8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin
13/08/2015 27316 Views

8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang sering melakukan self-grooming. Kucing seringkali menggunakan kakinya untuk menjangkau bagian yang tidak bisa dicapai langsung oleh lidahnya. Mereka akan menjilat kakinya, lalu segera menggunakan kakinya yang masih basah tersebut untuk grooming bagian kepala dan telingannya. Pasti catlovers sering menonton bagaimana kucing melakukan self-grooming dengan cermat menjilati tubuhnya.

Apakah kita perlu grooming kucing kita? Bukankah kucing bisa merawat tubuhnya sendiri tanpa bantuan manusia?

Sampai batas tertentu, kucing memang bisa mengurus dirinya sendiri, namun kita sebagai pemiliknya tentu harus ikut serta dalam merawat kucing kita. Perawatan rutin yang dibutuhkan kucing bukan hanya soal menyisir bulunya saja, namun juga memotong kukunya, membersihkan mata dan telinga, bahkan juga giginya. Yang menarik adalah ada alasan khusus mengapa kita harus grooming kucing kita secara rutin lho, Cattery.co.id akan mencoba membahasnya untuk para catlovers.

bgProdCatGrooming1-1300x900

calico-250-250 kotak-250x250

1. Membiasakan Kucing Agar Terbiasa Disentuh dan Ditangani oleh Kita
Prosedur grooming membuat kita sering melakukan kontak fisik dengan si kucing. Mulai dari menyikat dan menyisir bulunya, memotong kukunya hingga membersihkan telinga kucing tentu membutuhkan kontak fisik yang intensif. Seringnya kontak ini akan membuat kucing menjadi jinak pada kita, serta membantu kita ketika menangani atau mengobati kucing di daerah sensitif yang akan menjadi sangat sulit dilakukan jika si kucing tidak mempercayai kita.

CatGrooming

2. Memeriksa Kucing Kita jika Terjadi Perubahan atau Kelainan
Grooming dapat memberikan kita kesempatan untuk melihat si kucing dari jarak dekat. Hal ini memudahkan kita untuk melihat jika terjadi perubahan pada si kucing, seperti dari bulu, gigi dan gusi, kotoran di telinga, dan munculnya benjolan atau pembengkakan pada tubuh kucing. Deteksi dini bisa menjadi kunci dalam melakukan tindakan preventif penyakit kanker dan kondisi medis lainnya.

487704631CatLove-Getty--Lewis-Mulatero

3. Meningkatkan Hubungan antara Kucing dan Pemiliknya
Salah satu pengalaman paling awal yang dialami anak kucing adalah dijilat oleh sang induknya, sesaat setelah dilahirkan. Oleh karena itu, kucing kucing seringkali menjilat satu sama lain sebagai bentuk kasih sayang dan memperkuat ikatan sosial. Beberapa kucing bahkan akan menjilat balik ketika kita sedang mengelus-elus si kucing, bahkan beberapa kucing akan menjilat rambut orang yang disayanginya. Sama seperti ketika kita sedang grooming bulu kucing kita, itu akan meningkatkan hubungan dan kepercayaan dengan si kucing.

cat-shedding

4, Mencegah Bulu yang Rontok Bertebaran di Rumah Kita
Kucing memang bisa melakukan grooming sendiri, namun kita dapat meminimalkan jumlah bulu yang rontok bertebaran di rumah kita. Kita dapat menyisir bulunya dengan menggunakan sikat atau sisir yang bagus. Hal ini penting ketika si kucing sedang dalam masa perontokan bulu.

fdasdfsd

5. Mengurangi Terjadinya Hairballs Pada Kucing
Beberapa kucing memiliki masalah dengan hairballs, terutama pada kucing longhair. Dengan grooming kucing rutin akan membantu membuang bulu-bulu yang sudah lepas, sehingga bulu tersebut tidak termakan oleh si kucing.

maverick2_2180666b

6. Kucing Berkebutuhan Khusus Memerlukan Perawatan dan Perhatian Khusus
Kucing yang lumpuh, atau kucing yang memilikih masalah motorik, mungkin akan mengandalkan manusia dalam melakukan perawatan agar mereka tetap berada dalam kondisi yang optimal. Beberapa kucing yang gemuk dan senior mungkin akan memerlukan bantuan kita dalam melakukan grooming.

mink-bi-color-sphynx-facts1

7. Jenis Kucing Khusus dengan Kebutuhan Khusus
Beberapa jenis kucing memiliki kebutuhan yang berbeda, misalnya jenis kucing longhair tentu memerlukan penyisiran bulunya lebih sering dibandingkan dengan jenis kucing shorthair. Kucing persia dan kucing exotic juga sering memerlukan bantuan manusia untuk menjaga mata mereka tetap bersih. Sedangkan kucing yang hampir tidak memiliki bulu, seperti kucing sphynx tentu tidak perlu disisir, namun harus selalu di-sponge secara rutin. Oleh karena itu, selalu pelajari jenis kucing dan perawatan spesifik ya catlovers jika ingin memelihara jenis kucing tertentu.

clipping-claws-cat-shutterstock_120465385

8. Perawatan Cakar dan Gigi
Kucing yang terbiasa hidup indoor biasanya memerlukan perawatan khusus pada cakar dan giginya. Jika di alam liar, kuku kucing biasanya akan terbiasa dipakai untuk menangkap mangsa, sehingga akan terjaga tetap pendek. Berbeda dengan kucing indoor yang biasanya jarang menggunakan cakarnya, sehingga kita harus memotongnya agar tetap pendek. Selain itu, gigi kucing biasanya akan bertambah plaknya, kecuali kita bersihkan. Membuat cakar kucing kita tetap pendek akan menghindari insiden yang membahayakan kita dan si kucing, seperti tercakar dan rusaknya furnitur rumah kita.

Itu lah 7 alasan penting mengapa catlovers harus grooming kucing secara rutin. Catlovers tentu tidak mau bukan jika si kucing tidak menyukai kita karena tidak pernah grooming kucing? Selalu jaga kebersihan si kucing ya catlovers, kucing yang terawat tentu akan sayang pada pemiliknya dan memiliki umur yang panjang.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya

Sebagai catlovers pastinya kita hanya ingin yang terbaik untuk si kucing. Tidak ada satupun dari kita yang ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata kadang

Cara Merawat Kucing

Menghindari Bencana Saat Hari Raya Bagi Pemilik Kucing

Ketika kita heboh menyambut hari raya lebaran, Natal, tahun baru, Nyepi, Waisak, kemerdekaan RI, Imlek, atau lainnya, kucing kita belum tentu merasakan hal yang sama. Bahkan beberapa cara kamu merayakannya bisa menyebabkan kucingmu

Pemula

Kucing di Usia Golden Age, Ini yang Harus Anda Lakukan

Usia ini adalah waktu terbaik untuk perkembangan fisik dan karakter kucing lho. Mungkin belum banyak keterangan tentang golden age untuk kucing, nah kali ini cattery.co.id mau berbagi pengalaman dari pemilik situs prabucattery.com (Mita Prabu) mengenai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!