7 Persiapan Wajib Sebelum Memutuskan Adopsi Kucing
25/07/2015 15623 Views

7 Persiapan Wajib Sebelum Memutuskan Adopsi Kucing

Mungkin sebagian diantara kita sudah lama memelihara kucing. Namun tidak sedikit catlovers yang baru ingin memulai adopsi kucing. Ada beberapa faktor penting yang patut kita perhatikan sebelum terburu-buru mulai mengadopsi karena mereka kucing lucu, atau kita akan menyesalinya kemudian hari. Mengadopsi kucing tidak sama dengan beli mobil bekas yang bisa kita jual lagi jika tidak cocok dan sudah bosan. Kucing adalah makhluk hidup yang memiliki perasaan, kita tidak bisa jual kucing sembarang ke orang lain. Adopsi kucing ibarat kita mengadopsi bayi. Mereka memiliki kebutuhan yang harus kita penuhi. Berikut catery.co.id akan berikan beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan bagi catlovers sebelum mengadopsi kucing.

1. Mampukah Kita Merawat Kucing?

bfdcdc91b3dad747f0f50447f6951175_1272399969

“Kucing adalah hewan mandiri dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk merawatnya”, mungkin catlovers pernah mendengar kata-kata tersebut. Salah besar! Pada kenyataannya kucing tidak semandiri yang kita bayangkan. Sejak pertama kali didomestikasi oleh manusia ratusan tahun lalu, manusia sudah mengambil tanggung jawab untuk merawat mereka.Ya benar, ada juga kucing-kucing liar yang hidup di jalanan dan gang-gang sempit, tetapi mereka hidup kesulitan dan tidak terjamin kesehatannya.

calico-250-250 kotak-250x250

Cara merawat kucing bervariasi tingkat kesulitannya, apalagi kucing longhair seperti kucing persia dan kucing anggora. Oleh karena itu pertimbangkan juga jenis bulu kucing yang ingin diadopsi. Selain itu pertimbangkan juga biaya perawatan kucing seperti pakan kucing yang bagus, mainan kucing, dan kunjungan ke dokter hewan, untuk pemeriksaan rutin, vaksin, juga termasuk ketika kucing kita kecelakaan atau terkena penyakit. Setelah kita memiliki biayanya, kita juga harus memperhatikan apakah kita memiliki waktu untuk merawat kucing. (lihat: 9 Cara Mudah Merawat Kucing Persia Untuk Pemula)

2. Apakah Ada Anak atau Saudara Kita yang Masih Terlalu Kecil?

kidkitten_w800_h600_fit
Anak kecil biasanya akan mencintai anak kucing, namun jika kita mengadopsi kucing yang masih terlalu kecil, justru dapat menimbulkan masalah. Entah apakah anak kucing tersebut akan mati karena si anak tersebut salah dalam menangani kucing atau si anak akan mendapat gigitan atau cakaran dari kucing. Pilihan alternatifnya adalah pilih lah kucing dewasa dan jenis kucing yang cocok dengan anak kecil (lihat: 8 Jenis Kucing Terbaik Untuk Dipelihara Anak-Anak). Yang pasti ajarkan anak tersebut bagaimana cara merawat kucing dengan baik.

3. Dapatkah Kita Dapat Mengatasi Potensi Kerusakan Furnitur-furnitur Kita yang Berharga?

Best-Scratching-Posts-Cats

Apakah kita memiliki furnitur dan karpet yang sangat berharga dan penting? Bagaimana jika kucing muntah di karpet atau menggaruk-garuk di kursi mahal kita?

Yups, tidak bisa dihindari jika kucing butuh untuk latihan mencakar. Selalu sediakan scratching post (lihat Cara Memilih Scratching Post & Cat Trees) dan gunting kuku cakar si kucing secara rutin, karena cakar kucing yang panjang juga bisa menyebabkan kucing menjadi stres. (lihat: 9 Cara Mengurangi Stres Pada Kucing)

4. Dapatkah Kita Mengamputasi Cakar Kucing (Declaw) Saja, Jadi Kita Tidak Akan Takut Furnitur Kita Rusak dan Terhindar dari Cakaran Kucing?

declawing-cats

Jawabannya adalah TIDAK! Cakar kucing adalah alat yang sangat penting bagi kucing. (lihat: Cakar Kucing: Bentuk dan Fungsi). Cakar sangat penting bagi kucing untuk berlatih, keseimbangan, memanjat dan sebagai alat pertahanan. Declawing adalah operasi pengangkatan kuku jari tiap jari kaki kucing. Entah dilakukan menggunakan guillotine atau dengan laser, hal itu sangat menyakitkan bagi kucing dan tidak manusiawi. Kita mungkin akan menemukan kucing-kucing yang sudah diamputasi (declawing) di shelter atau petshop, efek dari declawing biasanya si kucing akan menggigit atau sering melakukan spraying.

5. Apakah Kita Memiliki Waktu untuk Menjadi Keluarga Bagi Si Kucing?

grooming-supplies-1

Bertentangan dengan pendapat umum, kucing adalah hewan sosial dan senang mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Jika semua berjalan baik, kita dengan si kucing akan membentuk ikatan abadi sepanjang hayat. Namun jika kita gagal, kucing yang kesepian dan tidak terawat biasanya akan menjadi galak dan merusak. Selalu luangkan sedikit waktu setiap hari hanya untuk sekedar mengelus-elusnya atau bermain dengannya. (lihat: 7 Alasan Mengapa Catlovers Harus Sering Bermain dengan si Kucing)

6. Seberapa Penting kah Kita ke Dokter Hewan?

cat-and-vet
Jika kita akan mendapatkan anggota keluar baru (dan ini adalah cara pandang kita dalam mengadopsi kucing), tentu ia akan membutuhkan perawatan kesehatan yang tentu membutuhkan biaya. Kita tentu saja tidak akan mengabaikan kesehatan anak-anak kita. Ia mungkin membutuhkan pemeriksaan rutin seperti vaksin, pemberian obat cacing, dan sebagainya.

7. Apakah Tempat Tinggal Kita Cukup Besar Bagi Si Kucing?

cat-looking-out-window-istock-000002303803xsmalljpg-a5ea73c220050d88
Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para catlovers yang ingin memelihara kucing. Jawabannya adalah mudah, tentu saja kucing bisa hidup nyaman bahkan di dalam apartemen ukuran studio. Asalkan kita bisa memberikan segala barang yang dibutuhkan kucing. Apa saja peralatan yang dibutuhkan kucing? (lihat: Membawa Kucing ke Rumah)

Itu lah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan catlovers ketika ingin memelihara kucing. Artikel ini dibuat bukan untuk menyulitkan catlovers yang ingin mulai memelihara kucing, namun karena kami sangat sayang pada kucing dan catlovers semua, sehingga tidak ada yang kesalahpahaman antara si kucing dan catlovers sebagai pemiliknya.Semoga artikel ini bermanfaat bagi para catlovers pemula yang ingin memulai hidup bersama kucing. Selalu sayangi kucing ya catlovers semua!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pemula

Membawa Kucing ke Rumah

  Saat membawa kucing ke rumah adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita, namun hal tersebut dapat menjadi saat yang menakutkan bagi kucing untuk beradaptasi. Kucing akan menghadapi suasana, suara

Pemula

Bagaimana Caranya Agar Kucing Kita Berteman Satu Sama Lain?

Kucing. Mamalia menggemaskan berkaki empat dan berbulu ini memang tidak mungkin membuat kita bosan bermain dengannya atau sekedar memandangnya. Manja-nya si kucing tentu menjadi salah satu alasan mengapa kita tidak

Pemula

Cara Memilih Kucing yang Sehat

Setiap pecinta kucing tentu ingin memiliki kucing yang sehat. Namun beberapa catlovers yang ingin mulai mengadopsi kucing tentu masih bingung bagaimana memilih anak kucing yang sehat. Cattery.co.id akan sedikit memberikan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!