10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 1)
28/12/2015 4829 Views

10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 1)

Hallo catlovers! Apa kabarnya hari ini? Semoga tetap semangat dan terus menjaga si kucing agar selalu sehat dan menggemaskan ya! Nah catlovers kami memiliki satu pertanyaan untuk catlovers sebelumnya. Apa catlovers tau bahwasannya ada beberapa mitologi kucing yang sampai sekarang masih diperdebatkan keberadaannya? Tentu saja, nama “makhluk mitos” sudah mendeskripsikan bahwa karakter fisik mereka sangat lah berbeda dari kucing-kucing yang kita pelihara dirumah. Ada yang memiliki buntut seperti bandul berduri, ada yang berbentuk seperti kucing biasanya akan tetapi (konon) merupakan jelmaan daripada tukang sihir yang tela dikutuk bahkan ada juga yang dikenal sebagai kucing yang dapat memainkan music yang penuh dengan mantra! Well, sepertinya agak sedikit creepy ya mendengar sedikit dari ciri-ciri mereka? Tapi pasti catlovers masih penasaran bukan dengan karakteristik mereka secara keseluruhan? So, dibaca terus artikel cattery.co.id kali ini ya catlovers!

1. Cactus Cat (Kucing Kaktus)

166Ilustrasi dari The Cactus Cat

Sekitar 100 tahun yang telah lalu ada makhluk yang sangat menakutkan dan selalu menghantui seluruh orang-orang yang melewati gurun di Amerika Serikat bagian barat daya. Ya, makhluk itu merupakan Cactus Cat (kucing kaktus) dan memang benar-benar terlihat seperti kucing yang berbalut kulit dari kaktus yang tajam dan juga beracun. Tulang yang meruncing terlihat seperti keluar dari bagian dengkul dan bercabang pada bagian ekor makhluk ini. Kucing kaktus seringkali diserupakan dengan kucing bobcat yang seakan termutasi secara alami dikarenakan cuaca yang sangat ekstrim khas gurun membuat para bobcat ini meminum getah atau cadangan air dari kaktus.

a747c3d1c4_Cactus-2Bcat-2C-2BRichard-2BSvenssonIlustrasi dari The Cactus Cat

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing kaktus konon memang hanya berkeliaran di gurun-gurun yang terletak di bagian barat daya dari Amerika Serikat, seperti : Nevada, California, Mexico (New Mexico). Koboi dan para penjelajah gurun pada abad ke-19 konon mengatakan bahwa kucing kaktus selalu berkeliaran di malam hari. Mereka berkeliaran seperti itu untuk mencari air agar dapat mereka minum, akan tetapi karena itu digurun dan tumbuhan yang tumbuh hanyalah kaktus, mereka mencakar bahkan mematahkan pohon-pohon kaktus yang ada dan segera meminum getah yang keluar dari pohon kaktus tersebut. Getah yang diminum dari pohon kaktus tersebut pun mengakibatkan efek samping yang cukup negative, yakni si kucing menjadi mabuk, berjalan sempoyongan, menyerang apapun yang ada didepannya / menghalanginya sehingga terkadang mereka menyerang penjelajah gurun yang sedang berada disana.

Serangan membabi buta dari kucing kaktus kepada manusia ini memang terbilang sangat langka dan jarang, akan tetapi terjadi dari waktu ke waktu. Banyak penjaga perbatasan wilayah disana mengatakan bahwa pernah ada kejadian disaat mereka bangun di pagi hari mereka menemukan beberapa bekas duri yang tertancap dari kucing kaktus. Namun ada juga beberapa pihak yang mengatakan bahwasannya kucing kaktus bukanlah makhluk yang agresif selama kita tidak saling mengganggu wilayahnya.

Akan tetapi, banyak pula orang yang semakin kesini mengatakan bahwa kucing kaktus adalah makhluk yang secara salah kaprah dianggap keberadaannya oleh orang-orang yang terlebih dahulu mempercayainya. Mereka yang menganggap keberadaan kucing kaktus ini tidaklah benar mengatakan bahwa kucing kaktus sebenarnya adalah : bobcat, singa atau yang sangat mirip adalah landak gurun. Mereka juga mengatakan bahwa kucing kaktus hanyalah isapan jempol belaka yang tersebar di sekitar gurun disana.

2. Cait Sith (Peri Kucing)

1e3306ee37c47cb1f828bd167db927f8Ilustrasi dari Cait Sith

Cait Sith (bahasa Skotlandia) berarti fairy cat (bahasa Inggris) dan dalam Indonesia berarti peri kucing. Kucing ini dikatakan bahwa memiliki ukuran yang sama besarnya dengan kucing yang baru beranjak dewasa. Bulu kucing ini sepenuhnya berwarna hitam kecuali corak putih yang ada pada bagian dadanya. Konon menurut masyarakat Skotlandia peri kucing adalah jelmaan dari penyihir yang dapat mengubah dirinya menjadi kucing sebanyak 9 kali. Hanya saja apabila penyihir ini telah merubah dirinya menjadi kucing sebanyak 9 kali maka ia akan terus menjadi kucing selama-lamanya (tidak dapat berubah lagi menjadi manusia).

Masyarakat Skotlandia mengatakan bahwa seekor kucing hitam (apalagi jika ia merupakan peri kucing) melompati jenazah orang yang telah mati maka peri kucing ini telah berhasil mengambil jiwa orang yang telah meninggal tadi sebelum jiwa tersebut sampai pada kehidupan berikutnya. Well, sounds creepy ya catlovers!

200px-Page_158_illustration_in_More_English_Fairy_TalesIlustrasi dari Cait Sith yang dibuat pada masa silam.

Lalu, peri kucing ini konon telah tiada dan sebagian besar dari masyarakat Skotlandia tidak lagi percaya sedikitpun pada hal ini. Namun adapula yang mengatakan bahwa peri kucing ini telah menjelma menjadi kucing asli dari Skotlandia yang berjenis Scottish Kellas Cat yang merupakan kucing dari gen kucing hutan liar dan kucing rumahan. Warnanya sudah jelas, hitam solid. Hmmm, berniat memeliharanya catlovers?

3. Ball-Tailed Cats (Kucing Berbuntut Bandul Duri)

balltailedcatIlustrasi dari The Ball-Tailed Cat

Ball-Tailed Cats (felis caudaglobosa) adalah makhluk menakutkan (tentunya juga termasuk dalam makhluk mitos) yang berasal dari Amerika Utara. Ball-Tailed Cats dikatakan hampir serupa dengan singa gunung yang memiliki karakteristik fisik seperti ankylosaurus yang memiliki buntut bandul tulang berduri dan dijadikan senjata untuk melumpuhkan mangsa dan musuhnya.

Kucing mitos ini dikatakan predator yang termasuk malas dalam mengejar mangsa, sehingga mereka diketahui lebih sering menghabiskan hampir seluruh waktunya dengan berdiam diri diatas ranting pohon dan menunggu mangsanya yang lengah terdiam dibawahnya. Tentu saja disaat mangsaan-nya lengah, buntut bandul berdurinya siap menghantam badan atau kepala mangsaan-nya hingga mangsaan-nya tidak berdaya.

Ball-Tailed Cats konon sering ditemukan pada awal abad 20 dan terkenal menjadi ancaman bagi para penebang pohon di hutan-hutan Amerika Utara. Ball-Tailed Cats jantan jika sedang dalam musim kawin akan mendentumkan buntut bandul berdurinya ke tanah agar betinanya menghampiri yang jantan karena suara keras yang dihasilkan.

silvercatIlustrasi dari The Sliver Cat

Di Amerika bagian Selatan konon ada makhluk mitos yang berbentuk kucing dan sangat mirip dengan Ball-Tailed Cat, hanya saja dengan sedikit karakteristik dan nama yang berbeda. Di Amerika bagian Selatan, makhluk mitos ini dinamakan Sliver Cat. Cara mereka menunggu mangsaannya juga sama, mereka menunggu diranting pohon dan sudah siap untuk menghantam mangsanya yang sedang lengah. Akan tetapi, buntut bandul yang dimiliki oleh Sliver Cat tidak sebesar dan sekokoh Ball-Tailed Cat. Lalu, apakah Ball-Tailed Cat dan Sliver Cat masih ada atau benarkah keberadaannya?

4. Troll Cat (Kucing Pengecoh)

Mjölkhare_från_1400-talet_i_Härkeberga_kyrka_0718Ilustrasi dari Troll Cat

Nah kali ini makhluk mitos berbentuk kucing berasal dari Skandinavia yang bernama Troll Cat. Warga Skandinavia menganggap Troll Cat sebagai pesuruh khusus dari seorang penyihir. Tentu, ini merupakan makhluk mitos berbentuk kucing yang sangat kental dengan hal magis dan metafisika. Konon, sang penyihir membuat Troll Cats dengan kemampuan magis yang mereka miliki, lalu mereka memohon kepada roh jahat untuk meniupkan arwah ke dalam Troll Cat yang telah mereka buat.

Bentuk dari Troll Cat sangat beragam dan tergantung dari penyihir yang membuat mereka, namun konon bentuk dari Troll Cat seringkali hanyalah sesuatu yang dibungkus dengan kain wol. Akan tetapi tugas Troll Cat dari sang penyihir adalah untuk mencuri susu dari tiap peternakan sapi terdekat dengan cara meminumnya langsung dari si sapi, lalu jiga sudah selesai,ia akan membawa susu tersebut kepada sang penyihir untuk persediaan makanan.

Kadang Troll Cat juga mencuri wol dari peternakan sekitar, akan tetapi tujuan utamanya adalah untuk mencuri susu. Lalu masyarakat Skandinavia kuno mengatakan bahwa jika mereka berhasil menembak Troll Cat, bukanlah darah yang mengalir keluar dari luka tembaknya, melainkan susu hasil curiannya dan jika kita mendengar suara teriakan pada saat si Troll Cat berhasil kita tembak, dapat dipastikan itu adalah suara si penyihir yang juga merasakan sakit yang dirasakan oleh Troll Cat. Hiii!

5. Cabbit (Kucing – Kelinci)

6484d1f1fd0eaa76efb0a1701b798162d421e58045c726bdbf7b6bd301b62ec6_1Depiksi dari Cabbit

Seorang researcher bernama Joseph Train pertama kali menemukan Cabbit di Isle of Man (tempat berasalnya kucing Manx) yakni sebuah pulau terpencil yang terletak diantara Ingrris dan Irlandia. Cabbit merupakan sebuah akronim dari Cat & Rabbit (Kucing dan Kelinci). Memang menurut Joseph Train, Cabbit sangatlah mirip dengan kucing akan tetapi memiliki kuping yang sangat lebar dan panjang bak kelinci. Namun, banyak ilmuwan yang mengatakan hybrid genetika seperti ini sangatlah mustahil terjadi.

Joseph Train juga merupakan orang yang pertama kali menemukan Manx Cat. Jika dilihat, Manx Cat memang sedikit mirip kelinci juga ya catlovers mengingat buntutnya yang hanya berbentuk bulat diujung (bahkan terkadang tidak memiliki buntut) dan juga kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depan layaknya kelinci (dan pada kelinci, kaki seperti ini membuat mereka memungkinkan untuk mudah melompat).

Lalu, pada tahun 1977 seseorang bernama Val Chapman mengatakan bahwa ia menemukan seekor Cabbit yang berwarna putih dan bermata pink di New Mexico. Ia memamerkan Cabbit yang ia temukan disebuah mall di Los Angeles pada waktu itu dan 2 kali membawanya on-air di acara terkenal The Tonight Show Starring Johnny Carson. Meskipun begitu,ilmuwan mengatakan bahwa Cabbit yang ditemukan oleh Johnny tidak lebih hanyalah kucing yang yang memiliki gen abnormal sehingga memiliki bentuk seperti itu.

Yups, itulah mitologi tentang kucing yang terkenal. Artikel selanjutnya Cattery.co.id akan membahas lanjutannya bagian ke-2. Tetap disimak ya catlovers! :)

(lihat: 10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 2))

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Keuntungan Sterilisasi pada Kucing

Catlovers pasti sadar dengan semakin banyaknya jumlah kucing disekitar kita. Tidak harus berjalan beberapa langkah pasti ada nada 2-3 ekor kucing yang seliweran didepan kita. Mungkin bagi kita yang notabene-nya

Dunia Kucing

Mango si Kucing yang Perhatian, Mengira Kelinci sebagai Anaknya

Mango, seekor kucing yang sangat perhatian dengan semua anak-anak kucing. Dalam video tersebut, pemiliknya melihat Mango sudah melompat ke dalam kandang kelinci. Mango keliru karena mengira kelinci-kelinci tersebut sebagai anaknya.

Dunia Kucing

3 Cara yang Bermanfaat dikala Mengenang si Kucing yang Telah Tiada

Kucing yang selalu menemani kita di setiap harinya pasti tidak pernah kita inginkan sedikitpun untuk meninggalkan sisi kita. Dirinya yang sangat menggemaskan dan lucu itu pasti tidak akan mudah untuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!