7 Tips Perawatan Grooming untuk Anak Kucing (Kitten)
29/08/2016 14671 Views

7 Tips Perawatan Grooming untuk Anak Kucing (Kitten)

Siapa yang tidak gemas ketika melihat anak kucing, atau biasa disebut kitten. Kitten yang sehat dicirikan dengan tingkahnya yang aktif dan senang bermain. Sebanding dengan usianya yang masih kecil, kitten rentan sekali untuk kotor dan berjamur.

Proses mendandani, merapikan dan memandikan kucing kita kenal dengan sebutan grooming. Tidak ada larangan untuk grooming kitten kalian. Malah, grooming kitten sangat menyenangkan, penting dan merupakan cara yang tepat untuk menjalin ikatan kita dengan kucing kesayangan.

Akan tetapi karena usianya yang masih kecil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses grooming nya, antara lain

1. Grooming sebagai kegiatan yang menyenangkan

calico-250-250 kotak-250x250

kitten-grooming-with-brush

Jangan takuti kitten kalian, karena akan meninggalkan trauma. Mulailah grooming dengan permainan sebagai awalannya. Gunakanlah suara yang lembut sambil sesekali diberi usapan.

2. Bersihkan telinga

kuping bersih
kuping harus secara rutin dibersihkan. Kitten mudah sekali terkena earmite. perhatikan agar tidak terlalu dalam ketika membersihkan telinga, gunakan tisu basah dan cotton bud untuk membantu membersihkan kuping.

3. Bersihkan area mata

mata
kebersihan mata harus dijaga setiap hari. Gunakan cairan pembersih mata seperti y-rins atau merek lain yang diformulasikan khusus untuk menjaga kebersihan mata. Media kapas yang lembut ideal untuk membersihkan mata kitten. Bersihkan mata kiri dan kanan secara terpisah untuk mencegah kontaminasi penyakit mata.

4. Cek kesehatan gigi

gigig
Gigi kitten akan mengalami pergantian dari gigi susu menjadi gigi dewasa pada kisaran usia 5 atau 6 bulan. Latih-lah kitten agar terbiasa dibersihkan giginya. Menyikat gigi kitten dapat memakai “finger brush” atau sikat gigi kecil yang lembut. Pasta gigi khusus untuk kucing juga banyak tersedia di petshop. Hal ini dilakukan untuk mencegah terbentuknya karang gigi pada kucing.

5. Periksa kuku nya

KUKU
kucing secara alami akan meregenerasi kuku nya dalam periode 6 minggu. proses ini biasanya dilakukan dengan bantuan media tempat dia mencakar cakar. Apabila kita memutuskan kitten yang kita miliki untuk menjadi kucing indoor maka proses ini harus dibantu oleh kita dengan cara memotong kukunya secara berkala.

6. Sisir dan urai bulu kusutnya

SISIR
kitten biasanya sangat suka bermain di air dan bersembunyi di sudut sudut ruangan. Hal ini bisa mengakibatkan kusut pada bulunya. Sisirlah secara perlahan, jika ditemukan bulu kusut, urai dengan bantuan sisir dan tangan kita.

7. Mandikan kitten

MANDI
kitten dan noda (stain) bagai sahabat akrab. Mandikanlah kitten jika kotor, untuk menghindari stain semakin tebal (biasanya bewarna kuning hingga kecoklatan). Ketika proses memandikan, jaga supaya kitten tetap dalam kondisi hangat. Gunakanlah shampo yang berkualitas baik agar bulu kitten berkilau. Jika telah selesai memandikan segera keringkan dengan pet towel dan pet blower yang bersuhu hangat.

Itulah 7 tips grooming untuk kitten, selamat mencoba ya. Jika proses nya kita kerjakan dengan baik, pasti kita akan mendapatkan kitten yang sehat, bersih dan semakin lucu menggemaskan. Siap dicoba?

^MJ

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Bahan-bahan Rumah Tangga yang Membahayakan si Kucing!

Kucing adalah hewan yang sering menjelajahi lingkungannya, terutama teritorialnya. Kita pasti sering melihat si kucing berkeliling di rumah dan selalu saja berusaha untuk menemukan dan mencoba hal baru yang ada

Cara Merawat Kucing

5 Hal yang Mungkin Membuat Kucing Stres Tanpa Kita Sadari

Banyak orang yang seringkali tidak menyadari dampak tindakan mereka terhadap hewan peliharaanya, entah tindakan baik atau buruk. Cattery.co.id yakin bahwa sebagian catlovers tidak sengaja membuat kucingnya menjadi cemas atau stres.

Cara Merawat Kucing

Pada Usia Berapakah si Kucing Seharusnya di Sterilisasi? Adakah Pengaruhnya?

Kucing yang terlantar di jalanan memang banyak sekali jumlahnya ya catlovers. Kita setiap kali melihat kucing yang terlantar dijalan pasti seringkali terbersit untuk menampung mereka dirumah. Namun pastinya banyak sekali

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!