4 Indra Super Milik Kucing yang Diwarisi Leluhur Mereka
09/08/2016 3653 Views

4 Indra Super Milik Kucing yang Diwarisi Leluhur Mereka

Kucing adalah makhluk yang luar biasa dengan refleks yang secepat kilat, leluhur kucing catlovers telah menggunakan refleks ini untuk berburu dan tetap aman dari predator. Walaupun kucing milik kita telah didomestikasi namun mereka masih memiliki insting liar di hatinya, mereka tetap terasah bahkan dalam rumah kita yang aman dan nyaman.

Bahkan, kewaspadaan kucing tentang lingkunyannya hampir selalu awas – bahkan ketika ia dengan bahagia memeluk di pangkuan kita atau sedang tidur di atas cat trees. Naluri dan refleksnya memastikan bahwa ia akan selalu siap untuk mengambil tindakan pada saat itu juga. Berikut ini Cattery.co.id akan menjelaskan 4 cara yang tidak biasa bahwa kucing kita selalu waspada dan mengawasi dunia sekitarnya,

3095245899_7594fe94a7_z

1. Kumis

calico-250-250 kotak-250x250

Kumis kucing kita selalu membantunya mengumpulkan segala macam informasi tentang lingkungan sekitarnya. Kebanyakan orang memahami bahwa kumis telah membantu kucing kita dalam bernavigasi di lingkungan sekitar dan berfungsi sebagai ‘antena’, mereka menjadi tahu jika ada ruang yang terlalu sempit baginya untuk dimasuki atau membuat ia tahu jika ada bahaya di dekat wajahnya.

Tapi apakah catlovers tahu bahwa kumis pada kucing juga dapat membantunya untuk “melihat” bahkan ketika mereka tidak menyentuh apapun? Yups, benar! pangkal akar pada kumis kucing terdapat ribuan saraf yang sangat sensitif yang membantunya mendeteksi pergeseran kecil dari arus udara di lingkungannya. Perubahan-perubahan yang benar-benar tidak terdeteksi pada manusia, ini dapat membantunya mendeteksi predator yang bersembunyi atau tahu bahwa ada makanan yang bergerak di dekatnya.

23202885644_d32115da9b_z

2. Telinga yang Berputar

Jika kita memperhatikan, kita akan menyadari bahwa telinga kucing kita tidak pernah berhenti bekerja. Bahkan ketika ia berada diujung tidur siangnya, telinganya akan berkedut dan berputar.

Telinga kucing kita merupakan salah satu aset terpentingnya karena indera pendengaran kucing lima kali lebih kuat dibandingkan manusia! Dengan kemampuan berputarnya membuat telinga kucing menjadi alat yang memungkinkan dia untuk mencari sumber suara yang kecil sekalipun, ia bisa ‘melihat’ lingkungannya tanpa harus membuka matanya.

6080833947_aedbb1a17f_z

3. Indra Penciuman Berlapis

Indra penciuman adalah cara pertama kucing belajar mengenai lingkungannya ketika ia masih kecil. Dan tahukah catlovers jika penciuman kucing itu hampir 15 kali lipat lebih kuat dibandingkan manusia lho!

Apakah catlovers pernah memperhatikan kucing yang menarik kembali bibir atasnya ketika mengendus udara? Ketika dia melakukan itu, ia menggunakan salah satu organ penciumannya? Dengan menarik kembali bibirnya dan membuka sedikit mulutnya membantu ia menghirup aroma ke organnya. Aroma tersebut kemudian dikirim ke bagian lain dari otak pada saat ia menghirup melalui hidung. Dengan cara ini ia menggunakan seluruh lapisan indra penciumannya yang kompleks untuk menyaring segala informasi di lingkungan sekitarnya.

3919682128_bb80f55fd3_z

4. Penglihatan Malam yang Sempurna

Kucing memiliki jaringan lapisan reflektif di belakang retinanya yang disebut tapetum lucidum. Ketika cahaya melewati retina kucing kita, tapetum lucidum memantulkan kembali cahaya kedua ke matanya. Proses ini meningkatkan indera penglihatannya hingga 44%! Itu berarti bahwa ketika berada pada situasi kurang cahaya, kucing kita bisa melihat cahaya yang tidak terlihat oleh mata kita!

Disamping itu, lapisan tapetum lucidum juga bertanggung jawab mengapa mata kucing terkadang terlihat sebagai bola hijau bersinar dalam foto.

Menarik sekali bukan indra super yang dimiliki oleh kucing? Yuk share dengan teman-teman mu!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Anatomi Kucing

Cakar Kucing: Bentuk dan Fungsi

Pada kali ini Cattery.co.id akan membahas mengenai salah satu anatomi yang penting pada kucing, yaitu cakarnya. Setiap catlovers tentu sudah tahu kan jika kucing memiliki cakar. Sebagian catlovers pasti memiliki

Anatomi Kucing

Sistem Pencernaan pada Kucing

“Tak kenal maka tak sayang”, sebagian catlovers pasti tahu arti peribahasa ini. Cattery.co.id memiliki satu pertanyaan untuk catlovers, apakah catlovers benar-benar sudah mengenal kucingnya? Jawabannya pasti iya. Dari luar mungkin

Anatomi Kucing

Telinga Kucing: Bentuk, Fungsi dan Penunjuk Emosi

Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki indra pendengaran yang sangat hebat, lebih hebat dibandingkan dengan pendengaran manusia. Kucing mampu mendengar suara yang tidak dapat dideteksi oleh manusia, yaitu pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!