10 Hal yang Tidak Diketahui oleh Mereka yang Tidak Memelihara Kucing
02/09/2015 10350 Views

10 Hal yang Tidak Diketahui oleh Mereka yang Tidak Memelihara Kucing

Meskipun kucing adalah hewan yang menggemaskan, lucu dan pastinya sangat menguntungkan untuk dipelihara, tetap masih banyak orang diluar sana yang tidak memelihara kucing bahkan tidak menyukai kucing. Pastinya hal ini membuat kita sebagai catlovers menjadi bingung. Kenapa bisa mereka tidak memelihara bahkan tidak menyukai kucing? Padahal banyak sekali hal yang menguntungkan dan menyenangkan disaat kita memelihara kucing. Nah, jika catlovers ingin mengajak teman-teman catlovers untuk memelihara dan mulai menyukai kucing, cattery.co.id telah menyiapkan argumen yang tepat untuk membuat mereka tertarik dengan hal itu!

1. Kucing itu pintar loh!

smart-catKucing adalah hewan yang berintelegensi tinggi!

Kucing itu sudah jelas adalah binatang yang pintar. Bagaimana tidak, ia dapat mengingat nama yang kita berikan sebagai nama panggilan untuknya dan jika kita melakukan hal ini didepan teman-teman kita, mereka pasti akan terkejut dan tertarik dengan memelihara kucing. Hal ini juga menjadi sangat menarik untuk teman-teman kita apabila kita menjelaskan bahwa kucing dapat dilatih dengan dipanggil namanya hanya dengan membiasakannya sejak kecil. Hal ini juga terbukti karena tidak hanya beberapa jenis kucing dapat mengingat nama panggilan mereka (tidak hanya dengan dipanggil ‘puss’), tetapi semua jenis kucing di seluruh dunia pun memang seperti itu.

calico-250-250 kotak-250x250

2. Bertingkah laku yang lucu disaat kita menutup pintu dan ia berada diluar.

USA4NKucing yang berusaha masuk ke ruangan yang pintunya sedang ditutup

Tidak ada yang lebih lucu dibanding melihat kucing yang kita jahili dengan menutup pintu kamar yang biasa ia jadikan tempat ia bermain atau sekedar bersantai. Hal itu akan membuat ia jengkel dan terus berusaha agar bagaimana caranya ia bisa masuk ke dalam kamar yang tertutup itu. Entah dengan menabrakan dirinya, mengeong dengan keras dan berulang, mengeluarkan tangannya melalui bagian bawah pintu atau bahkan membuka pintu dengan sendirinya sehingga membuat ia berdiri dengan dua kaki! Terbayang kan bagaimana lucunya? Hal ini juga disebabkan karena kucing merupakan binatang yang sangat penasaran dan tidak ingin kehilangan teritorinya. Pintu kamar yang tertutup juga merupakan tantangan terbesar yang harus dipecahkan olehnya.

3. Kucing itu sangat senang berinteraksi!

woman-cat-feather-toyJangan pernah acuhkan kucing kita sedikitpun disaat kita memiliki luang, mereka sangat senang sekali bermain

Tidak dapat dipungkiri, kucing adalah hewan yang sangat senang berinteraksi entah dengan sesamanya ataupun pemeliharanya. Ia sangat senang jika diajak bermain, dipeluk, dielus bahkan digendong kemana-mana. Mereka sangat tidak suka diacuhkan, hal ini juga akan menjadi penyebab utama kenapa kucing kita menjadi malas bergerak. Hal ini disebabkan karena kucing adalah hewan yang aktif, mereka bukanlah tipe hewan yang tidur sepanjang hari. Mereka sangat membutuhkan interaksi yang rutin setiap harinya. Jadi bagi teman-teman kita yang bekerja hal ini juga dapat menjadi penyegaran setelah berlama-lama di kantor. Tidak ada yang lebih hebat dari memeluk bola bulu hidup yang mengeong setelah lelah seharian!

4. Mereka sangat senang bersahabat dengan siapapun yang menerimanya!

img-rabbit-and-cat-cuddle-session-192Kucing dan kelinci berteman? Why not!

Kucing adalah hewan yang sangat senang mengenal hal baru disekitarnya, entah itu berupa barang ataupun makhluk hidup. Pasti seringkali kita melihat kucing kita mencium dan berjalan disekitar kulkas yang baru kita beli atau sofa yang baru saja kita pesan, sebenarnya ini adalah perilaku kucing yang memastikan bahwa apakah benda itu dapat dijadikan tempat ia bersantai atau bermain. Begitu pula apabila ada binatang atau orang baru didalam rumah kita, kucing kita akan berusaha mendekati atau menarik perhatian orang atau binatang yang baru tersebut. Ini jelas sekali bahwa mereka sangat antusias untuk mendekati hal baru yang ada di sekitarnya dan menjadikan hal baru itu sebagai temannya. Hal ini dikarenakan kucing memiliki sifat dasar penasaran yang tinggi. Apabila ada sesuatu yang baru didalam teritorialnya ia akan berusaha semampu mungkin untuk mengenalnya.

5. Kucing akan menjaga diri kita sebagaimana kita menjaga dirinya

PLT2NSeekor kucing yang setia menemani pemeliharanya yang sudah lansia dan tidak mampu lagi berjalan

Kucing menjaga diri kita? Tentu! Hal ini akan kita rasakan dari kucing kita jika kita juga menjaga dirinya secara benar. Banyak sekali kasus yang membuktikan bahwa kucing adalah penjaga bahkan penyelamat untuk pemeliharanya, mungkin tidak secara jelas si kucing menjaga diri kita layaknya polisi di sekitar kita, tetapi ia menjaga diri kita agar tetap tenang dan merasa nyaman dengan ada disekitar mereka. Bulunya yang lembut akan membuat kita nyaman saat mengelusnya dan melepas stress yang telah terkumpul di kepala kita setelah seharian bekerja, dengan memeluknya kita akan merasa aman dan tenang apabila sedang merasa gundah. Bahkan ada seorang lansia yang ingin tetap memeluk kucing kesayangannya disaat ia sedang terbaring sakit. Kucing memang benar-benar teman hidup yang worth it.

6. Mereka akan mengerti kegunaan dari mainan hingga litter-box yang kita berikan dengan sendirinya!

1382428129880565137Tidak perlu kita repot untuk menjelaskan bagaimana cara bermain dengan scratch-toys, karena mereka akan mengerti dengan sendirinya

Kucing merupakan hewan yang sangat mudah dilatih perihal toilet-training karena mereka merupakan hewan pengingat dan penghafal tempat yang baik. Ia akan selalu mengingat bahwa membuang feses harus ditempat yang bertekstur kasar dan dapat digali sejak kecil mereka kecil. Jadi, jangan kaget apabila kucing kita dapat menggunakan litter-box dengan sendirinya tanpa pemberian instruksi yang jelas kepada mereka, karena pastinya pasir yang kita masukkan kedalam litter-box tempat mereka membuang feses-nya akan mengingatkan mereka tentang tekstur tempat mereka untuk ber-eksresi. Lalu, begitu pula dengan scratch-toys yang kita belikan untuk mereka. Kita tidak perlu repot-repot menjelaskan kepada kucing kita bagaimana penggunaan dari scratch-toys tersebut, karena mereka akan mengerti penggunaan mainan itu dengan sendirinya! Hal ini dikarenakan tekstur dari ­scratch-toys sama dengan tekstur yang kasar untuk mereka mencakar. Pintar bukan?

7. Dengan kita memelihara 1 kucing, kita telah menyelamatkan 1 nyawa!

cat_best_friend_1Memelihara 1 kucing = Menyelamatkan 1 nyawa

Ya, ini jelas sekali benar adanya. Dewasa ini populasi kucing memang sangat meningkat di tiap negara dan otomatis hal ini akan membuat tempat penangkaran binatang mulai kekurangan tempat untuk menampung kucing-kucing terlantar yang ada di jalanan. Dan apakah catlovers tahu apa yang akan dilakukan beberapa tempat penangkaran kucing liar jika sudah kekurangan tempat untuk kucing-kucing liar lainnya? Mereka akan memusnahkan kucing-kucing lama yang tidak teradopsi secara massal! Seperti halnya Australia yang memusnahkan 200an kucing karena menganggap kucing sebagai biang masalah di negaranya. Hal tidak manusiawi dan keji ini dapat kita hentikan dengan cara memelihara kucing dirumah kita 1 atau 2 bahkan lebih kucing. Ingatlah bahwa kita sebagai sesama makhluk hidup harus saling menjaga dan tolong menolong, tidak kecil kemungkinan mereka juga akan menolong dan menjaga kita dikemudian hari bukan?

8. Suara dengkuran mereka menguntungkan untuk kesehatan kita!

Thehealingpowerofcatpurrs_51367583d074d-640x1653Dengkuran kucing ternyata menguntungkan tubuh kita!

Suara dengkuran kucing memang suara binatang yang paling menggemaskan di dunia! Dengkurannya membuat seluruh tubuhnya seperti bergetar dan sangat nyaman apabila ia sedang tertidur dan mendengkur kita meletakkan tangan kita diatas perutnya atau punggungnya dan kita akan merasakan getaran yang lucu disaat itu! Tetapi, ada keuntungannya juga lo ternyata suara dari dengkuran si kucing! Beberapa penelitian menyatakan bahwa ada 7 keuntungan dari dengkuran kucing bagi tubuh kita! Antara lain mengurangi resiko sesak nafas, 40% kurangnya resiko terkena serangan jantung, tekanan darah menjadi stabil, getaran dari dengkuran kucing itu mempercepat metabolisme tubuh dalam menutup luka, frekuensi yang dikeluarkan oleh si kucing dari dengkurannya sangat cocok untuk menguatkan tulang dan melemaskan otot yang sedang tegang. Wah berarti dengan memiliki kucing di dalam rumah itu sama saja kita memiliki dokter pribadi kan catlovers?

9. Kucing adalah alarm yang sangat berguna!

shutterstock_54915979-590x410“Hei bangun! Waktunya bekerja!”

Ya! Kucing yang sudah bersahabat dengan kita akan mencintai dan menyayangi kita sehingga mereka tidak akan membiarkan kita bangun terlambat di pagi hari agar tidak terlambat pergi ke kantor dan tentunya tidak terlambat pula untuk memberikan mereka sarapan. Mereka akan membangunkan kita dengan cara menyentuh-nyentuh pipi kita, menarik perlahan-lahan selimut kita atau bahkan bergerak-gerak diatas badan kita yang masih ditutupi selimut hingga kita bangun. Menggemaskan bukan?? Tentunya hal ini disebabkan kucing merupakan hewan yang bangun pada saat fajar menjelang dan matahari terbenam (subuh dan senja hari), jadi wajar saja jika mereka akan menjadi satu-satunya yang terbangun paling pagi diantara orang-orang yang kita dirumah kita.

10. Kucing = Setia

tk7TdKucing akan terus menemani anda dengan penuh kesetiaan!

Memelihara kucing sama saja kita memelihara sesuatu yang akan menemani dan mengerti kita hingga akhir khayat nanti. Kucing sejak dulu dipercaya sebagai hewan yang sangat baik dan setia kepada manusia. Mereka juga tidak meminta dan membutuhkan hal yang akan membuat kita repot selama kita memelihara mereka. Kehangatan dari tubuh mereka akan selalu berada didekat kita karena mereka tidak akan pernah menjauh dari pemeliharanya dimanapun. Mereka akan selalu melingkar diantara kedua kaki kita kemanapun kita pergi dan selalu membutuhkan perhatian dari kita jika mereka ada disekitar kita. Intinya, kucing akan memberikan kembali kebaikkan yang kita berikan kepadanya, tetapi dengan cara yang berbeda dan terkadang mengejutkan.

 (ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kenapa Kucing Peliharaan Tidak Bisa Mengaum?

Hallo catlovers! Bagaimana kabar catlovers dan si kucing hari ini? Semoga saja terus sehat, semangat dan juga senang ya setiap waktunya! Lalu, kali ini kami seperti biasa akan memberikan artikel

Dunia Kucing

Kucing dan Lumba-Lumba sedang Bermain

Siapa sangka dua hewan yang beda tempat hidupnya bisa bermain bersama? Video ini menunjukkan bahwa kucing dan lumba-lumba merupakan hewan yang ramah dan suka bermain. Artikel ini disponsori oleh:

Dunia Kucing

Bobo dan Vacuum Cleaner

Rata-rata kucing sangat takut dan segera lari ketika mendengar mesin vacuum cleaner. Namun ada seekor kucing, bernama Bobo, yang sangat senang bermain dengan vacuum cleaner. Seperti terlihat di video, Bobo

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!