10 Hal yang Pasti Kamu Belum tahu Tentang si Kucing
06/10/2016 3787 Views

10 Hal yang Pasti Kamu Belum tahu Tentang si Kucing

Kita sebagai pecinta kucing tapi akan terus menggali apa saja yang perlu kita tahu tentang si kucing dari mulai mood-nya, bahasa tubuhnya, gejala-gelaja penyakitnya sampai makanan dan mainan favoritnya! Lalu apakah itu semua sudah menjamin bahwa kita sudah mengetahui segala hal-nya tentang si kucing? Well, itu belum tentu loh catlovers! Maka dari itu sekarang kita akan membahas 10 hal tentang si kucing yang mungkin kita belum tahu!

01-cat-wants-to-tell-you-laptopApa ya yang belum kita ketahui tentang si kucing?

Kucing adalah hewan yang selalu penuh dengan rasa penasaran, hewan yang penuh dengan spontanitas, reflek dan respon yang tidak seperti hewan lainnya. Namun dengan hal-hal tadi kita tetap harus bisa mencintai dan menyayangi mereka, terlebih lagi jika kita mengatakan bahwa diri kita adalah pecinta kucing, sudah pasti kita setidaknya mengetahui segalanya tentang si kucing. Lalu apa saja kira-kira 10 hal yang mungkin kita belum tahu sebagai catlovers? Berikut hal-halnya dibawah ini:

  1. Beberapa Jenis Kucing Ternyata Menyukai Air!

Turkish Van sedang menikmati waktunya berenang!

calico-250-250 kotak-250x250

Turkish Angora adalah salah satu kucing peliharaan yang memiliki ras kuno. Mereka memiliki beberapa karakteristik fisik antara lain tubuh yang ramping dan telinga runcing yang tinggi. Lalu, uniknya lagi ternyata kucing ras ini secara alami (kebanyakan, tidak semuanya) sangat menikmati untuk bermain di air seperti berenang misalnya! Bayangkan jika kita bisa berenang bersama si kucing? Pasti akan sangat menyenangkan kan catlovers? Selain itu, ada beberapa jenis kucing lain yang dikenal tidak takut air seperti: America Shorthair, Maine Coon dan Turkish Van.

  1. Kucing Amat Sangat Manipulatif!

maxresdefaultLihatlah bagaimana si kucing ini mejnadi begitu menggemaskan disaat ia meminta makanannya!

Kita semua tahu bahwa ketika seekor kucing merasa lapar mereka tidak akan bertele-tele untuk meminta makanan dengan me-ngeong bahkan mendatangi langsung dimana tempat makanannya berada. Selain itu mereka juga akan menggosok-gosokkan kepala dan badan mereka ke kaki kita. Lalu tahukah catlovers bahwa ini sebenarnya adalah cara si kucing untuk memanipulasi dirinya untuk meminta makanan? Ya, katakan saja bahwa mereka sedang merayu kita! Menggemaskan!

  1. Kucing Juga Bermimpi

animal-cat-field-warm-picture-photography-dreaming-hd-wallpaperKucing juga bisa bermimpi seperti kita!

Sangat menggemaskan ya jika kita melihat si kucing sedang tertidur. Ingin sekali rasanya kita mengelus mereka agar mereka tidur lebih lelap. Namun tahukah catlovers bahwa jika si kucing sudah merasa santai, tenang dan memasuki fase tidur nyenyak-nya, alam bahwa sadar mereka mempengaruhi gelombang di dalam otaknya dan membawa pikiran mereka ke dalam mimpi. Pernah melihat si kucing seperti sedang meregangkan kakinya, tangannya dan bagian tubuh lainnya saat mereka tertidur? Ya, kemungkinan mereka telah memasuki alam mimpi mereka! Sssstt… jangan membuat mereka terbangun dari mimpinya!

  1. Tidak Hanya Anjing. Kucing Juga Tidak dianjurkan Memakan Cokelat!

6Kucing jangan sampai memakan cokelat!

Mungkin meskipun kita bukanlah pemelihara anjing, kita sudah tahu bahwa anjing tidak boleh memakan cokelat. Ternyata si kucing juga tidak boleh memakan cokelat karena metabolisme tubuhnya tidak mentolelir zat-zat yang ada di dalam cokelat. Tentu, ini akan menyebabkan si kucing memiliki penyakit dalam yang bisa saja tidak terdeteksi oleh kita dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Ingat bahwa si kucing termasuk ke dalam kategori hewan karnivora yang dimana di alamnya pun mereka terbiasa memakan daging dan tidak terbiasa memakan hal yang manis dan dapat menikmatinya seperti manusia. Ingat juga bahwa si kucing merupakan hewan yang penuh dengan rasa penasaran! Wangi almond di dalam cokelat tentu sangat menarik untuk dimakan, sehingga jangan sekali-kali kita meninggalkan cokelat yang terbuka dari bungkusnya di tempat yang mudah dijangkau oleh si kucing!

  1. Si Kucing Memiliki Kemampuan untuk Mengatur Suhu Tubuhnya!

bengal1Kucing dapat menyesuaikan suhu tubuhnya!

Semua kucing peliharaan sudah dapat dipastikan merupakan keturunan dari kucing-kucing besar yang ada semenjak zaman dahulu kala dimana kucing-kucing belum dipelihara, masih di alam liar dan juga hidup di tempat-tempat yang ekstrim seperti padang pasir, hutan belantara bahkan di daerah yang hanya memiliki musim salju! Lalu timbul pertanyaan, seluruh kucing pasti identik dengan bulunya (kecuali sphinx, tetapi mereka juga dapat mengatur suhu tubuh mereka) yang tumbuh di sekujur tubuhnya dan bagaimana cara mereka tetap bisa mengatur suhu tubuhnya? Ternyata justru itu yang membuat mereka dapat mengatur suhu tubuh mereka. Apakah mereka membutuhkan kehangatan atau mendinginkan diri mereka, mereka bisa mengatur suhu tersebut dengan sendirinya! Bahkan mereka memiliki kemampuan untuk mengeluarkan keringat melalui bantalan pada bagian bawah kaki mereka!

  1. Hati-hati, Jangan Melihat seekor Kucing Terlalu Dekat!

Cute cat enjoying himself outdoorsJangan melihat si kucing terlalu dekat ya catlovers!

Perihal mata, cattery.co.id sudah membahasnya di artikel beberapa hari lalu yang berjudul “Misteri dibalik Mata Kucing yang ‘Menyihir’!”. Nah, karena mata si kucing yang tidak melihat segala sesuatunya secara lanskap, kucing tidak dapat mengaptasikan fokus matanya dengan jelas dengan objek yang sangat dekat dengan matanya. Sehingga jangan salahkan si kucing jika mereka reflek dengan mengayunkan cakar mereka ke arah wajah kita, ini merupakan antisipasi mereka alih-alih apa yang ada di depan mereka merupakan sesuatu yang berbahaya. Namun meleka juga memiliki kemampuan untuk menggunakan kumis mereka untuk merasakan hal-hal yang tidak bisa mereka deteksi dengan mata mereka dalam jarak dekat.

  1. Benarkah si Kucing ‘Pemalas’?

Sleeping-CatKucing hampir menghabiskan 2/3 waktu hidup mereka untuk tidur!

Sebenarnya, kucing tidak membeda-bedakan waktu tidur mereka. Mereka akan aktif kapanpun mereka mau. Namun kita sering melihat si kucing tertidur di siang hari sehingga kita menyebutnya tidur siang. Tetapi ternyata justru itu merupakan waktu mereka untuk mengistirahatkan seluruh aktifitas tubuh mereka, sehingga itu merupakan waktu terbaik mereka untuk tidur dalam waktu yang lama. TIdak ada kucing yang malas, karena memang rata-rata seekor kucing menghabiskan 2/3 waktu didalam hidup mereka untuk tidur siang! Well, pasti benar-benar menyenangkan ya memiliki waktu tidur yang panjang seperti itu!

  1. Kucing Tidak Memiliki Tulang Selangka

TristanAmazonboxesHmmm… sudah kubilang bahwa aku muat bukan?

Heran mengapa kucing dapat amat sangat fleksibel dengan media yang ada di sekitarnya? Misalnya, kucing yang muat di dalam vas, kardus kecil, akuarium bulat yang kecil bahkan kantong belanja yang amat sangat kecil. Bukan, ini bukan merupakan adegan dari film The Exorcism melainkan ini dikarenakan kucing tidak memiliki tulang selangka sehingga mereka sangat fleksibel. Intinya, jika kepala si kucing sudah muat masuk ke suatu tempat, seluruh tubuhnya dapat dipastikan muat seutuhnya! Jadi, jangan heran jika kita melihat si kucing di dalam wadah yang tidak mungkin sekalipun! If it fits, I sit!

  1. Bulu Kucing Tidak Menyebarkan Alergi!

DSC_0029Bulu kucing memang tidak menyebabkan alergi!

Bagi mereka yang mengatakan bahwa ‘kita alergi terhadap bulu kucing, jangan dekati kucingmu kepada saya’, itu dapat dikatakan sebagai statement yang salah. Bahkan jika kamu sendiri bersin-bersin, itu bukanlah karena bulu kucing. Akan tetapi, air liur si kucing-lah yang berpotensi memicu alergi (ini juga tidak semua orang terpengaruh dengan alergi ini). Hal ini disebabkan adanya hormone di dalam air liur si kucing yang menyebabkan alergi kepada manusia. Bagaimana alergi ini tersebar? Toh kita tidak memgang liur si kucing. Nah, air liur ini tersebar di bulu si kucing disaat mereka melakukan self-grooming terhadap badan mereka. Maka dari itu penting pula bagi kita pemelihara kucing untuk memandikan dan grooming si kucing secara berkala untuk melunturkan zat-zat yang terkandung di bulu si kucing tadi dari air liur mereka.

  1. Apakah Catnip Hanya untuk Kucing?

much-catnip-hurt-cats_6b4f2dec405553beKami kucing sangat mencintai catnip!

Kucing sudah pasti menyukai dan menggilai catnip. Mereka pasti mendadak lincah, aktif dan seperti riang dengan adanya catnip (malah dari mereka terkesan sibuk sendiri!). Tetapi benarkah catnip hanya bereaksi untuk kucing? Ternyata tidak! Seluruh jenis kucing ternyata menyukai dan menggilai catnip! Kucing-kucing besar pun menyukainya seperti singa, harimau, cheetah, macan dan sebagainya yang merupakan kucing besar! Bayangkan jika kita melihat aksi mereka pada saat diberikan catnip. Pasti akan lucu kan melihatnya?

Bagaimana catlovers? Semakin mengetahui kan perihal rahasia-rahasia si kucing? Tenang saja, cattery.co.id akan kembali lagi dengan artikel yang tidak kalah menarik bahasannya dengan kali ini!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kucing Lebih Senang Berada di Dekat Orang yang Tidak Menyukainya. Benarkah itu?

Catlovers semua tidak perlu diragukan lagi ya atas kesenangannya terhadap kucing. Kita semua pasti akan melakukan apapun agar si kucing terus berada di dekat kita. Tetapi pasti ada saatnya kita

Dunia Kucing

Ternyata Asap Rokok Lebih BERBAHAYA Untuk si Kucing!

Hallo catlovers semua! Apa kabar catlovers dan si kucing? Semoga semakin baik dan kompak ya pastinya! Lalu, kami akan mengawali artikel ini dengan satu pertanyaan nih untuk catlovers : Apakah

Dunia Kucing

Harga Kucing Ras Bersertifikat di Indonesia 2017

Harga kucing terbaru, Melanjutkan artikel sebelumnya untuk tahun 2016 http://www.cattery.co.id/harga-kucing-ras-bersertifikat-terbaru-2016/ sepertinya ada banyak perubahan di tahun 2017 ini. Harga adopsi kucing kali ini hanya mengalami sedikit penyesuaian. Faktor-faktor penyebabnya antara lain : 1.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!