10 Kemiripan Antara Kucing Besar dengan Kucing Domestik yang Ada di Rumah
09/12/2015 19425 Views

10 Kemiripan Antara Kucing Besar dengan Kucing Domestik yang Ada di Rumah

Mungkin bagi kita agak sulit membandingkan kucing liar yang berukuran besar sedang memburu mangsanya di hutan atau padang rumput dengan teman berbulu kecil kita yang senang duduk di keyboard laptop, namun tahukah catlovers bahwa kucing besar dengan kucing rumahan yang kecil ini memiliki banyak kesamaan dari yang kita pikir. Baik kucing besar maupun kucing domestik rumahan sama-sama merupakan keluarga felidae, dan saat kita melihat hierari taksonomi kedua hewan ini, maka akan semakin mirip baik dalam penampilan dan perilakunya. Penasaran apa saja persamaan antara kucing domestik dengan kucing besar ini? Yuk disimak!

Kemiripan Antara Kucing Besar dan Kucing Domestik

Kemiripan Antara Kucing Besar dan Kucing Domestik

1. Cara Mereka Bermain

Kucing pun senang bermain

Kucing pun senang bermain

Apa yang kita lihat sebagai perkelahian atau bergulat diantara dua kucing, namun bagi kucing hal tersebut adalah permainan yang menyenangkan. Baik kucing domestik maupun kucing besar sangat senang berlatih dan berinteraksi dengan cara berguling-guling dan memukul-mukul temannya. Walaupun bagi kita terlihat kasar, namun faktanya mereka tidak benar-benar menggunakan kekerasan. Pada umumnya kucing besar yang sering bermain ini adalah singa, spesies yang paling sosial diantara keluarga kucing.

2. Cara Mereka Beristirahat

harimau yang sedang bermalas-malasan

harimau yang sedang bermalas-malasan

Seperti kita tahu bahwa kucing domestik sangat senang dan akan menghabiskan hidupnya dengan tidur. Hal yang sama pun berlaku pada kucing besar, seluruh keluarga kucing sangat senang tidur dan bermalas-malasan. Kucing dapat menghabiskan 16-20 jam untuk menutup mata dan duduk-dudk saja dengan menguap. Berburu adalah kegiatan yang membutuhkan banyak energi bagi hewan ini sepertinya ya catlovers. Walaupun perilaku bermalas-malasan sudah tertanam dalam DNA keluarga kucing, namun jangan salah bahwa mereka adalah predator yang sangat hebat lho!

3. Cara Mereka Membersihkan Dirinya

Cheetah yang sedang self grooming

Cheetah yang sedang self grooming

Kita pasti sering melihat kucing di rumah kita sedang grooming atau membersihkan dirinya sendiri. Pada saat grooming keluarga kucing ini akan menggunakan lidah kasar mereka untuk menyisir bulu-bulu mereka. Hihihi, ternyata baik kucing besar maupun kucing domestik sama-sama senang membersihkan dirinya ya.

calico-250-250 kotak-250x250

4. Betapa Moody Temperamental Emosinya

Black Panther yang agresif

Black Panther yang agresif

Kucing adalah salah satu hewan yang moody, mereka bisa dengan berubah dengan cepat emosinya. Terkadang kucing mengajak untuk bermanja-manja dan bermain dengan kita, namun tidak lama kemudian mereka bisa dengan cepat menjadi marah dan mencakar atau menggigit kita. Yups, hal ini pun sama dengan kucing besar, terutama panther yang paling temperamental diantara keluarga kucing.

5. Cara Mereka Menggaruk

Singa yang sedang menggaruk-garuk pohon

Singa yang sedang menggaruk-garuk pohon

Menggaruk-garuk tidak hanya kegiatan senggang untuk membuang waktu bagi kucing, namun itu merupakan hal yang penting. Kucing domestik maupun kucing besar merupakan predator dan memiliki genetika pemburu dalam darahnya, dan tentu saja mereka memerlukan agar cakar mereka tetap tajam. Dengan menggaruk, cakar mereka menjadi terasah. Selain itu menggaruk juga berfungsi untuk merenggangkan otot-otot mereka sebelum mulai bermain atau berburu.

6. Cara Mereka Menjaga Teritorialnya

Puma adalah hewan yang sangat menjaga teritorialnya

Puma adalah hewan yang sangat menjaga teritorialnya

Sekali lagi, keluarga kucing merupakan predator yang hampir mirip sifatnya. Ketika wilayahnya terlalu ramai, mereka cenderung akan menyerang untuk mempertahankan teritorialnya untuk mereka sendiri. Puma adalah spesies kucing yang paling memiliki sifat teritorialnya diantara keluarga felidae, dan hasilnya adalah puma adalah hewan yang memiliki teritorial paling luas diantara para kucing besar. Begitupun kucing di rumah kita, mereka akan menerapkan teritorialnya walaupun dalam daerah yang lebih kecil.

7. Cara Mereka Menggunakan Penciumannya

Snow Leopard sedang mencium daerah sekitarnya

Snow Leopard sedang mencium daerah sekitarnya

Kucing domestik seringkali menghabiskan banyak waktunya dengan mulut terbuka, mereka bukan sedang terkagum-kagum lho, sebenarnya kucing sedang mencium daerah sekitarnya. Semua keluarga kucing akan membuka mulutnya untuk meningkatkan kemampuan indera penciumannya, hal ini sesuai dengan insting mereka sebagai pemburu.

8. Cara Mereka Memanjat

Kucing sangat senang berada di tempat yang tinggi

Kucing sangat senang berada di tempat yang tinggi

Kucing besar sangat senang berada di tempat ketinggian, hal tersebut tidak lepas dari insting mereka sebagai pemburu. Sebuah tempat yang tinggi berfungsi untuk meningkatkan wilayah pandang dan juga bersembunyi dari mangsa. Naluri yang sama pun terdapat pada kucing domestik, oleh karena itu kita pasti sering melihat kucing bertengger di tempat tinggi di kamar atau di pohon terdekat.

9. Cara Mereka Berburu

Keluarga kucing terkenal sebagai pemburu yang handal

Keluarga kucing terkenal sebagai pemburu yang handal

Siapa sangkat bahwa berbulu kecil teman kita ini adalah pemburu layaknya harimau dan singa saudaranya. Perbedaannya mungkin hanya ukurannya saja, bilamana singa dan harimau berburu rusa dan kijang, maka kucing domestika akan berburu mangsa yang lebih kecil seperti burung lokal dan hewan pengerat. Selain ukuran yang menjadi perbedaan, kucing domestik dan kucing besar sama-sama memiliki kemampuan berburu yang handal lho.

10. Cara Mereka Mununjukkan Kasih Sayang

Cara kucing menunjukkan kasih sayang

Cara kucing menunjukkan kasih sayang

Baik kucing besar maupun kucing domestik seringkali menunjukkan ikatan keluarga yang dekat dan dinamis, dimana sang jantan akan bertindak sebagai pelindung dan betina akan mengasuh anak-anaknya. Insting ini pun tidak hilang pada kucing yang telah didomestifikasi selama ribuan tahun oleh manusia. Menarik bukan bagaimana kemiripan yang ada antara kucing besar dengan kucing domestik yang kita pelihara di rumah.

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kenapa ya Kucing Menengok Jika Dipanggil Puss?

Halo catlovers! Pasti anda semua punya nama panggilan masing-masing bukan? Mungkin nama panggilan dari anda bayi atau nama panggilan yang mewakili sifat anda? Nah sepertinya hal ini berbeda untuk si

Dunia Kucing

Apakah Kita bisa Mengerti Apa yang Dikatakan si Kucing?

Catlovers dan juga readers setia dari cattery.co.id bagaimana kabarnya hari ini? Kami harapkan selalu dalam keadaan baik, sehat walafiat dan juga selalu bersemangat. Lalu bagi para readers dari cattery.co.id yang

Dunia Kucing

10 Rahasia Si Kucing yang Perlu Diketahui!

Kita pasti punya rahasia yang hanya boleh diketahui oleh orang-orang terdekat kita. Mungkin keluarga inti, sahabat terdekat atau pasangan kita. Mereka boleh mengetahui rahasia kita pastinya karena hanya merekalah yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!