8 Tips Memandikan Kucing Persia Untuk Pemula
03/07/2015 6712 Views

8 Tips Memandikan Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia merupakan kucing favorit bagi kebanyakan pecinta kucing. Hal ini dikarenakan temprament nya yang cenderung tenang dan manja, serta bulu panjangnya yang sangat indah. Kunci dari keindahan bulu persia salah satunya terletak dari proses memandikannya. Pada kali ini ibu Mita dari Prabu Cattery akan memberikan tips memandikan kucing persia untuk pemula. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dalam memandikan kucing persia. Berikut ini diantaranya.

Sediakan sink sebagai tempat mandi kucing persia
Sink biasa kita kenal sebagai tempat mencuci piring. Penggunaan sink sangat memudahkan dalam proses memandikan kucing. Area tubuh kucing dapat kita jangkau seluruhnya, kucing pun dapat berendam di dalam nya, dan yang lebih penting, manfaat untuk kita yang memandikan, posisi berdiri akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan nyaman. Hal ini dibutuhkan karena memandikan kucing yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Gunakan Goop
Untuk area tubuh kucing yang sangat kotor atau berminyak (contoh : buntut, dagu, belakang telinga), penggunaan goop sangat memudahkan proses pengangkatan kotoran. Gunakan goop ketika bulu kucing masih dalam kondisi kering.

Basahi seluruh badan kucing
Basahi seluruh badan kucing deng an air menggunakan gayung atau shower. Gunakan air hangat untuk membuat kucing lebih nyaman dan tidak kedinginan.

calico-250-250 kotak-250x250

goodie-cat-persian-bath-wet-angry

Jangan menuangkan shampo langsung ke badan kucing
Shampo untuk kucing biasanya bersifat konsentrat, penggunaannya harus dilarutkan dengan air. Campurkan shampo dengan air, dan kocok sehingga menghasilkan busa yang dapat digunakan untuk menyabuni seluruh badan kucing. Hal ini akan memudahkan proses pembilasan.

Bilas tubuh kucing dengan air yang banyak
Lakukan pembilasan badan kucing dengan air bersih berkali kali. Shampo yang tertinggal dapat memicu tumbuhnya jamur. Proses pembilasan yang kurang kurang maksimal akan membuat kucing terlihat lebih cepat berminyak kembali bulunya.

Lap badan kucing yang basah
Gunakan pet towel / kanebo / handuk ketika mengeringkan badan kucing yang basah. Selimuti badan kucing dengan pet towel / handuk keika dibawa ke area pengeringan.

Keringkan badan kucing
pengeringan bulu kucing yang basah dapat menggunakan blower / hair dryer. Pemakaian blower dinilai lebih efektif karena lebih cepat dan membuat bulu lebih mengembang. Jangan pernah menyisahkan bulu yang masih basah atau lembab dalam proses pengeringan. Pastikan bulu di seluruh tubuh kucing harus dalam keadaan kering maksimal.

downldoad-41

Sisir bulu kucing
Untuk mempercantik tampilan kucing, dan menghilangkan bulu kusut, penyisiran dapat dilakukan setelah bulu kucing dalam kondisi benar benar kering.

Setelah semua proses memandikan selesai dilakukan, kita dapat melihat perbedaannya. Kucing persia membutuhkan mandi minimal seminggu sekali karena kondisi bulu nya yang panjang, sehingga lebih cenderung cepat berminyak dan terlihat lepek. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi catlovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Sudah Benarkah Cara Catlovers Menyayangi Kucingnya? Ini 9 Tips-nya!

Pasti semua catlovers sangat menyayangi kucingnya, kita pasti akan sering menghabiskan waktu untuk bermain serta merawatnya. Namun sayangnya ketika mengadopsi kucing, kita tidak diberikan buku panduan cara menyayangi si kucing.

Cara Merawat Kucing

Kebiasaan Buruk si Kucing dan Cara Menghentikannya

Kucing pada dasarnya adalah hewan peliharaan yang sangat setia dan akan selalu loyal kepada kita selama kita juga memberikan rasa sayang yang tulus kepada mereka. Suara dengkuran mereka juga tentu

Cara Merawat Kucing

Bagaimana Cara Mengangkat Kucing dengan Benar?

Kucing harus diajarkan untuk ditangani sejak kecil agar terbiasa dengan kita. Penanganan kucing seperti mengangkatnya, memotong kuku, dan juga memeriksa telinga dan mulut. Tidak bisa dihindari bahwa catlovers pasti akan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!