15 Alasan Mengapa Kita Mencintai dan Menertawakan Kucing
05/09/2016 13260 Views

15 Alasan Mengapa Kita Mencintai dan Menertawakan Kucing

Dunia kita akan terasa lebih menyenangkan apabila terdapat didalamnya individu-individu yang memiliki banyak akal. Mereka membuat kita tertawa dan merasa santai. Mungkin itu sebabnya kita sangat mencintai kucing kita. Tingkah kucing berbeda antara satu dengan lainnya, beberapa memiliki banyak polah, sementara itu ada juga yang bersifat lembut.

Berikut adalah 15 kebiasaan kucing dan penjelasannya spesial dari Cattery.co.id

1. Berkejang lucu saat tidur

tidur

calico-250-250 kotak-250x250

Seperti halnya manusia, kucing pun mengalami beberapa tahapan dalam tidur, termasuk gerakan mata cepat (rapid eye movement/REM) dan non rapid eye movement. Para peneliti masalah tidur mempercayai bahwa semua mamalia mengalami mimpi, sesuatu yang terjadi saat tahapan REM. Kalau kucing kejang saat tidur, itu artinya mereka sedang bermimpi, dan otot mereka bereaksi terhadap kejadian saat mimpi tersebut. Dan apabila kumis kucing kita bergerak, mungkin dia sedang bermimpi berjalan di jalan yang sempit. Kalau dia meleter/meracau mungkin kucing anda sedang bermimpi tentang burung. Atau kalau ia menggerakkan kakinya, mungkin ia sedang memanjat pohon favoritnya.

2. Gerakan meremas

8792_Little-dog-at-the-massage-sweet-cat
Seperti pada masa kanak kanak, anak kucing meremas perut induknya untuk menstimulasi aliran susu. Kucing dewasa masih akan tetap meremas karena hal tersebut akan membuat mereka lebih nyaman dan lebih dekat dengan induknya sebelum bersiap tidur. Kucing akan meremas kucing lainnya yang bisa membuat mereka nyaman senyaman saat meremas induknya.

3. Berjalan berputar sebelum berbaring

Sleeping Cat on Sofa
Kucing akan melakukan tiga hal berikut ini sebelum tidur. Pertama, dengan berjalan berputar, cakarnya akan menandai tempat melalui aromanya jadi mereka dapat mengenali tempat tersebut sebagai tempat yang aman untuk tidur dan segera dapat menyadari adanya aroma aneh dari pengacau.
Kedua, di daerah dengan rerumputan yang tinggi, kucing berjalan berputar diatas rumput-rumput tersebut agar menjadi datar dan bisa tidur dengan nyaman diatasnya. Ketiga, dengan berjalan berputar juga mereka dapat mengetahui kehadiran ular atau binatang merayap lainnya yang datang ke area tersebut.

4. Tergila-gila pada catnip

catnip
Setengah dari populasi kucing mendapatkan efek agresif dari catnip. Para ilmuwan menamakan catnip dengan nama nepeta cataria. Tanaman ini mengandung senyawa kimia nepetalactone, yang apabila dihirup dan di kunyah akan memberikan rangsangan pada kucing. Efek rangsangan ini melalui indra penciuman yang membuat kucing berguling guling dan bersikap agresif. Efek ini akan berakhir dalam 10 menit sebelum akhirnya kucing bertingkah seperti semula. Catnip aman untuk kucing, dan tidak menyebabkan ketergantungan.

5. Berburu, walaupun mereka memiliki banyak makanan

Hunting-cat
Mata kucing diciptakan untuk mendeteksi pergerakan, jadi tidak heran kalau mata distimulasi oleh sesuatu yang bergerak. Kucing tidak hanya berburu makanan. Sangat normal apabila kucing bermain dengan sesamanya walaupun setelah itu tidak langsung makan. Mereka bermain untuk merangsang fisik dan mentalnya. Makanan merupakan hal yang penting untuk mereka tapi bukan berarti semua yang mereka lakukan adalah demi mendapatkan makanan. Itu sebabnya dikatakan kucing senang makan setelah bermain. Begitu juga dengan kita. Siapa yang tidak suka makan malam yang lezat setelah berolahraga atau setelah seharian bekerja di kantor?

6. Sangat menyukai barang-barang yang bau

cium

Pernahkah kamu menyadari bagaimana kucing sangat menyukai baju fitness, kaos kaki, atau sepatu kamu yang bau? Yang mereka cium adalah aroma kalian. Kita boleh berpikir itu bau, tapi kucing kucing tersebut mencium aroma kamu 10 kali dan tentunya aroma tersebut mengingatkan mereka hal-hal yang baik seperti makanan, cinta dan rasa aman. Karena mereka mengidentifikasi orang dengan aroma, bagaimana bisa mereka menolak tidur ditempat mereka bisa mencium aroma favorit mereka?

7. Menatap dinding kosong

wall
Beberapa orang percaya bahwa kucing dapat melihat dimensi lain, seperti dunia gaib. Kita tidak melihat adanya kemungkinan seperti itu saat kucing kita menatap dinding kosong tanpa apapun bahkan serangga pun tidak ada pada dinding tersebut. Kita tahu ini akan menjadi kabar gembira bagi pecinta kucing. Bahkan ada halaman facebook yang bernama “Cats Who stare at walls”. Faktanya adalah mata kucing tertarik dengan pergerakan. Asumsi saya, kemungkinan kucing mengenali bayangan pada beberapa waktu. Bisa jadi mereka menatap tembok dan mengingat bayangan yang pernah dilihat sebelumnya, mungkin bayangannya sendiri, dan dia sedang menunggu untuk melihat bayangan lagi.

8. Memperlihatkan atraksi kepada orang yang tidak terbiasa dengan kucing atau orang yang alergi terhadap kucing
cat-ignoring-human-940x626 Kucing adalah pemangsa dan juga mangsa. Karena mereka adalah mangsa untuk hewan yang lebih besar,maka mereka akan bersikap bertahan apabila ada mahluk yang lebih besar mendekati. Kalau kamu ingin kucing mendekati kamu, buatlah mereka penasaran dan mengenali kamu bukan sebagai ancaman, maka kucing akan mendekati kamu. Ini yang biasa dilakukan oleh orang dengan alergi atau yang belum terbiasa dengan kucing. Kucing merasa orang orang ini bukan sebagai ancaman dan membuatnya menjadi penasaran.

9. Memanjat tempat tinggi

spidercat
Kucing memanjat pohon untuk menghindari pemangsa, jadi sudah biasa bagi mereka memanjat tempat tempat tinggi. Dari tempat ini mereka dapat dengan aman melihat kebawah tanpa merasa takut.

10. The zoomies

run
Pada waktu tertentu, mata kucing terlihat liar dan berlari kencang dirumah, melompati benda benda, naik turun furniture dan tangga. Saat kucing kita melakukan ini, sebaiknya kita menyingkir agar tidak terluka. Kucing memerlukan energi yang besar untuk berburu,jadi mereka menyimpan tenaga dengan tidur 16 jam sehari. Pada beberapa point, semua energi akan dikeluarkan pada perburuan yang biasa dilakukan di malam hari.

11. Membuat orang tersandung

sandung
Terkadang saat kucing tidak terlalu agresif, sangat mudah untuk menangkap mereka. Seberapa sering cat lover hampir tersandung kucingnya? Di sisi lain kucing kamu hanya ingin dekat dengan kamu dan mengikuti kemanapun kamu pergi tepat di depan kaki kamu. Terkadang saat kita sedang konsentrasi melakukan sesuatu seperti memasak, kucing kita ada di dekat kaki, menunggu dan kita tidak mengetahuinya sehingga hampir menginjaknya. Agar tidak ada yang terluka, kita harus melihat sekitar kaki kita sebelum melangkah.

12. Menyelipkan tubuhnya ke tempat tempat yang lebih kecil

selip
Berapa kali kita melihat kucing kita berusaha untuk dapat masuk ke tempat yang lebih kecil dari ukuran tubuh mereka lalu kita rekam dan unggah di youtube? Sangat menghibur untuk kita, kucing melakukan hal tersebut agar merasa hangat dan aman. Tulang punggung yang fleksibel memungkinkan mereka untuk menyelipkan tubuh mereka ke tempat tempat yang sempit.

13. Menggeram

talk
Bunyi-bunyian yang bagus dan susah untuk ditiru membuat kucing merasa senang dan frustasi pada saat yang bersamaan. Kucing seringkali menggeran saat melihat seekor burung atau serangga diluar namun gagal menangkapnya. Penelitian yang dilakukan oleh Wildlife Conservation Society menemukan bahwa para mangsa, dalam hal ini kucing liar membuat suara suara yang menyerupai suara monyet. Menggeram mungkin cara mereka dalam meniru suara burung. Bagaimanapun, suara meong pada kucing merupakan upaya meniru komunikasi manusia dan mengeong adalah yang paling sering digunakan untuk berinteraksi dengan manusia.

14. Mainan cadangan

cat toy

Seberapa sering kamu menggeser sofa untuk menyapu bagian bawahnya dan kamu menemukan mainan favorit kucing kamu? Percayalah, mereka sangat tahu tempat untuk menyimpan mainannya agar bisa dimainkan diwaktu berikutnya. Berpura puralah tidak melihatnya dan lanjutkan menyapu.

15. Menghina

cpld houlder
Kita mungkin menganggap ini sebagai suatu penghinaan tapi ini sebenarnya adalah wujud dari kepercayaan saat seekor kucing duduk dekat kita atau dipangkuan kita dengan bagian belakangnya menghadap wajah kita. Kucing adalah hewan pemangsa dan juga sebagai mangsa, jadi mereka harus waspada kepada para pemangsa dan siapapun yang mereka tidak percaya. Kalau kucing kita sepenuhnya percaya kepada kita, mereka akan merasa aman untuk membelakangi kita.

Bagaimana catlovers? Pada poin nomor berapa yang kucing kamu sering lakukan?

(nez)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Kenapa Sih si Kucing Senang Menjatuhkan Barang ke Lantai?

Kucing merupakan hewan yang penuh dengan rasa penasaran dan pasti kita sebagai pemelihara kucing seringkali melihat kelakuan aneh si kucing yang seperti apapun itu. Seperti berguling-guling sendiri di karpet, mencari

Perilaku Kucing

6 Penyebab Kucing Buang Air Sembarangan

Sebagai orang yang tinggal satu rumah dengan para kucing, tentu hal yang menyebalkan kalau kucing kita tiba-tiba berhenti menggunakan bak pasir nya, dan lebih memilih buang kotoran nya di tempat

Perilaku Kucing

Posisi Kucing dan Apa Artinya

Sekarang cattery.co.id akan membahas beberapa arti dari posisi kucing. Apakah kucing catlovers merasa ketakutan, merasa senang, atau merasa marah. Hal ini cukup penting agar catlovers tidak salah mengartikan bahasa kucing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!