5 Tips Mengambil Gambar si Kucing Seperti Profesional!
29/10/2016 832 Views

5 Tips Mengambil Gambar si Kucing Seperti Profesional!

Kucing merupakan hewan yang menawan, anggun, hebat, memiliki karakteristik fisik dan psikis yang kuat serta photogenic. Tentu kita sebagai pecinta kucing seringkali mengambil gambar si kucing pada saat apapun. Bahkan mungkin galeri foto pada handphone kita penuh dengan gambar si kucing dibandingkan dengan foto kita sendiri. Ini hal yang wajar terjadi apabila kita benar-benar menyukai gaya si kucing pada setiap saatnya terutama jika kita menyadari bahwa kucing dapat menjadi objek fotografi yang bagus. Cattery.co.id kali ini akan membahas beberapa tips tambahan yang mungkin cat;lovers dapat aplikasikan disaat catlovers ingin mengambil gambar si kucing agar hasilnya terlihat lebih keren dan penuh dengan syarat professional. Tidak perlu berlama-lama, kita bahas sekarang yuk!

130516-Aspen-071-LCMengambil gambar si kucing bisa menjadi hobby baru kita nih catlovers!

calico-250-250 kotak-250x250

Kita tahu bahwa kucing sangat menggemaskan pada saat kita foto, namun untuk mengeluarkan sisi terbaik dari mereka ke dalam foto itu tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika kita mengingat bahwa kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat peka dengan lingkungan sekitar dan memiliki respon yang sangat cepat sehingga setiap jepret-an yang kita ambil belum tentu semuanya fokus dan tidak blur. Ini merupakan tantangan tersendiri bukan?

6918534-cat-look-photographyApapun moment-nya, si kucing selalu memiliki pose terbaiknya!

Fotografer komersial yang bernama Joel Riner dari Quicksilver Studios di Coeur d’Alene, Idaho berbagi beberapa tips dalam mengambil gambar hewan peliharaan agar hasilnya menjadi terbaik dari yang terbaik! Studio tempat ia bekerja pun telah melahirkan banyak sekali seleb-cat sehingga kita tidak perlu lagi meragukan tips-tips dari Joel.

joel-riner-1424301884-mediumJoel Riner, Quicksilver Photography

Berikut tips-tips mengambil foto si kucing yang simple, cepat namun tidak begitu repot untuk dipersiapkan:

  1. Buatlah Latar Belakang yang Se-sederhana Mungkin!

20130417_112319-EditLatar yang kontras dengan warna bulu si kucing akan menjadi pilihan terbaik!

Jika kita ingin mengambil gambar si kucing, tentu saja si kucing harus menjadi titik fokus utama-nya, jadi pilihlah latar belakang yang sangat simple, tidak terlalu banyak warna, corak, motif dan juga hindari motif atau warna latar yang senada dengan bulu kucing. Lalu, cobalah untuk membuat si kucing lebih dekat dengan kamera dibanding latar-nya, sehingga si kucing tidak terlalu menempel dengan latar belakang. Jika kita ingin mengambil gambar si kucing yang sedang menyender dengan gaya favoritnya itu juga bukanlah masalah. Bahkan penambahan beberapa mainan atau tempat favoritnya juga akan membantu si kucing membuat lebih nyaman pada saat pemotretan dan tentunya fokus terhadap si kucing lebih mudah di dapat dan natural! (Membuat latar belakang menjadi blur (atau bahkan bokeh) itu juga dapat menjadi opsi agar hasil foto si kucing lebih dramatis dan sentimental!)

  1. Pencahayaan

Best-Cat-Photography-Photo-8ef5040Didalam ruangan dan dekat dengan jendela besar dapat menjadi areal terbaik untuk pemotretan si kucing!

Idealnya pencahayaan dalam  mengambil gambar kucing dan hewan peliharaan dalam rumah lainnya harus lembut dan jikapun ada cahaya tambahan, itu merupakan cahaya yang alami seperti sinar matahari. Hindarilah penggunaan blitz yang berlebihan, karena itu hanya akan membuat si kucing tidak nyaman dan juga kaget pada sesi pemotretan. Tempat yang biasanya memiliki pencahayaan yang baik bisa juga di dalam rumah / ruangan dekat jendela utama yang sering menyerap sinar matahari ke dalam. Hari yang mendung pun tidak menjadi masalaha karena pencahayaan cuaca mendung yang sendu lebih menghasilkan gambar yang penuh arti dan juga seperti ada kisah di dalamnya. Jika itu merupakan hari yang cerah, tentu ini merupakan hari terbaik untuk melakukan pemotretan di dalam ataupun luar rumah!

  1. Pilih Pose / Gaya yang Nyaman Untuk si Kucing (Jangan terlalu diatur)

c00f48b025536320ccabaa739deb7200Biarkan si kucing mengatur pose-nya sendiri!

Si kucing pastinya tidak akan nyaman apabila kita memaksa mereka untuk berpose seperti yang kita inginkan dengan menarik-narik tangannya, menengok-nengokkan lehernya dan sebagainya. Seperti halnya kita yang pastinya tidak suka apabila berfoto dan gaya kita diatur oleh seseorang bukan? Tentu, ini karena candid merupakan foto ter-natural yang harus kita dapatkan juga dari si kucing! Buatlah tempat kita melakukan pemotretan untuk si kucing menjadi lebih tenang, santai dan jauh dari penimbulan stress pada si kucing sehingga mereka akan lebih senang untuk tetap berdiam diri disekitar areal pemotretan.Beberapa hal lain yang dapat membuat si kucing masuk ke dalam areal pemotretan adalah : mainan kesukaannya, scratching post, bola bulu dan tentunya makanan yang lezat!

  1. Ciptakan Suasana yang Lebih Tenang.

cat_photography_new_by_sam_times-d5t8eg1Kucing yang tenang akan menjadi objek terbaik untuk di foto!

Musik Klasik atau seperti beberapa lagu dalam CD “Through a Cat’s Ears” juga dapat membantu si kucing agar lebih merasa tenang dan santai selama pemotretan. Pasanglah music-musik lembut seperti itu pada audio player dirumah sehingga si kucing tidak akan terlalu aktif. Lalu, bisa juga kita menyemprotkan sedikit produk pheromone kucing (yang berbentuk spray) pada tempat-tempat yang kita ingin si kucing untuk diam berlama-lama agar dapat mengambil gambar terbaiknya!

  1. Ambillah Foto si Kucing Pada Posisi yang Sejajar dengan si Kucing

cat-alive-photo-motion-picture-animals-hd-wallpaperSejajarkan posisi tubuh kita dengan si kucing!

Ya, ini berarti kita harus tengkurap dan mensejajarkan posisi tubuh serta kamera kita setidaknya tidak lebih tinggi dari si kucing. Tataplah sesekali si kucing untuk memancing perhatian si kucing melihat kearah kamera, akan tetapi jangan menatapnya terlalu lama agar si kucing tidak merasa takut atau terganggu. Jika pose itu terlalu sulit, cobalh mengambil gambar mereka pada saat mereka memanjat atau berada di tempat yang lebih tinggi atau sejajar dengan kita misalnya diatas meja atau mungkin diatas scratching post-nya yang cukup tinggi agar kita tidak perlu repot-repot mengambil gambar si kucing secara sejajar. Membuat suara yang aneh agar mendapatkan perhatian si kucing pun tidak ada salahnya, manfaatkanlah kepekaan si kucing dalam hal ini dan pancinglah mereka agar mereka tertarik mengikuti kita yang ingin mengambil gambar mereka.  Meminta teman atau pasangan kita untuk menjadi asisten dalam pemotretan kita juga tidak ada salahnya, misalnya kita meminta asisten kita untuk membuat suara-suara aneh dibelakang kita atau mungkin memainkan mainan si kucing dibelakang kita agar kita tetap terfokus dengan pengambilan gambar tanpa harus repot-repot mencuri perhatian si kucing!

tip-5Give it a try! All love!

Source:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Bagaimana Kucing Akhirnya Bisa Menjadi Hewan Peliharaan?

Kucing, kucing dan kucing. Sampai kapanpun kita sebagai catlovers tidak akan pernah merasa bosan dengan mamalia berbulu yang sangat imut dan menggemaskan tersebut bukan? Tetapi pernahkah kita berfikir, apakah kucing

Dunia Kucing

10 Alasan Mengapa Crazy Cat Lady Layak Dijadikan Kekasih

Sebagian catlovers pasti sudah tahu istilah “crazy cat lady”, namun bagi yang belum tahu, cattery.co.id akan memberi tahu. Secara umum, crazy cat lady adalah sebuah kiasan bagi wanita yang sangat

Dunia Kucing

Mari Berlibur ke Pantai Kucing di Italia!

Kucing selalu menjadi topik terbaik untuk diperbincangkan dan kapanpun itu akan selalu menjadi waktu yang tepat! Tidak dipungkiri, banyak juga kok orang yang tidak memelihara kucing namun mereka selalu antusias

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!