10 Tips Mengurangi Bau Kucing di Rumah
08/05/2015 76276 Views

10 Tips Mengurangi Bau Kucing di Rumah

Kucing para catlovers mungkin dapat dipastikan bersih, tapi bak pasir seringkali menimbulkan masalah bau. Berikut cattery.co.id beri 10 tips mengurangi bau yang berasal dari bak pasir.

1. Ganti Jenis Pasir
Jenis pasir yang kita gunakan berperan penting dalam mengontrol bau. Aturannya adalah satu bak pasir per kucing dalam rumah. Kita juga bisa melakukan tes mengunakan merk yang berbeda di bak pasir yang berbeda, sehingga kita bisa menilai jenis dan merk apa yang dapat mengurangi bau. Pasir bentonite/gumpal seringkali dapat mengurangi bau dibandingkan dengan pasir organik yang terbuat dari koran. Banyak jenis pasir yang dibuat khusus untuk mengurangi bau pup kucing, yang memasukkan baking soda, dan formula lainnya. (Baca: Memilih Pasir Kucing Terbaik)

670px-Maintain-Your-Kitten's-Litter-Box-Step-2

2. Gunakan Pengharum Pasir
Jika pasir yang dipilih kucing tidak menawarkan pengontrol bau yang baik, kita bisa gunakan pewangi pasir dalam bentuk taburan atau semprot. Biasanya produsen pasir menggunakan baking soda karena tidak beracun bagi kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

3. Cari Pengharum Ruangan yang tepat

Cari lah pengharum ruangan yang cocok untuk kita, pakai lah di dalam ruangan dimana bak pasir kucing diletakkan. Perlu diperhatikan adalah cari pengharum ruangan yang tidak beracun bagi kita dan si kucing. Biasanya pengharum ini di jual di petshop dan toko kesehatan.

bigstock-sprayed-air-freshener-in-hand--38762920

4. Taruh Bak Pasir di Tempat yang Terbuka
Selain menaruh bak pasir yang jauh dari jalur lalu-lalang orang di rumah, bak pasir juga harus diletakan di tempat yang memiliki ventilasi yang bagus. Menaruh bak pasir di tempat ventilasi yang minim, justru menambah masalah bau di rumah kita. Jika kita memiliki lebih dari satu bak pasir, coba taruh di tempat yang berbeda, ini berguna untuk mengurangi bau dan memberikan pilihan bagi kucing untuk pup.

6-94687-smell5-1424976075

5. Rajin lah Menyerok Bak Pasir
Salah satu alasan kenapa bak pasir kita bau adalah karena tidak sering kita serok. Jika perlu, buanglah pup kucing kita secepatnya.

Screen-Shot-2012-04-26-at-1.49.35-PM-copy-271x300

6. Coba Pakai Carbon Filter
Coba pakai carbon filter untuk mengurangi masalah bau. Carbon Filter ini berbentuk seperti lembaran ampelas halus dan ditempatkan di bagian bawah bak pasir. Carbon filter ini dapat diganti setiap tiga sampai empat minggu sekali. Biasanya tersedia di supermarket dan petshop.

7. Gunakan Air Purifiers
Air purifiers tidak hanya meningkatkan kualitas udara di rumah kita, tetapi juga akan menghilangkan segala macam bau di rumah, termasuk bau yang berasal dari bak pasir.

630285p

8. Singkirkan Litter Box yang Tertutup
Banyak orang yang menganggap bahwa litter box yang tertutup dapat mengurangi bau pup. Namun litter box tertutup kurang direkomendasikan, karena kucing merasa tidak aman ketika pup di tempat yang tertutup. Selain itu, beberapa ukuran juga terlalu kecil bagi kucing.

http://www.dreamstime.com/-image20043844

9. Ganti Makanan Kucing
Kita pasti pernah dengar pepatah, “Kita adalah apa yang kita makan”. Ini juga berlaku untuk kucing kita. Perbedaan jenis dan merk makanan akan mempengaruhi bau dan jumlah urin dan pup kucing kita. Sangat penting untuk memberi makanan yang terbaik untuk kucing kita. Beberapa merk makanan kucing berjenis holistic atau grain free sangat baik untuk kucing kita. Merk makanan kucing yang murah dapat berakibat buruk bagi si kucing dalam jangka panjang. Asupan nutrisi yang baik dapat meningkatkan kesehatan kucing. Dalam jangka pedeknya, pup dan urin kucing juga menjadi lebih baik.

Change-Cat-Food-Small

10. Rajin Mandikan Kucing
Kucing biasanya tidak memiliki bulu yang bau, karena ia sering membersihkan bulunya sendiri. Namun, infeksi kulit karena jamur dan bakteri dapat menyebabkan bau yang tidak enak. Tanda-tanda kulit kucing terkena infeksi biasanya disertai dengan bulu rontok, gatal-gatal, atau kulit tampak merah dan meradang. Jika sudah terkena infeksi, maka harus segera ditangani dokter hewan. Oleh karena itu rajin lah untuk memandikan kucing, seminggu sekali untuk rambut panjang dan 2 minggu sekali untuk rambut pendek. Gunakan shampo yang tepat untuk kucing kita.

cat_bath

 

 

(rb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Berapa Lama Anak Kucing Harus Tinggal Bersama Induknya?

Berapa usia ideal untuk memisahkan anak kucing dengan induknya? Hal ini masih menjadi perdebatan diantara catlovers. Anak kucing memang harus dipisahkan dengan induknya agar mereka bisa menjalani hidup di rumah

Cara Merawat Kucing

Menghindari Bencana Saat Hari Raya Bagi Pemilik Kucing

Ketika kita heboh menyambut hari raya lebaran, Natal, tahun baru, Nyepi, Waisak, kemerdekaan RI, Imlek, atau lainnya, kucing kita belum tentu merasakan hal yang sama. Bahkan beberapa cara kamu merayakannya bisa menyebabkan kucingmu

Cara Merawat Kucing

Tips untuk Kucing yang Susah Makan

Kucing adalah hewan yang moody. Termasuk dalam soal makanan. Selain karena rasa, nafsu makan kucing juga sangat dipengaruhi oleh aroma, suhu dan tekstur dari makanan. Produsen makanan hewan telah lama

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!