6 Permainan Asah Otak untuk Kucing
22/09/2016 5903 Views

6 Permainan Asah Otak untuk Kucing

Kita semua suka dengan permainan asah otak, seperti puzzle dan permainan kata, yang diharapkan bisa membuat mental kita tetap tajam. Ini adalah alasan yang bagus. Setiap kita belajar sesuatu yang baru, kita telah membuat jalur  yang baru di otak kita, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan bahkan dapat memperbaiki kemampuan kognitif yang telah rusak. Lalu mengapa kita tidak mencobanya ke kucing kita?

Kucing adalah hewan yang cerdas. Dibutuhkan kecerdasan untuk mengejar dan berburu mangsa atau ketika menghindari predator. Bahkan kucing sangat lihai dalam hal menakut-nakuti hewan yang lebih besar. Mental kita akan menjadi tumpul kalau jarang latihan atau bosan karena terlalu banyak latihan, begitu juga dengan kucing.

“Alasan umum yang menjadi latar belakang dari masalah perilaku adalah rasa bosan, frustasi, dan stress,” kata Inggrid Johnson, ahli tingkah laku kucing dan pemilik Fundamentally Feline yang berbasis di Atlanta. Kondisi mental yang tumpul dapat menyebabkan perilaku negatif. Dengan memberikan mereka beberapa tugas akan membuatnya lebih bahagia.”

Berikut ini adalah 6 permainan asah otak untuk kucing kita dirumah, spesial dari Cattery.co.id

calico-250-250 kotak-250x250

1. Berburu makanan

kucing

Mencari-cari makanan dan bermain interaktif sebelum makan, menurut Inggrid sesuai dengan gaya hidup alami kucing. Mereka berburu dan mengejar, bermain-main dengan mangsa, membunuh dan memakannya, grooming diri sendiri, dan tidur siang. Keuntungan dari permainan mencari-cari makanan dengan menggunakan bahan yang berbahan dasar makanan (biasanya disertai hadiah) adalah, hal ini sesuai dengan insting berburu alami kucing,” kata Inggrid. “Membuatnya bekerja untuk mendapatkan makanannya adalah salah satu yang paling sering terlupakan padahal itu sangat bagus dalam membuat hidup kucing lebih baik.”

Untuk memulainya, pindahkan mangkuk-mangkuk makanan ke area-area yang berbeda di sekeliling rumah, kata Inggrid. Kamu juga bisa beli puzzle feeder atau buat sendiri dengan menggunakan tisu gulung toilet. Buatlah lubang pada gulungannya, letakkan kibble didalamnya, dan ikat bagian ujungnya. Kucing akan memukul mukulnya sampai kibble keluar, dan voila! hadiah instan.

Kamu juga bisa membuat lubang pada kardus, letakkan makanan didalamnya, dan tutup. Kucing suka menjulurkan kakinya ke lubang kecil,” kata Inggrid. Kucing menyukai pencarian seperti itu. Dengan menyembunyikan makanan dan membuat kucing bekerja untuk makan,” kamu memancing cara alami kucing untuk bertahan hidup,” kata Inggrid. Kucing di alam liar makan 10 sampai 15 kali sehari.

kucing bermain

Permainan yang lebih menantang yang disarankankan oleh Inggrid adalah meletakkan kibble dibawah salah satu dari tiga cangkir didepan kucing kamu. Tukar posisi masing-masing cangkir, dan lihat apakah kucing kamu dapat menebak cangkir mana yang didalamnya terdapat kibble.

Sandy Robbin, ahli lifestyle hewan dari California, memasukkan kibble ke dalam mainan Ziggy kucingnya. Sebagai contoh, dia akan memutar bola dalam lingkaran bola, dan Ziggy akan bereaksi. Saat sedang bermain, Sandy menempelkan beberapa kibble pada jalur bola. Ziggy menemukannya dan mencari cara untuk mendapatkannya dengan menggunakan kakinya. Saya telah mengetahui bahwa kamu bisa memberikan permainan untuk kucing kamu dan tingkatkanlah level kesulitannya dalam mendapatkan kibble atau hadiahnya,” kata Sandy.

 2. Latihan rintangan

kucing lucu

Saat tiba waktunya untuk membuat latihan rintangan untuk kucing kamu, buatlah yang menyenangkan. Cobalah sedikit pada suatu waktu, dengan menggunakan mainan yang biasa dikejar kucing kamu sebagai daya tariknya. Buatlah kucing kamu melompati bangku kecil, dan berlari melewati sofa, dan memanjat pohon kucing. “Kamu bisa menggunakan rumah kamu untuk tempat latihan rintangan tanpa harus membeli sesuatu,” kata Inggrid.

Mulailah dengan permainan itu lalu satukanlah semua untuk membentuk satu latihan rintangan. Buatlah rintangan yang simple atau tambahkan terowongan untuk dilewati, atau sesuatu yang menggelinding untuk dilompati saat kucing kamu menjadi semakin mahir.

3. Permainan air

kucing main air

Tidak semua kucing dapat berenang, tapi beberapa kucing menyukai air. Isilah bak mandi dengan air, dan letakkan kelereng pada dasarnya dan bola pingpong mengapung di bagian atas. Kamu juga bisa menggunakan mainan anak-anak yang dapat mengapung. Kucing kamu akan berusaha keras mengeluarkan kelereng dan dia akan tercebur. Dia akan menyukai hal ini.

4. Memperbaharui barang-barang lama

kucing catnip

Walaupun pindah ke rumah baru akan sangat menakutkan bagi kucing, memindahkan beberapa barang-barangnya bisa menjadi stimulasi, kata Inggrid. Sebagai contoh, memindahkan pohon kucing yang lama akan membuatnya terlihat baru dan menyenangkan lagi (selama kucing tidak buta). Bahkan catnip yang biasa akan sangat menarik jika kamu sembunyikan di pohon kucing. Sandy mengatakan, “Ziggy menemukannya seperti menemukan barang baru. Ini seperti permainan petak umpet untuk mereka, memindahkan barang yang lama dan membuatnya terlihat baru lagi.

5. Cat Teaser interaktif

foto kucing lucu

Mainan favorit Sandy dengan Ziggy adalah cat teaser. Permainan ini membuat kamu tetap terlibat didalamnya,” katanya. Jika kamu dapat melempar komponen bergeraknya (biasanya boneka yang digantung dengan tali pada cat teaser), itu lebih baik.” Saat Ziggy menangkap mainan diujung tali, Sandy perlahan menarik talinya, jadi dalam pemikiran Ziggy, mangsanya berusaha melarikan diri. Dan saat Sandy melempar semuanya, Ziggy akan mengejarnya. Sandy mengingatkan bahwa kucing bisa saja melepaskan ikatan talinya atau memakan talinya, jadi untuk amannya simpan mainan ini ditempat terkunci saat kamu tidak sedang memainkannya. “Saya suka permainan ini karena melibatkan kemampuan menerkam dan mengejar mangsa. Dia belajar bahwa saat dia meletakkan di tempat yang benar, permainan akan tetap berlanjut. Dan dia berhasil.

6. Pohon kucing atau Cat Tree

Pohon kucing atau cat tree adalah sebuah investasi, di desain secara vertikal sehingga kucing merasa aman dan memungkinkan mereka mengamati dunianya. Pet Tree Houses yang berbasis di Sanford, Florida membuat satu produk pohon kucing yang bisa dinikmati kucing selama beberapa tahun. Pohon kucing yang kokoh ini memiliki cabang, dahan dan daun yang bergerak seperti hal nya pohon sungguhan, memberikan sensasi kepada kucing sehingga mereka merasa berada diatas pohon sungguhan.

kucing cat tree

Pet Tree Houses juga mulai membuat rak di dalam pohon untuk meletakkan mangkuk makanan. Sandy mengatakan, “beberapa kucing membutuhkan tempat yang tinggi untuk makan. Mereka juga membuat beberapa benda didalam pohon untuk membuatnya lebih menarik.

Permainan Virtual

kucing bermain game

Aplikasi permainan kucing yang menghibur dan praktis, membuatnya menjadi kategori permainan baru yang popular, dan mainan ini juga bisa menstimulasi mental kucing, tetapi ada sesuatu yang tersembunyi dibalik semua ini.

Kucing bisa menjadi frustasi, karena mereka tidak latihan menangkap atau membunuh secara nyata,” kata Inggrid Johnson seorang Cat Behaviorist yang berbasis di Atlanta. Beliau merekomendasikan untuk mengakhiri aplikasi permainannya nya dengan mainan bulu atau sesuatu yang bisa ditangkap kucing.
Laser pointer bisa menjadi latihan yang bagus untuk kucing kamu, tapi sama hal nya dengan aplikasi permainan, permainan virtual ini tidak memberikan apapun yang bisa ditangkap. Jika kucing kamu menikmati mengejar laser pointer, jangan pernah menyinari pada bagian mata kucing, dan berikan mainan favorit atau treat yang bisa ditangkap pada akhir permainan.

Permainan yang melibatkan mangsa virtual bisa jadi menyenangkan tetapi bisa juga membuat kucing frustasi. Ini tergantung bagaimana kamu mengakhiri permainan.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Kenapa Kucing Mengubur Poop-nya Sendiri?

Kucing merupakan hewan peliharaan yang penuh dengan keunikan, dari yang kita ketahui atau bahkan belum kita ketahui. Mungkin beberapa perilaku si kucing yang pada awalnya aneh untuk kita lihat pada

Perilaku Kucing

10 Tanda Kucing sedang Stres

Tahukah catlovers bahwa kucing bisa terkena stres? Ya, tidak hanya manusia saja yang bisa terkena stres, hewan pun bisa terkena stres – termasuk kucing. Stres pada kucing bisa disebabkan oleh

Perilaku Kucing

9 Cara Mengurangi Stres Pada Kucing

Pada artikel sebelumnya cattery.co.id pernah membahas 10 Tanda Kucing sedang Stres. Jika ternyata kucing catlovers terkena stres, lalu apa yang harus dilakukan? Kali ini cattery.co.id akan membahas cara mengurangi stres

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!