10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 2)
29/12/2015 4174 Views

10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 2)

Holla catlovers! Masih ingat dengan pembahasan kita tentang 10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 1) yang kemarin? Nah, kali ini kita masih membahas mitologi kucing, akan tetapi dari beberapa negara yang berbeda! Sekarang kita akan membahas mitologi kucing yang mungkin sedikit lebih creepy dari sebelumnya! Bagaimana tidak, ada makhluk mitos berbentuk kucing di satu negara (pada masa lalu) yang katanya tidak segan untuk memakan manusia disaat ia ketahuan keberadaannya! Lalu ada juga makhluk mitologi berbentuk kucing yang senang berdansa dan berjalan bahkan berbahasa layaknya manusia! Well, cukup kisi-kisinya sepertinya sudah cukup membuat catlovers penasaran kan? Jadi ayo dimulai membaca artikelnya dan terus scroll kebawah!

6. Bakeneko

076-bakenekoIlustrasi dari Bakeneko

Ya, dari namanya saja sudah jelas ini merupakan makhluk mitos berbentuk kucing dari Jepang. Bakeneko merupakan legenda yang ada sejak masa Jepang kuno. Bakeneko juga memiliki karakter fisik yang sama persis dengan kucing rumahan yang ada disekitar kita sekarang. Akan tetapi, jika Bakeneko telah menginjak usia 12 atau 13 tahun, mereka mulai berjalan menggunakan kedua kaki belakangnya layaknya manusia! Bahkan tidak hanya itu, mereka bisa berbicara dan juga mengerti bahasa manusia!

Buson_BakenekoIlustrasi dari Buson Bakeneko (Bakeneko yang baru beranjak remaja dan bisa berjalan dengan dua kaki)

calico-250-250 kotak-250x250

Bakeneko yang telah dewasa konon akan semakin menyerupai manusia, dan Bakeneko yang jahat konon katanya akan mentransfer raganya dengan raga pemeliharanya sehingga pemeliharanya akan menjadi kucing sedangkan Bakeneko jahat akan menjadi manusia seutuhnya. Tetapi dibandingkan Bakeneko yang jahat, dipercaya bahwa jauh lebih banyak legenda Bakeneko yang baik hati dan menyenangkan. Banyak dari Bakeneko juga sangat tidak peduli dengan sekitarnya dan sangat senang untuk berdansa / menari dengan taplak meja diatas kepalanya.

Meskipun begitu, tetap saja dikatakan bahwa Bakeneko sangat tidak cocok untuk dipelihara, buntutnya seringkali memunculkan api dan akan membakar apasaja yang tersentuh oleh buntut tersebut. Dikatakan juga bahwa Bakeneko yang telah tua dapat membangkitkan orang yang telah meninggal sehingga pada masa Jepang kuno (katanya) sering melihat orang mati berkeliaran kesana kemari dijalanan apabila ada Bakeneko disekitar lingkungan mereka. Semakin menakutkan ya?

Tetapi legenda tetaplah legenda. Pada masa sekarang orang Jepang tidak pernah memilah-milih dalam memelihara kucing, bahkan mereka sangat menghargai kucing. Banyak sekali legenda yang tidak mengenakkan berseliweran tentang kucing ditengah-tengah kehidupan mereka, akan tetapi itu tetap tidak mengurangi rasa cinta mereka kepada kucing mereka!

7. Nekomata

nekomata_dancing1Ilustrasi dari Nekomata. Terlihat bahwa Nekomata memiliki buntut yang bercabang 2 (bisa lebih)

Masih dari Jepang dan masih juga perubahan wujud daripada Bakeneko. Bakeneko yang semakin menua akan terus membesarkan ukuran badannya, namun jika mereka memasuki masa keemasan dalam usia mereka, buntut mereka akan membelah menjadi dua dan jadilah Bakeneko ke Nekomata.

Bakeneko dapat menjadi baik hati dan tidak akan pernah mengganggu kehidupan manusia, namun lain halnya dengan Nekomata. Secara keseluruhan Nekomata adalah kucing jelmaan yang sangat jahat dan sadis kepada manusia, bahkan mereka tidak ragu untuk memakan manusia hidup-hidup! (Ok Japan, you are the scariest one now). Diluar itu, mereka seringkali melakukan penawaran kepada manusia dalam bentuk apapun (tentunya penawaran hal magis yang tidak boleh ditolak oleh manusia). Lalu, yang paling ironisnya adalah Nekomata memiliki kemampuan untuk terus menghantui seseorang dengan merubah wujudnya menjadi orang yang orang tersebut cintai (apalagi jika orang yang dicintai oleh orang tersebut telah meninggal).

neko_mata_by_donnaquinn-d4axhdnIlustrasi dari raja para Nekomata yang hidup di gunung

Raja dari seluruh Nekomata konon selalu hidup di gunung-gunung tinggi di Jepang. Raja-raja dari para Nekomata dikenal memiliki wajah kucing dan badan yang mirip dengan anjing. Banyak juga orang pedalam Jepang yang mengakui bahwa mereka telah melihat raja Nekomata.

8. Splinter Cat

splintercatIlustrasi dari Splinter Cat yang sedang menghantam pohon dengan kepalanya

Splinter Cat konon merupakan makhluk yang tinggal di daerah berhutan di Amerika bagian Utara. Splinter Cat sangat berbeda dengan mitologi kucing lainnya yang seringkali susah ditemukan dan tersembunyi, justru mereka dikenal sebagai kucing yang gaduh, kikuk, cenderung tidak cermat dalam memangsa dan berkepala sangat keras. Splinter Cat terkenal sering menghancurkan pohon yang ada didepan mereka dengan menyeruduknya. Terdengar aneh ya catlovers?

Splinter Cat juga konon memiliki cakar yang sangat tajam sehingga mereka dapat memanjat seluruh pohon yang mereka mau dan melompat kesana-kemari. Mereka juga memiliki tulang kaki belakang yang sangat kuat sehingga mereka dapat melompat cukup tinggi untuk mencapai bagian atas pohon.

SplinterIlustrasi dari Splinter Cat yang sedang berburu mangsanya yang berupa lebah dan hewan yang hidup di pohon

Akan tetapi mereka hanya akan berburu pada malam hari dimana benar-benar tidak ada aktivitas disekitar hutan teritori mereka. Cuaca favorit mereka adalah ketika hujan badai sehingga suara gaduh dari tiap lompatan, serudukan dan langkah mereka tidak akan terdengar oleh siapapun dikarenakan tertutup oleh suara dari hujan badai itu sendiri. Banyak sekali terjadi kasus pohon yang tumbang dan sarang lebah yang telah hancur secara janggal dipagi hari disekitrar hutan bagian Amerika Utara. Well, benarkah itu ulah dari Splinter Cat? Who knows!

9. Guardians of The Otherworld

caveThe Cave of The Cats

Bangsa Mesir sangat mendewakan kucing dan itu sudah menjadi rahasia umum ya catlovers. Lalu bangsa Mesir yang ditaklukan oleh Romawi menyebarkan juga kepada bangsa Romawi bahwa kucing merupakan makhluk yang sangat mistis dan penuh dengan daya magis. Lalu hal tersebut tidak hanya berhenti pada bangsa romawi, bangsa romawi lalu menyebarkan kembali informasi tersebut ke daerah Celtic dan konon mereka sampai meyakini bahwa kucing adalah hewan-hewan yang menjaga pintu dunia lain.

Thw Cave of the Cats (gua kucing) yang ada di Irlandia dipercaya sebagai mulut neraka disana. The Cave of the Cats dipercaya oleh warga Irlandia sebagai pintu neraka yang langsung menyambung ke perut bumi dan juga dunia lain. Lalu pintu neraka dari The Cave of the Cats konon hanya terbuka pada malam Samhain (Halloween),dan pada saat itu monster keluar dan akan meneror malam Halloween pada masa yang telah silam.

OLYMPUS DIGITAL CAMERABagian dalam dari The Cave of The Cats, Irlandia. Berani coba?

Konon sosok pahlawan legendary di Irlandia yang dinamakan Cuchulain menjinakkan seluruh kucing yang ada di gua tersebut sehingga kucing-kucing tersebut diberikan mandat oleh sang pahlawan Cuchulain untuk menjaga pintu neraka di gua mereka agar kehidupan manusia dan monster tidak dapat tergabung.

Mungkin, perihal pintu neraka dan kisah tersebut masih bisa dianggap sebagai mitos. Akan tetapi, The Cave of the Cats memang benar adanya! Hingga saat ini The Cave of the Cats

Masih menjadi salah satu destinasi wisatawan jika sedang berkunjung ke Irlandia. Namun jangan harap menemukan pintu neraka yang konon selalu disebut-sebutkan pada masa silam meskipun gua tersebut bagian dalamnya tidak lagi jauh ke dalam dikarenakan pada saat para pekerja sedang menguruk gua tersebut dan melakukan sedikit instalasi, batu-batuan dari atas gua runtuh dan menutup sebuah jalan ke dalam. Atau mungkin sebenarnya jalan tertutup itulah yang menjadi hellgate-nya ya catlovers?

10. Big Ears

Fire_CatIlustrasi dari Big Ears. Konon ia berupa kucing yang berbulu api menyala

Dalam sebuah cerita rakyat Skotlandia, ada sebuah mitos tentang kucing keturunan iblis dan setan yang dinamakan Big Ears. Dikatakan bahwa Big Ears merupakan keturunan langsung dari Irusan yang merupakan raja dari mitologi kucing. Orang-orang Skotlandia mempercayai bahwa katanya Big Ears dapat mengabulkan seluruh keinginan sehingga pesulap-pesulap Pagan Skotlandia pada masa silam seringkali melakukan ritual barbar untuk memanggil Big Ears.

Ritual itu disebut barbar karena memang sangat tidak manusia karena mengharuskan pesulap-pesulap aneh tadi membakar kucing hidup-hidup diatas bara api hingga saatnya tentara-tentara kucing iblis dating untuk menghentikan hal tersebut. Lalu Big Ears akan turun dan memberikan 3 permohonan yang dapat dikabulkan olehnya kepada pesulap yang melakukan ritual barbar tadi.

99b3f37fcc5eea122ffe41407769e79aIlustrasi dari kucing pengikut Big Ears. Still on fire!

Konon ritual ini sangat marak dilakukan di Skotlandia oleh para pesulap tadi pada abad ke 17 sehingga tidak ada dokumentasi jelas untuk keberadaan Big Ears. Namun pada tahun 1824 bulan Maret diberitakan bahwa telah terjadi adanya aksi pemanggangan kucing dan terpampang pada sebuah Koran London.

Lalu dikatakan apabila aksi panggang kucing yang sangat tidak manusiawi ini tidak berhasil dan membuat putus asa si pemanggang, ia memiliki lain agar dapat bertemu Big Ears dengan cara menghampirinya di The Stone of the Devil Cats. Konon setiap Halloween, Big Ears dan tentara kucing iblisnya merayakan sesuatu di The Stone of the Devil Cats. Lalu jika si pesulap yang tidak berhasil memanggil Big Ears tadi putus asa, silakan saja datang ke sini. Akan tetapi ada kabar bahwa seorang lelaki yang pernah melakukan ini terakhir kali mengidap luka cakar diseluruh tubuh dan wajahnya hingga hampir mati. Oke disamping hal Big Ears benar atau tidak adanya, apa catlovers minat?

Well, cukup creepy ya bahasan kita kali ini catlovers? Dari mitologi kucing yang ada di beberapa Negara tadi kita mungkin tidak harus seutuhnya percaya karena setiap Negara memang memiliki dasar sejarah dan mitos yang berbeda-beda kan catlovers? Hanya kembali kepada diri kita bagaimana menyikapinya karena menganggap mitos sebagai sebuah kenyataan yang benar eksistensinya juga tidak akan berbuah baik, bahkan akan menimbulkan paranoid. Akan tetapi, sepertinya memang si kucing yang ada dirumah kita memang memiliki daya magis juga ya catlovers? Ya, daya magis yang dapat membuat kita tidak dapat jauh dari mereka untuk terus bermain bersama mereka!

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

10 Alasan Mengapa Crazy Cat Lady Layak Dijadikan Kekasih

Sebagian catlovers pasti sudah tahu istilah “crazy cat lady”, namun bagi yang belum tahu, cattery.co.id akan memberi tahu. Secara umum, crazy cat lady adalah sebuah kiasan bagi wanita yang sangat

Dunia Kucing

Kucing dan Lumba-Lumba sedang Bermain

Siapa sangka dua hewan yang beda tempat hidupnya bisa bermain bersama? Video ini menunjukkan bahwa kucing dan lumba-lumba merupakan hewan yang ramah dan suka bermain. Artikel ini disponsori oleh:

Dunia Kucing

6 Mitos yang Akan Dipatahkan Kucing Jika Mereka Bisa Bicara

Bagi siapapun yang seringkali menghabiskan banyak waktu berada di dekat kucing pasti mengerti bahwa kucing adalah hewan yang menarik karena kepribadian mereka. Semakin kita berusaha memahami kucing, justru misteri kucing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!