12 Fakta tentang Si Kucing yang Belum Kita Tahu!
24/01/2017 8586 Views

12 Fakta tentang Si Kucing yang Belum Kita Tahu!

Kucing adalah hewan yang penuh dengan misteri di dalam dirinya. Bukan tentang supranatural atau hal yang berbau metafisis, melainkan ciri fisik dan psikis merekalah yang sebenarnya menyimpan banyak sekali hal-hal yang belum diketahui oleh banyak orang sebelumnya meskipun mereka seorang pecinta kucing. So, daripada kita berlama-lama dan menebak-nebak apa saja hal-hal yang belum kita ketahui tentang diri si kucing, langsung saja ya catlovers lanjut membaca artikel khas cattery.co.id kali ini hingga selesai!:D

Silver tabby cat Joan about to jump

Kita semua setuju bahwa kucing merupakan hewan yang sangatlah unik dan menarik untuk dikenali sekaligus juga dipelihara, dan inilah beberapa fakta unik tentang si kucing yang mungkin kita juga belum tahu sebelumnya!

  1. Kucing tidak memiliki tulang selangka.

ogbvp-jpg1Kalau manusia seperti ini jadinya seperti di film “The Exorcist” ya?

calico-250-250 kotak-250x250

Kita sebagai pemelihara kucing pasti seringkali terheran-heran dan berbicara di dalam hati seperti “kok bisa sih dia melakukan itu?” pada saat si kucing melewati celah yang jauh lebih kecil dari badannya dan terlihat seperti dapat memasuki dan juga melewati tempat yang berukuran pas dan juga kadang lebih kecil dari volume tubuhnya. Apalagi jika mereka telah memasuki toples atau aquarium kaca yang kosong dan dirinya menjadi seperti liquid yang mengikuti bentuk dari dalam toples ataupun aquarium kaca tersebut. Nah, ini ternate dikarenakan si kucing tidak memiliki tulang selangka sehingga memungkinkan mereka untuk memiliki fleksibilitas tubuh yang tinggi dan dapat melalui celah seperti apapun.

  1. Kebanyakan kucing terlahir dengan bola mata berwarna biru.

baby_kittens_with_blue_eyes-t2Lihat warna bola mata yang mereka punya. Lucu ya catlovers?

Kebanyakan kucing terlahir dengan bola mata yang berwarna biru, hanya saja bola mata mereka yang semula berwarna biru pada saat lahir kemudian berangsur-angsur berubah warna dalam minggu ketiga mereka terlahir dan pada minggu ke 12 hingga ke 16 bola mata mereka akan memiliki warna yang kemudian tetap hingga mereka dewasa.

  1. Bulu rambut si kucing memang sangatlah BANYAK!

furry-cat-covered-in-snowFurry, Furry, Furry Cat!

Rata-rata seekor kucing setidaknya memiliki 130.000 bulu rambut per-inci persegi! Jadi, tidak heran ya jika kita melihat banyak sekali bulu kucing yang menempel di sofa, tempat tidur, baju hingga celana yang kita gunakan setelah si kucing menghampiri kita! Ini adalah hal yang normal.

  1. Bentuk hidung si kucing sama uniknya dengan sidik jari kita.

Look-At-My-Nose-Hooman.Lihat-lah hidung-ku hey hoomaaaan!!!

Ya, hidung si kucing memiliki keunikan yang sama dengan sidik jari yang kita miliki. Jadi, jika hidung si kucing ini memiliki cap sidik jari seperti kita, mereka memiliki motif dan bekas yang berbeda-beda setiap kucingnya dan itu sama halnya dengan sidik jari kita. Jadi, setiap kucing di dunia ini tidak memiliki bentuk motif hidung yang sama satu dengan yang lainnya. Hebat ya catlovers?

  1. Teori Gravitasi dan….. pintu khusus kucing (?)

Brown Spotted Bengal catten coming through the cat flap.Siapa ya penemu dari pintu khusus kucing?

Well, sepertinya tidak ada korelasinya ya antara teori gravitasi dan juga pintu khusus kucing yang sering kita lihat ada pada pintu utama rumah seorang pecinta kucing dan berukuran kecil. Namun, jika kita membahas siapakah penemunya, ternyata hubungannya mulai terlihat! Dilansir bahwa Sir Isaac Newton sang bapak gravitasi ini merupakan penemu pertama dari pintu khusus kucing yang diaplikasikan pada pintu rumah.

  1. Kucing tidak bisa merasakan rasa manis.

‘ini apa ya? wanginya enak tapi tidak berasa.. tetapi enak!’

Kucing tidak memiliki perasa manis di dalam mulut mereka sehingga mereka tidak bisa merasakan rasa manis meskipun diberikan makanan yang memiliki rasa tersebut. Namun, para ilmuwan percaya bahwa ini dikarenakan adanya mutasi dalam reseptor indra perasa si kucing dari waktu ke waktu.

  1. Kita berkata “lompat!” kepada si kucing, mereka menantang dengan “seberapa tinggi?!”

maxresdefault‘Kamu atlet lompat jauh? Bagaimana dengan ini?’

Pernah lihat si kucing melompat? Catlovers tercengang? Jangan heran, karena seekor kucing memang memiliki kemampuan rata-rata dimana mereka dapat melompat hingga lima kali lebih tinggi dari tinggi badan mereka hanya dalam satu lompatan.

  1. Mereka dan pemeliharanya merupakan titisan dewa (?)

4812999830_568404e43a_bTidak perlu diragukan bahwa para pecinta kucing sudah pasti penyayang kan catlovers?

Seorang pecinta kucing disebut ‘Ailurophilia’ yang merupakan bahasa dalam sebuah mitologi Yunani yang berarti ‘seorang yang sangat penuh dengan rasa kasih dan sayang’. Well, apakah benar adanya kita seperti itu?

  1. Kucing juga berkeringat

Seekor kucing akan mengeluarkan keringatnya dari bantalan cakar pada tangannya

Kucing tidak memiliki kelenjar yang memproduksi keringat pada tubuh mereka seperti yang kita (manusia) miliki. Akan tetapi sebenarnya mereka juga berkeringat loh catlovers, hanya saja tidak pada sekujur tubuhnya, melainkan pada bantalan yang ada pada kaki mereka. Pernah lihat cakar si kucing? Pernah lihat bantalan yang gempal pada kaki mereka yang biasanya berwarna pink nah disitulah mereka berkeringat.

  1. Urine yang glow in the dark!

pile-of-glow-in-the-dark-bracelets-1024x775Menyala dalam gelap!

Tahukah catlovers bahwa urine si kucing dapat bersinar di dalam gelap (glow in the dark) jika tidak adanya cahaya diatas mereka? Nah, sebenarnya ini juga merupakan salah satu pertahanan diri dari si kucing untuk kembali ke jalan mereka kembali ke rumah dan juga dapat kita gunakan untuk mencari jejak si kucing yang mungkin sedang hilang di dalam rumah!

  1. Kidal-kah? Atau si tangan manis?

Mana tangan manisnya???

Pernahkah kita terpikir apakah kucing kita lebih sering menggunakan tangan kirinya atau kanan-nya pada saat menyentuh sesuatu? Ternyata menurut survey mayoritas kucing sebanyak 50% merupakan pengguna tangan manis pada saat merespons sesuatu yang ada didekatnya. 10% dari mereka merupakan pengguna kedua tangan yang seimbang dan 40%-nya merupakan kidal. Nah, untuk menentukan apakah si kucing merupakan seekor kucing yang kidal atau pengguna tangan manis cobalah melakukan beberapa permainan yang mengundang si kucing untuk menggunakan tangannya di dalam permainan. Seperti contoh bermain dengan bulu-bulu yang ditempel kepada sebuah tongkat. Cobalah dekati mainan tersebut kepada mereka dan lihat respon tangan mereka pertama kali menyentuh mainan tersebut apakah kidal atau menggunakan tangan kanan-nya. Cobalah berkali-kali untuk meyakinkan hasilnya!

  1. Disney memiliki tentara kucing untuk membasmi tikus!

Cheshire-cat-4Cheshire Cat salah satu animasi kucing besutan Disney yang ada di dalam karya fiktif ‘Alice in Wonderland’

Sejak tahun 1955 silam ternyata Disneyland yang merupakan adaptasi nyata dari dunia kartun yang dibuat oleh Walt Disney tidaklah setuju bahwa tikus memang dapat menjadi sahabat bagi kucing dan juga manusia karena semenjak saat itu pulalah Disneyland memelihara banyak sekali kucing liar untuk mereka jadikan tentara yang mengontrol populasi tikus yang seringkali  berkeliaran di taman. Pada siang hari mungkin para pengunjung tidak melihat banyaknya kucing disekitar Disneyland karena mereka ada di dalam ruang pemeliharaan kucing dan diberi banyak makanan dan juga mainan disana, namun pada malam hari para kucing tersebut telah siap tempur dan bersiaga untuk menjaga seluruh taman dari tikus yang licik!

maxresdefault (1)blah, blah, blah teruslah kepo akan diriku!

So, catlovers ternyata kucing memiliki fakta-fakta unik yang membuat kita tercengang ya? Dan mungkin saja masih banyak yang kita tidak tahu tentang mereka!

Sources:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kucing dan Lumba-Lumba sedang Bermain

Siapa sangka dua hewan yang beda tempat hidupnya bisa bermain bersama? Video ini menunjukkan bahwa kucing dan lumba-lumba merupakan hewan yang ramah dan suka bermain. Artikel ini disponsori oleh:

Dunia Kucing

(Video) Melihat Kucing ‘Ngulet’ Merupakan hal yang Menyenangkan!

Kami mengawali artikel ini dengan sebuah pertanyaan ya catlovers, pertanyaannya adalah : hal pertama apa yang catlovers lakukan setelah atau sebelum tidur? Mungkin beberapa dari kita ada yang tidak melakukan

Dunia Kucing

Kenapa Kucing Suka Bersantai di Tempat yang “Aneh”?

Hallo catlovers! Masih ingat tidak dengan artikel cattery.co.id tentang kucing sangat menyukai kardus? (Lihat : 5 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka di Dalam Kardus) Nah ternyata bukan Cuma kardus loh

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!