5 Hal yang Mungkin Membuat Kucing Stres Tanpa Kita Sadari
19/08/2016 10936 Views

5 Hal yang Mungkin Membuat Kucing Stres Tanpa Kita Sadari

Banyak orang yang seringkali tidak menyadari dampak tindakan mereka terhadap hewan peliharaanya, entah tindakan baik atau buruk. Cattery.co.id yakin bahwa sebagian catlovers tidak sengaja membuat kucingnya menjadi cemas atau stres. Tetapi terlepas dari niat catlovers, tindakan kita akan mempengaruhi kucing kita dan dapat mengubah perilaku dan hubungan kita dengannya.

shutterstock_58120231

Setidaknya ada lima hal umum yang mungkin kita tidak sadar telah membuat kucing kita stres. Jika kita menemukan bahwa diri kita, atau siapa pun di rumah kita atau keluarga melakukan hal-hal ini, demi kebaikan kucing kita tolong untuk dihentikan segera!

Jika kita menemukan masalah atau perubahan perilaku hewan peliharaan kita, penting untuk memeriksa dan mengobati kondisi medis yang dapat menyebabkan atau memperburuk masalah. Jika kita memiliki kekhawatiran tentang perilaku kucing kita, bicaralah dengan dokter hewan catlovers atau orang yang ahli dalam hal ini.

calico-250-250 kotak-250x250

Berikut ini Cattery.co.id akan menjelaskan 5 hal yang membuat kucing kita stres:

man-shouts-at-cat

1. Menggunakan hukuman untuk mengubah perilakunya.

Ada cara untuk menghentikan perilaku yang tidak diinginkan, tetapi memberinya hukuman bukanlah solusi. Hukuman dapat menghambat masalah perilaku, tetapi tidak menyelesaikan masalah yang mendasar. Kucing kita tidak mengerti bahwa apa yang dia lakukan adalah salah, dan dia tidak mengerti apa yang harus dilakukan sebagai gantinya. Karena kucing kita tidak mengerti bahwa perilaku tertentu tidak diinginkan oleh kita, sebuah hukuman mungkin terasa tidak konsisten atau acak terhadapnya, sehingga hal ini dapat membuatnya menjadi cemas dan waspada. Dia juga mungkin mulai mengkaitkan komponen situasi tidak terkait, seperti orang atau hewan lainnya, sebagai penyebab hukuman.

getting-your-cat-to-accept-a-cat-carrier-51ed985a346a0

2. Kita membawanya dalam pet carrier hanya ketika akan mengunjungi dokter hewan.

Mayoritas kucing hanya dibawa dengan pet carrier ketika akan menghadapi situasi tertentu – yang biasanya membuat ia stres – seperti ke dokter hewan atau groomer. Hal ini dapat mengajarkan mereka untuk tidak menyukai pet carrier, dan kebanyakan akan lari bersembunyi atau melakukan perlawanan ketika akan dimasukkan dalam pet carrier. Mengajarkan kucing kita untuk masuk dengan sendirinya ke dalam pet carrier ketika dipanggil dan menjadikannya sebuah tempat menyenangkan baginya untuk bermain sehari-hari dapat membuat kucing tidak menjadi stres ketika akan dibawa ke dokter hewan atau groomer.

cat-cucumber1

3. Berpikir bahwa menakutinya adalah hal lucu dan tidak berbahaya.

Pasti catlovers sudah melihat video kucing yang takut dengan mentimun, bukan? Sangat lucu kan? Namun tidak bagi kucing. Dapat dipastikan bahwa orang-orang yang menakuti kucingnya tidak bermaksud untuk membahayakan si kucing, tetapi mereka juga tidak menyadari masalah yang dapat muncul akibat perilaku yang kita anggap “lucu” ini. Seekor kucing yang berulang kali dikagetkan bisa menjadi neurotik dan waspada, dan mungkin menjadi takut untuk menjelajah ke tempat-tempat yang sebelumnya dia anggap aman. Menakut-nakuti kucing di daerah di mana dia makan atau minum sangat berbahaya, karena kucing dapat menghindari daerah-daerah ini kemudian. Ini artinya mungkin dia tidak mendapatkan cukup makanan atau air, yang dapat membuat si kucing berisiko mendapatkan berbagai masalah kesehatan. Dan hal tersebut tidak lucu sama sekali.

dog_chasing_cat

4. Membiarkan anjing mengejarnya

Sekali lagi, ini mungkin terlihat menghibur bagi kita, tetapi hal ini benar-benar menakutkan bagi kucing kita. Ketika kucing dikejar, dia tidak melihatnya sebagai sebuah permainan, dalam pikirannya, pengejaran ini kemungkinan habis-habisan, adrenalin dikeluarkan ketika ia berlari ke tempat yang aman sebelum ia ditangkap dan berpotensi terluka atau tewas. Beberapa pemilik hewan peliharaan sering percaya bahwa si kucing sengaja mengejek anjing dengan mendekatinya dan kemudian lari, sehingga mengundang pengejaran. Kenyataannya bahwa kucing kita mungkin menjadi dekat dengan anjing kita, karena dia ingin berada di deakat orang atau area rumah dimana ia bisa menikmatinya, walaupun disana juga ada anjing. Baik kucing dan anjing melakukan hal ini adalah insting alaminya, namun seringkali pengejaran ini dapat membuat kucing menjadi stres.

97403065ac0a38187a13c087e4d157b1_5980

5. Menganggap bahwa kucing kita senang tidur sepanjang hari

Kucing adalah pemburu, tetapi banyak yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan berburu mereka. Pemilik kucing sering menganggap bahwa kucing mereka telah kehilangan insting berburunya dan hanya ingin berjemur di bawah sinar matahari sepanjang hari. Namun jika dia kita biarkan tanpa cara yang konstruktif untuk memfokuskan naluri berburunya, maka kucing kita mungkin akan memanjat tirai, mecakar furnitur dan merusak alat rumah tangga lainnya. Pada kasus ekstrem lainnya, dia mungkin akan tidur sepanjang hari dan tidak mendapatkan latihan yang penting untuk kesehatannya, seperti mengendalikan berat badan. Salah satu cara mudah untuk membantu memecahkan masalah ini adalah membuat kucing kita “berburu” untuk mendapatkan makanannya. Sajikan makanan di dalam food puzzles atau letakan makanan di daerah rumah dimana ia sering datang. Catlovers juga bisa membuat permainan layaknya perburuan yang sebenarnya dengan mengakhiri sesi bermain dengan sebuah treats atau makanan kucing.

Ternyata banyak juga ya catlovers hal-hal yang membuat kucing kita stres tanpa kita sadari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers. Yuk share dengan teman-teman mu!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi

Ceritanya kita mau berpergian lama, jangan-jangan kucing kita cuma bersembunyi dibawah karpet rumah seharian, bahkan pup disana… Mitos lama bahwa kucing adalah hewan penyendiri memang masih ada, padahal faktanya adalah

Cara Merawat Kucing

Temperatur Sebagai Pengukur Kesehatan Kucing

Semua fungsi tubuh kita (seperti pencernaan, gerakan, otak, syaraf dan lainnya) merupakan hasil dari reaksi kimia yang dikendalikan oleh enzim. Untuk bekerja dengan baik, enzim harus berada pada suhu tubuh.

Cara Merawat Kucing

Hal-Hal Kecil yang Diperhatikan Ketika Membersihkan Kucing

Di balik bulu tebalnya, kucing sebenarnya mempunyai kulit yang berlipat-lipat. Selain itu banyak bagian tubuhnya yang sulit dijangkau dengan peralatan mandi alami si mpus, yaitu lidahnya. Catlovers harus memperhatikan bagian-bagian

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!