10 Tanda Kucing sedang Stres
20/07/2015 66721 Views

10 Tanda Kucing sedang Stres

Tahukah catlovers bahwa kucing bisa terkena stres? Ya, tidak hanya manusia saja yang bisa terkena stres, hewan pun bisa terkena stres – termasuk kucing. Stres pada kucing bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti cemas dan takut. Stres juga bisa memicu gejala gangguan kesehatan pada kucing. Ketika kucing sedang stres, kekebalan imun tubuh dan dapat memicu berbagai penyakit pada kucing. Kali ini cattery.co.id akan membahas 10 tanda kucing sedang stres, hal ini sangat penting agar catlovers bisa segera mengetahui bahwa kucing kita sedang stres dan bisa segera mengambil tindakan preventif.

1. Kencing di luar litter box
Hal tersebut mungkin sangat menjengkelkan bagi catlovers jika kucingnya kencing di luar litter box. Kita harus segera membersihkan kencing yang bau tersebut, sebelum menjadi kering dan bertambah bau. Namun catlovers harus memperhatikan lagi, kucing yang buang air kecil di luar litter box mungkin mencoba mengatakan sesuatu kepada kita. Coba lah konsultasikan hal ini pada dokter hewan untuk mencari tahu penyebabnya.

2. Diare, Sembelit atau Masalah Pencernaan Lainnya
Diare, sembelit atau masalah pencernaan lainnya bisasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh si kucing. Namun jangan salah, jika kita yakin bahwa makanan yang kita beri pada kucing tersebut sehat dan tidak sedang dalam proses mengganti pakan kucing, maka bisa jadi hal tersebut karena kucing sedang stres. Jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut, cobalah konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli kucing yang catlovers percaya.

3.Grooming Berlebihan
Kucing memang dikenal sering grooming tubuh mereka. Namun jika si kucing menjilati bulunya secara berlebihan dan hingga botak, maka ini jelas tanda yang berbahaya. Kemungkinan kucing terkena kutu (lihat: 10 tanda kucing terkena kutu) atau ia sedang stres. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan dan catlovers yang lebih ahli.

calico-250-250 kotak-250x250

cat-skin-problems-shutterstock_173805656_0
4. Menggaruk Berlebihan
Seperti menjilati berlebihan, menggaruk berlebihan dapat menjadi indikasi bahwa si kucing memiliki masalah kesehatan dan perilakunya. Bisa jadi karena si kucing terkena kutu atau bermasalah dengan kulitnya.

5. Menyendiri
Sikap menyendiri dan acuh tak acuh memang salah satu perilaku kucing. Namun ketika kucing segera berlari dan bersembunyi dan lari ketika melihat kita atau orang asing di rumah, maka itu pertanda kucing mengalami stres atau masalah lainnya.

6. Suara yang Berlebihan
Beberapa jenis kucing – seperti kucing bengal, siamese, dan sphynx – memiliki suara yang lebih vokal dibanding beberapa jenis kucing lainnya yang pendiam – seperti kucing persia dan scottish fold. Namun jika kucing terdengar lebih berisik dan vokal dari biasanya, kita harus lebih waspada. Membawanya ke dokter hewan merupakan pilihan yang tepat dibandingkan kita harus menerka-nerka penyebabnya.

7. Menurunnya Nafsu Makan
Kucing tidak boleh berpuasa atau melakukan diet seperti yang kita lakukan. Jadi segera konsultasikan dengan dokter hewan jika tiba-tiba si kucing kehilangan nafsu makan dan berhenti makan. Bisa jadi karena si kucing tersebut itu stres, atau terkena masalah di sistem pencernaannya.

8. Waktu Tidur yang Meningkat
Hanya karena kucing bisa tidur hingga 20 jam sehari, bukan berarti kucing harus tidur selama itu. Catlovers pasti sudah tahu berapa lama dan kapan waktu tidur si kucing. Jika kucing tidur lebih lama dari biasanya dan terlihat lebih lesu dari biasanya, kita harus lebih waspada.

angry-cat-shutterstock_151620788

9. Bersikap Agresif pada Hewan Lain
Tindakan agresif kucing terhadap hewan lain bisa menjadi pertanda terjadi masalah. Bisa jadi hewan tersebut sedang stres atau sakit. Coba konsultasikan dengan ahlinya.

10. Agresif Terhadap Orang
Kucing yang sedang stres atau sakit bisa menjadi agresif terhadap orang-orang, bahkan terhadap kita sendiri. Ini adalah salah satu tanda yang cukup terlihat.

Itu  adalah 10 Tanda kucing sedang stres. Jika kucing catlovers terdapat tanda-tanda yang telah disebutkan diatas, sebaiknya catlovers waspada. Catlovers harus berusaha mengurangi stres pada kucing (lihat: 9 Cara Mengurangi Stres Pada Kucing) karena jika dibiarkan, bukan hal yang tidak mungkin si kucing akan menjadi lebih kronis penyakitnya. Selalu perhatikan perubahan-perubahan pada si kucing, jika ada hal yang aneh coba dikonsultasikan dengan ahli yang dipercaya dan bawa ke dokter hewan untuk lebih pastinya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Teritori Kucing dan Cara Mereka Menandainya

Kucing secara insting akan membuat tanda di furnitur, pohon dan benda-benda di sekelilingnya dengan cakar atau urinnya untuk menandai daerah “kekuasaan”. Dalam daerah inilah kucing merasa paling aman dan berkuasa. Tidak

Perilaku Kucing

15 Alasan Mengapa Kita Mencintai dan Menertawakan Kucing

Dunia kita akan terasa lebih menyenangkan apabila terdapat didalamnya individu-individu yang memiliki banyak akal. Mereka membuat kita tertawa dan merasa santai. Mungkin itu sebabnya kita sangat mencintai kucing kita. Tingkah

Perilaku Kucing

Posisi Kucing dan Apa Artinya

Sekarang cattery.co.id akan membahas beberapa arti dari posisi kucing. Apakah kucing catlovers merasa ketakutan, merasa senang, atau merasa marah. Hal ini cukup penting agar catlovers tidak salah mengartikan bahasa kucing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!