7 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka Membersihkan Dirinya (Self Grooming)?
11/12/2015 10591 Views

7 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka Membersihkan Dirinya (Self Grooming)?

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat menjaga kebersihan dirinya. Salah satu cara kucing membersihkan dirinya adalah dengan cara menjilat-jilat badannya atau self grooming. Namun, pernahkah terlintas di benak catlovers mengapa kucing sangat senang menjaga dirinya agar tetap bersih? Cattery.co.id akan mencoba menjelaskannya pada catlovers mengapa kucing sangat senang menjilat-jilat badannya agar tetap bersih. Catlovers pun akan mendapatkan alasan yang mengejutkan dibalik kebiasaan kucing untuk self grooming. Yuk disimak lebih lanjut!

Menurut Dr. Cynthia McManis, seorang dokter hewan sekaligus pemilik Just Cats Veterinary Service, kucing dewasa akan menghabiskan hingga 50 persen waktu terjaganya dengan melakukan self groomig. Ckckck, ternyata si mpus ini senang sekali bermalas-malasan ya catlovers.

calico-250-250 kotak-250x250

1. Untuk Melindungi Dirinya Dari Predator

22-WDMC-DT-425km080411

Kucing memang hewan predator yang sangat hebat dalam berburu mangsanya. Namun sayangnya kucing bukan lah predator puncak dalam rantai makanan di alam liar. Masih banyak hewan lain yang berpotensi menjadi predator kucing, salah satunya adalah anjing. Salah satu cara untuk menghindari predator yang mungkin akan mengancam hidup kucing adalah dengan menghilangkan bau makanan dan bau lainnya yang dapat memancing predator untuk mendekat. Oleh karena itu secara insting, kucing akan berusaha menghilangkan jejak bau tersebut dengan cara menjilati tubuhnya agar tidak terdeteksi oleh pemangsanya.

2. Untuk Mendinginkan Suhu Badan Kucing

cat-licking1

Kucing memang seekor hewan berdarah panas, namun ia juga membutuhkan cara agar suhu badannya bisa terkontrol. Ketika manusia berada pada suhu panas, badan kita akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan suhu badan kita. Lain halnya dengan kucing, tempat kucing mengeluarkan keringat adalah melalui telapak kakinya, oleh karena itu kucing akan mengandalkan air liurnya di bulu-bulunya untuk mempertahankan suhu agar tetap normal. Self Grooming membantu sepertiga dari proses pendinginan suhu tubuh kucing lho.

3. Untuk Menjaga dan Menghangatkan Bulu Kucing

Why-Does-My-Cat-Lick-Me

Tahukah catlovers jika grooming yang dilakukan oleh kucing dapat membuat bulunya tetap bersih dan indah? Yups, dengan menjilati badannya, hal ini akan membuat minyak alami yang berada di bulunya akan tersebar lebih merata. Hal ini lah yang membuat bulu kucing tetap mengkilat. Selain itu minyak yang terkandung di bulunya juga akan menjaga kelembaban bulu kucing dan mengunci kehangatan di bulunya. Jadi proses self grooming juga bisa membuat si kucing dapat tetap hangat.

4. Membantu Membersihkan Luka pada Kucing

cat

Mungkin catlovers pernah melihat kucing yang sedang menjilati lukanya. Selain membuat lukanya tetap bersih, ternyata dalam air liur kucing terkandung enzim yang dapat berubah menjadi antibiotik alami. Jadi ketika kucing tersebut sedang menjilati lukanya, berarti ia sedang menjaga lukanya agar tidak terkena infeksi yang lebih parah. Namun lebih baik kita membawa ke dokter hewan jika kucing kita terluka, untuk memastikan seberapa parahkah luka yang dialami kucing tersebut.

5. Untuk Menstimulasi Aliran Darah pada Kucing

c978fc7438712632d71a26aa2e385be1

Tekstur Lidah Kucing Seperti Sisir

Self Grooming bisa merangsang aliran darah?? Mirip dengan bagaimana cara kerja sisir rambut kita yang dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala. Lidah kucing pun memiliki tekstur seperti sikat, jadi dengan menjilati tubuhnya, hal tersebut dapat memacu meningkatkan sirkulasi aliran darah di jaringan kulitnya. Keren kan?

6. Sebagai Tanda Persahabatan Kucing

cat-grooming-another-cat

Bagaimana cara kita mengetahui bahwa kedua kucing kita telah akrab? Benar, kucing yang telah akrab akan saling menjilati satu sama lain sebagai tanda kasih sayang. Menjilati temannya bisa diibaratkan seperti ciuman yang kita berikan pada orang yang kita sayang. Menarik bukan bagaimana cara kucing menyayangi satu sama lain.

7. Sebagai Cara Kucing untuk Tetap Rileks

maxresdefault

Bagaimana cara kita mengetahui kucing kita nyaman dalam lingkungannya? Salah satunya adalah dengan kegiatan self grooming yang dilakukan oleh kucing. Self Grooming ini adalah hal yang menyenangkan bagi kucing, kegiatan ini bisa membuat kucing tetap rileks. Selalu jaga lingkungan kita agar tetap nyaman ya catlovers

Hal lain yang perlu diperhatikan

Walaupun self grooming sangat baik bagi kucing. Namun kita perlu waspada jika kucing kita terlalu sering menjilati tubuhnya (over self grooming), hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya masalah pada kucing. Apakah kucing sering menjilati daerah bagian tertentu saja, atau bahkan menjilatinya sampai botak? Bisa jadi itu adalah akibat adanya jamur atau kutu. (lihat: Alasan Mengapa Bulu Kucing Rontok?). Catlovers pun bisa membantu kucing grooming secara rutin, karena terdapat banyak manfaat saat kita grooming kucing lho. (lihat: 8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin). Semoga artikel ini bermanfaat bagi catlovers semua. Yuk kita share agar catlovers lainnya bisa mendapatkan ilmu juga.

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Cara Mengatasi Kucing yang Hobi Menggaruk Perabotan Rumah

Garuk sana, garuk sini Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ke Cattery.co.id adalah dari para pemilik kucing yang marah perihal cakar kucing yang merusak benda-benda dirumah. Mungkin dalam pikiran

Perilaku Kucing

Kenapa Kucing Senang Sekali Menjatuhkan Barang-Barang Dirumah?

Kita sebagai carlovers pasti sering melihat kelakuan si kucing yang sangat lucu dan mungkin terkadang membuat kesal tetapi selalu kita maklumi karena rasa sayang kita sangat besar kepada si kucing.

Perilaku Kucing

Cat Linguistics : Memahami Berbagai Arti Suara Meong pada Kucing

Seperti kita ketahui, kucing dapat mengeluarkan berbagai macam nada dalam suara meong nya. Hal ini merupakan naluri alamiah yang dimiliki kucing sejak dia dilahirkan. Kucing mengeluarkan suara karena mendapatkan respon

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!