13 Hal Yang Dibenci Kucing!
14/08/2015 62554 Views

13 Hal Yang Dibenci Kucing!

Semua orang pasti memiliki hal yang sangat disukai dan juga dibenci. Mungkin ada yang menyukai tidur siang dan ada juga yang membencinya. Ada yang menyukai balon dan ada juga yang membencinya. Ada yang suka wangi kopi di pagi hari tapi ada juga sebagian yang membencinya. Begitu pula kucing, mereka memiliki hal yang mereka suka dan benci. Kali ini kita akan membahas 10 hal yang sangat dibenci oleh mayoritas kucing. Apa saja ya catlovers?

 Ikut Berpergian dengan Mobil

Loh? Ada apa dengan mobil? Apa itu menandakan bahwa kucing tidak suka satu mobil bersama kita? Tidak catlovers. Ternyata memang pada dasarnya kucing tidak suka merasa dalam lingkup kecil yang ia tidak harapkan untuk berada didalamnya. Singkat kata kucing tidak suka berada di dalam mobil. Ia sama seperti kita yang tidak suka jika rutinitas-nya berubah dan jauh dari teritorinya. Hal lainnya yang menjadi alasan adalah kucing adalah hewan yang rentan mengalami mabuk, ia bahkan dapat muntah karena merasa cemas di dalam mobil. Sama seperti kita ya?

 

calico-250-250 kotak-250x250

pSrPrjxKucing tidak suka berpergian dengan mobil

Dimandikan dengan Air

Ya seperti telah dibahas oleh cattery.co.id pada artikel sebelumnya (lihat: Benarkah Kucing Takut Air? Apa Alasannya?) bahwa mayoritas kucing memang takut air. Mereka merasa takut karena mereka dapat melakukan self-grooming dengan lidahnya dan yang pasti karena kucing takut kedinginan. Tetapi jika dibiasakan sejak kecil ketakutan dan kebencian ini mungkin dapat dirubah menjadi kebiasaan loh catlovers!

c972878ffc10ec2c85055ca19c88b102Mayoritas kucing tidak suka mandi dengan air

Usapan di Perut

Ya, berbeda dengan anjing yang sangat suka diusap perutnya, kucing membenci hal itu. Jika kita sesekali mencoba mengusap perut si kucing pasti akan langsung mengarahkan keempat kakinya ke tangan anda dengan posisi cakar yang keluar dari tiap kakinya. Ini sangat dipercaya karena perut merupakan bagian tersensitif dari si kucing, jika kita sadar bulu dibagian perut kucing sangatlah tipis bahkan terkadang tidak berbulu. Disaat ini si kucing merasa kita akan menyerang bagian terlemah dari tubuhnya. Tetapi jika si kucing sudah benar-benar merasa nyaman dengan kita, tidak jarang ia akan memberikan perutnya untuk kita usap.

 

Cat-BiteKucing akan menyerang tangan anda jika anda mengusap perutnya

Suara yang Bising (Keras)

Suara keras yang tinggi / bising dapat mengacu insting berkelahi si kucing dan sudah pasti ia membenci suara seperti itu. Kucing pasti akan lari secepat kilat apabila ada suara petasan, klakson mobil atau pesta yang gaduh dirumah kita. Tetapi kadang suara bersin kira juga dapat membuat si kucing kabur loh!

 

cat-and-fireworksKucing membenci dan seringkali kaget dengan suara petasan

Kucing Tidak Suka Disisir Bulunya

Pasti si kucing sering meronta disaat kita menyisir rambutnya, mungkin tidak semua kucing tetapi mayoritas pasti seperti itu jika tidak dibiasakan sejak kecil. Bulu kucing yang seringkali kusut pasti membuat kita merasa ingin meniyisirnya hingga rapi, tetapi si kucing selalu merasa itu bukan ide yang bagus untuk dilakukan. Ini kembali kepada sifat kucing yang mudah berubah (moody) dan tidak suka jika bulunya terasa seperti dijenggut.

 

maxresdefaultKucing yang terbiasa disisir bulunya sejak kecil tidak akan merasa terganggu dengan hal ini

Mengusapnya Terlalu Keras

Seringkali kita merasa gregetan disaat mengusap dan mengelus si kucing sehingga tidak sadar kita melakukan itu dengan gerakan menekan yang keras. Pastinya si kucing akan mulai menghindar dan mencakar kita dengan cakarnya. Jangan menyalahkan si kucing ya catlovers! Ini merupakan insting dasar si kucing jika merasa tidak nyaman ia akan merespon segalanya dengan self-defense lalu kabur. Hal ini juga mengacu insting si kucing untuk berkelahi.

72623.ngsversion.e010866c6811182d42dc756194ac2331.adapt.768.1Jangan mengusapnya terlalu keras karena itu dapat membangkitkan insting berkelahi si kucing!

Digunting Kukunya

Ya mungkin disaat kita kecil pun kita merasakan hal yang sama ya disaat kuku kita digunting oleh orang tua. Kita akan meronta dan berusaha agar kuku kita tidak digunting. Tetapi si kucing dalam setiap fase umurnya sangat tidak suka jika kukunya digunting (mungkin dapat terbiasa digunting kukunya apabila sejak kecil telah dibiasakan). Alasan terkuatnya adalah cakar kuku merupakan senjata utama yang dimiliki si kucing. Apabila ia tidak memiliki cakar, apalagi yang dapat digunakan untuk membela dirinya disaat genting? Seperti halnya samurai yang diambil pedangnya, apa ia dapat berkelahi dengan tangan kosong? Itu jelas bukan keahliannya. Tetapi ada beberapa trick yang mungkin dapat dilakukan oleh catlovers jika ingin menggunting kuku si kucing. Pertama adalah disaat ia tertidur, usahakan tidak terlalu banyak gerakan yang dibuat agar si kucing tidak bangun disaat kukunya digunting. Kedua adalah dengan membuat si kucing sibuk dengan sesuatu, seperti misalnya diberikan mayonnaise dihidungnya. Selagi ia sibuk menjilati mayonnaise dihidungnya, ia tidak akan fokus dengan kukunya yang sedang digunting. Give it a try!

 

cute-cat-sleepingMenggunting kukunya disaat ia tertidur merupakan trick yang bagus

Hewan / Kucing Lain dalam Teritorinya

“Di kawasanku hanya ada aku dan peraturanku”, mungkin itu yang menjadi motto tiap kucing dalam teritorinya. Seperti mafia saja ya! Tetapi memang benar, kucing sangat tidak suka apabila ada hewan atau kucing lain masuk kedalam teritorialnya. Itu sama saja dengan mengibarkan bendera perang dan mempertaruhkan teritori itu akan dimiliki siapa akhirnya. Insting ini juga merupakan hal mendasar yang dimiliki si kucing, sama halnya dengan insting yang dimiliki saudara jauhnya macan, singa dan harimau. Mereka akan berusaha sekuat apapun untuk menjaga teritorinya agar tidak dimasuki kawanan lain.

 

fighting-in-the-garden-shutterstock_188284364Kucing sangat tidak suka dengan kedatangan hewan / kucing lain di teritorialnya

Terlalu Diperhatikan

Tentu saja siapapun akan merasa risih apabila terlalu diperhatikan oleh sekitarnya. Hal ini juga berlaku kepada si kucing yang selalu mengundang perhatian tiap orang yang melihat dirinya yang menggemaskan. Mungkin sesekali kita perlu “mengacuhkannya” agar ia dapat bermain sendiri dengan alam sekitarnya dan membiarkannya beristirahat. Tenang saja, kucing yang sudah merasa bergantung kepada kita pasti akan mendekati kita jika ingin diperhatikan.

 

Notebook-computer-with-cat-paw-using-mouse-button-shutterstock_188818472Kucing yang sudah akrab dengan anda akan meminta diperhatikan apabila dia memerlukannya

Kurang Perhatian

Kucing memang tidak suka menjadi pusat perhatian atau terlalu diperhatikan, tetapi ini bukan berarti si kucing tidak diperhatikan ya catlovers! Ia tetaplah sewajarnya hewan peliharaan yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang pemeliharanya secara rutin. Kucing yang merasa kesepian kadang akan menjadi lebih agresif dan sangat liar karena ia akan mencari cara agar dirinya tidak selalu terdiam, namun ada juga yang akhirnya menjadi kucing yang sangat pasif dan pemalas hingga menjadi obesitas karena hanya tidur dan makan tanpa adanya waktu bermain.

 

obese-cat-checkupKucing akan mengalami obesitas jika kurang diperhatikan, diajak bermain dan hanya diberikan makan dan dibiarkan tidur sepanjang hari

Tidak Suka Sesuatu yang Terasa Manis

Kita semua mungkin sangat suka rasa manis, apalagi jika itu berasal dari permen, cokelat, jus, kue dan makanan lainnya yang rasanya manis. Tetapi tidak untuk si kucing, ia tidak dapat merasakan rasa manis bahkan cenderung membencinya, ada juga beberapa kasus yang menyebutkan bahwa disaat kucing diberikan sesuatu yang manis mereka akan muntah dan mengalami alergi. Mereka lebih senang menggigiti rumput yang mungkin rasanya hambar dan cenderung pahit. Oiya, kucing juga suka sedikit kandungan karbo didalam makanannya.

 

getty_rm_photo_of_kitten_preparing_to_pounce_on_gumdropsKucing tidak dapat merasakan rasa manis dari apapun

Tidak suka Tempat Yang Kotor untuk Beristirahat atau Membuang Kotoran

Seringkali kucing pergi dari kandangnya atau litter box-nya untuk membuang kotorannya atau urine. Itu dapat dijadikan indikasi bahwa kandang dan litter box-nya belum cukup bersih sehingga ia tidak merasa nyaman beristirahat atau membuang kotorannya disitu. Jangan heran jika mereka akan menemukan tempat baru untuk membuang kotorannya disaat seperti itu ya catlovers, itu merupakan insting dasar si kucing yang tidak menyukai tempat kotor.

 

Cat Sniffing LitterboxKucing tahu dimana tempat yang bersih untuk ia beristirahat dan membuang kotorannya

Kucing Dewasa Tidak menyukai Keberadaan Kucing Kecil disekitarnya

Belum ada penjelasan jelas untuk hal ini tetapi ini dipercaya bahwa aroma dari kucing kecil atau yang baru lahir sangat aneh untuk dihirup kucing dewasa yang bukan induknya (sekalipun itu pejantannya). Jadi jangan pernah menyatukan kucing dewasa dengan kucing-kucing kecil ya catlovers, beda halnya jika hubungan diantara mereka adalah induk dan anak-anaknya. Karena jika ditinggalkan seperti itu si kucing dewasa akan berusaha menyingkirkan kucing kecil tersbut dari lingkungannya atau bahkan melukainya.

 

Zee-meets-ZoeyJangan sekali-kali meninggalkan kucing kecil dengan kucing dewasa tanpa pengawasan kita

 

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

9 Cara Membangun Kepercayaan Pada Kucing Pemalu

Banyak penyebab kucing menjadi pemalu atau takut pada manusia. Entah apakah kucing itu hasil rescue dari situasi dimana ia diperlakukan dengan buruk oleh manusia, tidak pernah berinteraksi dengan manusia sebelumnya,

Perilaku Kucing

15 Alasan Mengapa Kita Mencintai dan Menertawakan Kucing

Dunia kita akan terasa lebih menyenangkan apabila terdapat didalamnya individu-individu yang memiliki banyak akal. Mereka membuat kita tertawa dan merasa santai. Mungkin itu sebabnya kita sangat mencintai kucing kita. Tingkah

Perilaku Kucing

Kenapa Kucing Senang Sekali Menjatuhkan Barang-Barang Dirumah?

Kita sebagai carlovers pasti sering melihat kelakuan si kucing yang sangat lucu dan mungkin terkadang membuat kesal tetapi selalu kita maklumi karena rasa sayang kita sangat besar kepada si kucing.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!