5 Penyebab Utama Mengapa Kucing Berkurang Berat Badannya
31/08/2015 6762 Views

5 Penyebab Utama Mengapa Kucing Berkurang Berat Badannya

Kucing memang salah satu hewan yang memiliki reputasi sebagai pemilih makanan, mesikipun demikian, kucing mahir dalam mengukur asupan makanan mereka dan memakan makanan dengan kalori tepat setiap harinya untuk menjaga berat badannya. Namun jika kucing diberikan treats secara berlebihan, maka tidak menutup kemungkinan kucing akan mengalami kelebihan berat badan. Pola makan kucing tidak seperti anjing yang akan memakan apapun yang disuguhkan padanya, kucing hanya memakan apa yang dibutuhkannya saja.

Namun jika kucing catlovers mulai menurun kondisinya dan berat badannya tanpa alasan yang jelas, ini menandakan bahwa ada sesuatu yang salah pada si kucing. Jika penurunan berat badan kucing kita tidak berhubungan dengan perubahan tingkat aktivitas atau faktor lainnya yang dapat diidentifikasi, kita harus segera mencari akar masalahnya, dan mengatasinya sebelum hal ini menjadi masalah yang lebih serius. Cattery.co.id kali ini akan membahas mengenai alasan utama kucing kehilangan berat badan. Silakan disimak!

cat-loss-appetite1-420x470

1. Makanan yang Tidak Lezat (Mengundang Selera) bagi Kucing

calico-250-250 kotak-250x250

Jika kucing kita memalingkan hidungnya ketika ditawarkan makanan, mungkin kita berada dalam kesulitan. Kucing cenderung akan mencari makanan di tempat lain jika ia tidak suka dengan makanan yang kita berikan untuk tetap menjaga berat badannya. Jika kucing benar-benar tidak suka dengan makanan yang kita berikan dan tidak mendapatkan akses mencari makanan sendiri di luar, maka kemungkinan ia akan kehilangan berat badannya.

Selalu pertimbangkan makanan yang akan kita berikan pada si kucing, pastikan bahwa mangkuknya selalu bersih dan dalam kondisi yang baik, mangkuk yang lama dan terdapat sisa makanan dapat membuat kucing tidak mau makan.

cat-care-worms

2. Cacing

Parasit usus seperti cacing adalah salah satu penyebab utama kucing kehilangan berat badan. Jika kondisi ini dibiarkan, dapat menyebabkan implikasi kesehatan yang serius.

Jika kucing kita turun berat badannya namun tampaknya masih makan secara normal. Pastikan bahwa jadwal obat cacing si kucing terjaga dan gunakan obat cacing khusus kucing yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Kucing yang suka berburu mangsanya kemungkinan memerlukan obat cacing lebih rutin untuk menjaganya bebas dari parasit.

frightened-cat

3. Stres

Kucing adalah hewan yang sangat sensitif, dan sangat mungkin terkena stres, jika terdapat perubahan rutinitas mereka. Jika kucing kita menjauhi makanannya karena stres, kemungkinan juga si kucing akan buang air sembarangan, mencakar furnitur di rumah, bersembunyi di dalam rumah atau pergi jauh dari rumah.

Penting untuk kita untuk dapat mengidentifikasi penyebab stres yang mengganggu kucing kita, seperti munculnya kehadiran hewan peliharaan lain, anak-anak yang mengganggu kucing, atau sesuatu lainnya. Perubahan seperti ada orang lain yang masuk ke rumah atau pindah rumah juga bisa membuat kucing stres, namun biasanya akan kembali normal setelah kucing dapat beradaptasi.

Boots is the youngest of the senior cats having just recently turned 9 years old, she is ready to find her new home (credit MSPCA-Angell)-thumb-520x338-106993

4. Usia Tua

Semakin tua usia kucing, secara alami, kondisi kucing juga akan menurun secara mental dan fisiknya. Hal ini juga dapat menyebabkan si kucing akan menurun berat badannya dan lebih pemilih terhadap makanannya. Namun ada beberapa cara yang dapat kita ambil untuk mengatasi masalah ini.

Ingat lah bahwa ketika kucing kita sudah tua, maka gigi mereka mungkin tidak dalam kondisi baik lagi, oleh karena itu si kucing memerlukan makanan yang lunak. Selain itu indra penciuman si kucing juga sudah berkurang, ia mungkin merasakan makanannya tidak lagi seenak ketika ia masih muda. Jadi cobalah untuk memberikan makanan yang memiliki bau yang sangat tajam untuk membantu kucing kita makan.

Setelah kucing kita bertambah tua (di atas usia delapan tahun) mereka juga perlu diberi makanan khusus untuk kucing senior, sehingga kebutuhan nutrisi khususnya dapat tercukupi.

Jika kita ternyata empat faktor diatas bukanlah penyebab si kucing kehilangan berat badan, maka faktor terkhir ini lah yang bisa menjadi asalan utamanya, yaitu masalah kesehatan.

Top-Cat-Health-Problems

5. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan juga menjadi salah satu alasan mengapa kucing turun berat badannya dan kehilangan nafsu makan. Banyak jenis masalah kesehatan yang dapat membuat kucing kehilangan berat badannya, ada beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh kucing:

– Kanker, meskipun tidak semua penurunan berat badan pada kucing disebabkan oleh kanker, namun kucing yang terkena kanker akan mengalami penurunan berat badan. Gejala lain akibat kanker ada kehilangan nafsu makan, lesu dan suka bersembunyi.

– Diabetes, penyakit ini disebabkan oleh kegagalan tubuh kucing memproduksi hormon insulin. Hal ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan pada kucing, perubahan selera makan, minum air dalam jumlah yang berlebihan, buang air kecil lebih banyak dari biasanya, bergerak lamban, mungkin terkena infeksi saluran kemih dan memiliki nafas beraroma manis.

– Feline Infectious Peritonitis (FIP). Virus ini biasanya menyerang tempat-tempat dimana sejumlah kucing dipelihara dalam satu tempat (misalnya animal shelter, cattery, dll. Virus ini disebarkan melalui feses, tempat makan dan pakaiannya. Biasanya kucing yang terkena virus ini akan kehilangan nafsu makan, demam, kehilangan berat badan dan diare.

– Masalah Pencernaan, juga menjadi salah satu penyebab penurunan berat badan pada kucing. Gejala yang biasanya muncul seperti diare, berkurang nafsu makannya dan muntah-muntah. Masalah pencernaan yang biasa dialami kucing termasuk penyakit radang usus, alergi makanan atau infeksi tertentu.

– Sakit Gigi, jika kucing kita tiba-tiba berhenti makan dan mulai turun berat badannya, namun tampaknya si kucing sehat-sehat saja, maka itu bisa saja akibat masalah syang sederhana seperti sakit gigi. Meneteskan air liur dan menggaruk-garuk mulutnya bisa juga menjadi tanda bahwa ia sedang memiliki masalah pada giginya.

obese-cat

Lalu Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Tentukan dahulu apa penyebab penurunan berat badan pada kucing sehingga kita bisa melakukan perawatan secara optimal, coba lah ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan secara fisik, tes darah dan urine.

Tergantung pada alasan penurunan berat badan pada si kucing, berbagai perawatan dan perubahan pola makan dapat mengembalikan berat badan kucing yang hilang. Bahkan kucing yang sudah senior dapat seringkali dapat diobati dengan cara ini.

Penurunan berat badan yang disebabkan kondisi tertentu juga masih bisa diatasi, setidaknya dapat dikurangi dampaknya, dengan membuat perubahan makanan yang sesuai dengan si kucing. Jika kucing kita menderita penyakit radang usus atau kondisi lain yang membuat makanan sulit diserap, cobalah ganti pakan yang mudah diserap tubuh. Sedangkan kucing yang turun berat badannya akibat alergi makanan, kita bisa mencoba mencari makanan pengganti yang tidak menimbulkan alergi pada kucing.

Dalam situasi dimana kucing berkurang berat badannya, penting bagi kita untuk ‘memaksa’ agar berat badan si kucing bertambah, minimal tidak berkurang lebih jauh. Kita juga bisa memberikan rangsangan agar menambah nafsu makan pada si kucing, dan juga kita bisa menggunakan feeding tube agar tubuh kucing tetap mendapatkan nutrisi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi catlovers semua!

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Pola Makan Seimbang Bagi Kucing

Pola makan kucing membutuhkan keseimbangan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Jika kamu memberikan makan secara teratur, berikan variasi antara yang segar dan makanan kucing dalam kemasan dengan mengikuti

Nutrisi dan Makanan Kucing

Makanan Kucing yang Terlarang

Pemberian makanan kucing yang baik dan bernutrisi adalah hal penting karena merupakan sumber energi yang digunakan untuk aktivitas hariannya. Sering kali kita beranggapan bahwa makanan yang baik dikonsumsi oleh manusia,

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Kucing Sulit Makan?

Beberapa orang kadang sering bercanda tentang kebiasaan kucing mereka yang sangat pemilih dalam hal makanan, namun hal ini menjadi masalah serius jika kucing kita tidak mau makan. Meskipun tidak mau

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!