakan TV atau radio dengan suara rendah, serta sediakan tempat dimana kucing bisa bersembunyi dengan nyaman.

safnasf

5. Cobalah untuk Menjaga Suasana yang Damai di Rumah
Suasana yang damai tidak hanya berguna bagi kucing, namun juga bagi kita sebagai manusia. Kucing sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan mereka. Cobalah memberikan suasanya setenang mungkin. Jangan sering berdebat dan berteriak dengan anggota keluarga di rumah, karena selain kucing bisa menjadi stres, kita juga akan menjadi stres.

Marnip

6. Coba Berikan Catnip
Catnip bisa membantu kucing menjadi rileks. Setelah mencium bau catnip, biasanya kucing akan berguling-guling. Dengan menggunakan cakarnya, kucing akan bermain dengan mainan catnip, mengendus, menjilatnya dan mengunyahnya. (Lihat: Kucing dan Catnip Ajaib)

fdsa

7. Ajaklah kucing untuk bermain
Permainan dapat membuat kucing menjadi senang sekaligus bisa membakar energinya. Permainan dapat membantu stimulasi mentalnya, khususnya bagi kucing indoor. Dengan membuat kucing menjadi lelah dapat membantu melepas kegugupan dan melepaskan hormon stresnya.

Cat-Fish-Tank-Fish-70446208653

8. Berikan Kucing Hiburan Lainnya
Coba berikan makanan burung di luar, agar burung-burung bisa datang dan kucing akan mendapatkan hiburan dengan memperhatikan burung-burung tersebut. Atau catlovers bisa membeli aquarium sehingga kucing dapat menonton ikan yang sedang berenang.

CatsCompeting_CharlesBriscoe-Knight2122x1415

9. Kurangi Persaingan Beberapa Kucing dalam Rumah
Jika catlovers memiliki lebih dari satu kucing di rumah, mereka akan bersaing untuk mendapatkan makanan, air, toilet dan perhatian. Tekanan akibat persaingan ini dapat membuat beberapa kucing menjadi stres. Untuk mengurangi stres, pastikan bahwa setiap kucing mendapatkan kebutuhannya masing-masing. Misalnya seperti sediakan satu litter box per kucing, ditambah dengan satu cadangan, ini berguna untuk mengurangi persaingan. Selain itu, tempatkan beberapa mangkuk makanan di sekitar rumah, sehingga tidak ada satu kucing yang bisa memonopoli makanan setiap saat.

Itu beberapa tips mengurangi stres pada kucing. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan catlovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Cara Mengatasi Kucing yang Hobi Menggaruk Perabotan Rumah

Garuk sana, garuk sini Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ke Cattery.co.id adalah dari para pemilik kucing yang marah perihal cakar kucing yang merusak benda-benda dirumah. Mungkin dalam pikiran

Perilaku Kucing

15 Alasan Mengapa Kita Mencintai dan Menertawakan Kucing

Dunia kita akan terasa lebih menyenangkan apabila terdapat didalamnya individu-individu yang memiliki banyak akal. Mereka membuat kita tertawa dan merasa santai. Mungkin itu sebabnya kita sangat mencintai kucing kita. Tingkah

Perilaku Kucing

Sikap Agresif Diantara Kucing

Sulit bagi kita untuk memperkirakan sebarapa baik sikap toleran diantara kucing dalam satu kelompok. Beberapa kucing ada yang tidak bersikap teritorial dan tidak memiliki masalah menyesuaikan diri dengan berbagi rumah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!