10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya
07/09/2015 36894 Views

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya

Sebagai catlovers pastinya kita hanya ingin yang terbaik untuk si kucing. Tidak ada satupun dari kita yang ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata kadang masih ada juga kesalahan yang kita lakukan disaat merawat kucing kita secara tidak sengaja. Tentunya hal ini seringkali luput dari perhatian kita. Lalu, kira-kira apa saja ya hal itu? Kali ini cattery.co.id akan membahasnya hanya untuk catlovers.

1. Memberikan makanan untuk hewan jenis lain

dry_cat_foodKita harus tetap memberi makan si kucing berupa makanan kucing, bukan makanan untuk hewan lain.

Ya terkadang memang kita sebagai pemelihara kucing seringkali kehabisan stok makanan kucing. Seringkali oula disaat seperti ini beberapa dari kita memberikan makanan hewan jenis lain yang ada dirumah untuk si kucing sebagai pengganti makanannya yang utama. Contoh, makanan anjing (jika kita juga memelihara anjing). Mungkin karena bahan dasar dan rasanya sama pada akhirnya si kucing juga memakan makanan tersebut, tetapi sadarkah kita bahwa ini berbahaya? Anjing dan kucing mungkin memang hewan mamalia yang memiliki beberapa kesamaan, tetapi tidak dengan makanannya. Hal ini akan menjadi sangat fatal untuk kucing kita jika menjadi kebiasaan. Semakin lama metabolisme si kucing akan terganggu dan menimbulkan penyakit-penyakit yang bahaya bagi si kucing. Sebagai catlovers kita tidak ingin kan kalau kucing kita sakit? Maka dari itu apabila makanan si kucing habis, segeralah membeli makanan untuknya di petshop terdekat atau langganan kita agar jelas lebih aman dan terjamin.

calico-250-250 kotak-250x250

2. Memberikan obat untuk manusia kepada si kucing

jiu_rf_photo_of_cat_and_spoonful_of_medicineJangan pernah memberikan obat untuk manusia kepada si kucing

Disaat kucing kita sakit pasti kita akan merasa cemas dan panik. Kita juga akan melakukan penanggulangan apapun agar sementara si kucing bisa bertahan selama perjalanan kita ke dokter hewan. Nah, tetapi biasanya ada hal fatal yang sering kita lakukan untuk si kucing dalam penanggulangannya yakni memberi obat untuk manusia kepada si kucing dengan harapan si kucing bisa segera sembuh. Tahukah bahwa ini juga dapat menyebabkan hal yang sangat fatal bahkan berakibat kematian bagi si kucing? Mungkin kita sering menerka si kucing yang menjadi pendiam dan badannya menjadi panas itu menkitakan si kucing sedang demam sehingga kita memberikannya parasetamol atau sejenisnya dengan harapan untuk menurunkan suhu tubuh si kucing. Tetapi parasetamol tidak baik untuk si kucing, ada jenis obat lain yang khusus untuk kucing dalam penanggulangan ini dan tentunya perlu anjuran dari dokter hewan. Jadi, penanggulangan terbaik disaat si kucing jatuh sakit adalah sesegera mungkin kita membawanya ke dokter hewan langganan kita atau menelponnya agar ia datang kerumah untuk memeriksa si kucing.

3. Membiarkan si kucing semakin ‘gendut’

Fat_Cat_Has_A_BedKucing juga dapat mengalami obesitas

Kucing yang gendut memang sangat menggemaskan. Tetapi sama halnya dengan manusia, jika si kucing terlalu gendut itu akan menyebabkan obesitas. Ya, kucing juga dapat mengalami hal ini. Memberinya makanan tiap kali ia memintanya bukanlah hal yang baik. Kita harus membuat penjadwalan yang tetap dan teratur dalam memberi makan si kucing. Apabila kita terus menuruti ‘permintaan’ si kucing yang seakan ingin makan, ini akan membuat si kucing obesitas. Tentunya seperti manusia, ini juga akan mempercepat kematian si kucing. Kucing memang sangat pintar memohon untuk selalu meminta makan, tetapi janganlah terlena dan terhasut oleh ‘rayuannya’ ini, alihkanlah perhatiannya dengan mengajaknya bermain, membuatnya berlari-lari ataupun membelikannya mainan bertingkat agar ia juga terus berolahraga sehingga karbo yang ada ditubuhnya juga terbakar seiring dengan masuknya makanan. Ingat, cat also needs excercise!

4. Tidak rutin membawanya ke dokter hewan

97787440-take-your-cat-to-the-vet-632x475Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Ya, seperti kita yang harus selalu medical check-up ke rumah sakit secara rutin, kucing pun membutuhkan hal yang sama! Pepatah yang berbunyi “mencegah lebih baik daripada mengobati” ini juga sangat berlaku kepada si kucing! Ini juga menjadi sangat penting karena kucing yang tidak dapat membahasakan apa yang ia rasakan jika sedang sakit, maka dari itu karena dokter hewan pasti lebih mengerti behavioristk si kucing, kita juga perlu secara rutin membawa si kucing untuk medical check-up. Hal ini akan sangat menguntungkan karena kita juga dapat selalu berkonsultasi secara rutin dengan sang dokter hewan, mengetahui apa saja yang diperlukan dalam asupan si kucing sekaligus perkembangan si kucing sudah sampai sejauh mana.

5. Membiarkan si kucing muntah karena menganggapnya hal biasa

rvota_u_koshekJangan pernah menganggap sepele jika kucing anda sering muntah

Mungkin si kucing muntah adalah hal biasa ya catlovers, tetapi ternyata hal ini juga harus ditanggapi dengan serius. Kucing adalah hewan yang hanya memakan apapun yang bersifat alami dan sangat sedikit kimia. Apabila ada unsur lain yang masuk kedalam perut si kucing, secara otomatis perut si kucing akan memuntahkan isinya, dan jika hal ini terjadi terlalu sering kita harus segera merawatnya ke dokter hewan dibanding hanya menganggap ini merupakan hal biasa untuk kucing. Muntah yang terlalu sering juga dapat disebabkan tingkat kecemasan si kucing yang sangat tinggi terhadap sesuatu atau mendapati banyaknya unsur kimia yang ia hirup / makan dan telah mengendap di dalam tubuhnya. Berbahaya kan catlovers? Ya, tentunya jika hal ini dibiarkan, akan berakibat fatal.

6. Grooming yang tidak rutin

95489063-cat-deshedding-tools-632x475Grooming sangat dianjurkan untuk si kucing

Ya sudah jelas bahwa kucing adalah hewan berbulu yang bulunya sangat rentan untuk rontok. Apalagi jika jenis kucing kita adalah anggora yang berbulu panjang, pastinya kita akan selalu memperha. tikan bulunya terlebih dahulu dibanding yang lainnya. Tetapi ada juga yang masih menganggap bahwa perawatan bulu kucing / grooming tidaklah begitu penting, padahal dalam beberapa konteks ini tetaplah penting diluar kucing yang memiliki lidah yang betrtekstur seperti sisir dan dapat melakukan self-grooming menggunakan lidah tersebut. Nah, salah satu dari kerontokan bulu adalah hairball. Hairball ini seringkali tidak seluruhnya hilang dari tubuh si kucing, maka dari itulah kita sebagai pemeliharanya harus lebih peka dalam perawaran bulu si kucing agar tidak mengganggu kenyamanan si kucing!

7. Memberikan produk perawatan manusia kepada si kucing

cat_bathPastikan bahwa produk perawatan si kucing adalah khusus untuk si kucing!

Catlovers pasti mau kan keadaan si kucing tetap prima dan tetap tampil gagah atau cantik? Itu semua bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan kepada si kucing, tetapi jangan sampai salah ya catlovers karena banyak juga kasus tentang kelainan kulit, bulu bahkan ruam yang tidak kunjung hilang dari tubuh si kucing karena salah perawatannya, dan hal ini ternyata disebabkan karena mereka (sang pemelihara) yang mendapati kucingnya seperti itu seringkali menggunakan produk perawatan manusia kepada si kucing. Hal ini sudah jelas salah ya catlovers. Karena kandungan yang ada pada produk perawatan kucing jauh lebih khusus dariapada untuk manusia. Jelas saja, mereka adalah hewan yang pastinya harus hati-hati dalam merawatnya. Lagipula sekarang sudah ada juga loh catlovers produk perawatan kucing seperti sikat gigi, bedak, sisir, shampoo hingga parfum! Keren kan?

8. Makanan kucing yang kualitasnya buruk

Cat with foodMakanan kucing harus dipastikan terbuat dari bahan yang alami

Ya, meskipun judulnya “cat food” atau “makanan kucing”, itu belum berarti bahwa makanan itu aman untuk dikonsumsi kucing karena kita tidak tahu jelas kan apa yang ada didalamnya. Pada saat ini makanan kucing banyak sekali ragamnya, dari yang basah hingga kering dan murah hingga yang mahal. Tetapi, kita tetap harus memperhatikan kandungnan apa saja yang ada dialam, jika lebih dari 80%-nya adalah bahan alami, itu layak dikonsumsi dan jika tidak, itu akan menjadi racun yang mengendap didalam tubuh kucing kita. Tidak dapat dipungkiri ya catlovers, sesuatu yang terbaik pasti akan sedikit lebih mahal , tetapi hal ini worth it, karena memang segala sesuatu yang mahal pasti kualitasnya bagus kan catlovers?

9. Memelihara kucing atau hewan lain didalam rumah

Dog and Cat together wide angleTidak masalah memelihara hewan lain dirumah anda selain kucing apabila si kucing dapat menerima hal itu

Kembali lagi, kucing adalah hewan yang sangat menjaga teritorinya dan akan mengusir hewan lain selain dirinya dan kelompoknya yang ada disitu. Jika, kita berencana untuk memelihara kucing lain atau hewan lain didalam rumah , mintalah “persetujuan” si kucing sebelum kita memutuskan uuntuk memelihara mereka yang baru. Caranya adalah dengan membuat kucing kita secara bertahap dipertemukan dengan calon “temannya” dirumah sehingga ia akan merasa kenal dan terbiasa dengan adanya teman baru tersebut. Proses ini terkadang memang sangat lama, but just keep it up!

 

10. Membiarkannya sering berada diluar rumah

Gray-cat-outsidePastikan si kucing aman dan dalam pengawasan kita jika sedang bermain diluar rumah!

Kucing memang hewan yang instingnya tetaplah liar dan senang mengeksplor dunia luar sehingga memerlukan waktu untuk bermain diluar, tetapi tidak terlalu sering dan tidak dalam pengawasan ktia ya catlovers! Sering kali kasus yang terjadi kepada kucing diluar rumah seperti tertabrak mobil, diserang kawanan kucing lain atau hewan lain, ditangkap oleh pihak penangkaran bahkan diracun oleh orang yang tidak menyukai kucing! Ya, bahaya-bahaya ini selalu menghantui si kucing tanpa kita sadari jika kita membiarkan si kucing berada di luar rumah tanpa pengawasan kita. Jadi sangat dianjurkan apabila kita menyukai kucing yang aktif dan senang berada diluar, kita juga harus konsisten mengawasinya selama ia berada di luar. Pastinya kita selalu ingin kucing kita ada dalam keadaan aman kan catlovers?

 (ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Pada Usia Berapakah si Kucing Seharusnya di Sterilisasi? Adakah Pengaruhnya?

Kucing yang terlantar di jalanan memang banyak sekali jumlahnya ya catlovers. Kita setiap kali melihat kucing yang terlantar dijalan pasti seringkali terbersit untuk menampung mereka dirumah. Namun pastinya banyak sekali

Cara Merawat Kucing

5 Alasan Kenapa Kita Harus Sering Mengelus si Kucing!

Catlovers semuanya pasti senang sekali jika sudah memasuki waktu luang catlovers dan pulang kerumah bukan? Pastinya catlovers akan lebih senang lagi jika kedatangan catlovers kerumah juga disambut oleh si kucing.

Cara Merawat Kucing

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Kucing Sakit? (Bag 1)

Pernakah catlovers menyadari bahwa kucingnya sedang sakit? Apa tanda-tanda jika kucing kita sedang sakit? Pada artikel kali ini Cattery.co.id akan membahas bagaimana mengetahui bahwa kucing kita sedang sakit (bagian 1)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!