10 Cara si Kucing ‘bermain’ dengan Kardus Kesayangannya!
16/02/2016 8970 Views

10 Cara si Kucing ‘bermain’ dengan Kardus Kesayangannya!

Hallo catlovers! Tidak bosan-bosannya kami mengharapkan seluruh catlovers dan juga seluruh kucing peliharaan di rumah dalam keadaan sehat dan selalu bahagia. Nah, pasti catlovers selalu mengusahakan yang terbaik agar terus menjadi pemelihara terbaik untuk si kucing bukan? Tentunya banyak sekali cara untuk menunjukkan rasa sayang kepada si kucing, mungkin dengan terus memberikannya makanan yang mereka suka, mengajaknya bermain, memeluk dan menggendongnya atau juga dengan memberikannya mainan yang sangat banyak bahkan dapat membuat si kucing bermain dengan mainan yang mana terlebih dahulu! Terkadang pemberian mainan ini juga dapat menjadi kesalahan yang cukup fatal bagi si kucing catlovers, mungkin kita tidak begitu memperhatikan bentuk mainan yang kita berikan kepada si kucing. Misalnya, ada bagian yang cukup tajam pada salah satu bagian mainan tersebut yang berpotensi untuk membuat si kucing terluka disaat bermain dengan mainan tersebut. Tapi mungkin bagi kita yang seringkali memanfaatkan apa yang ada di sekitar agar dapat terus digunakan jika masih layak (mendaur ulang), membuat mainan untuk si kucing dengan cara seperti itupun tidak ada salahnya! Mungkin kita melihat ada kardus yang sudah tidak terpakai namun masih dapat berbentuk kubus, bisa jadi kardus tersebut kita jadikan sebagai salah satu ‘wahana’ bermain si kucing. Seperti kita tahu, kardus juga sangat aman bagi si kucing karena tidak adanya bagian yang berbahaya dari kardus itu sendiri bagi si kucing.

This-box-is-too-sunny‘Kardus yang tadi sudah, setelah kardus yang ini aku ke kardus yang mana lagi ya?’

Tentunya kita sudah tahu bahwa si kucing memang sangat menyukai kardus karena beberapa alasan (cattery.co.id juga sudah membahas alasan kenapa si kucing sangat menyukai kardus di artikel cattery.co.id yang berjudul : ‘5 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka di Dalam Kardus’ dan ‘Kucing dan Kotak Kardus’). Lalu, kali ini cattery.co.id akan mengulas sebenarnya hal apa saja sih yang suka dilakukan si kucing apabia bermain dengan sebuah kardus? Nah, berikut ada 10 hal yang paling sering dilakukan si kucing apabila sudah bermain dengan kardus. So, simak terus artikel cattery.co.id ya catlovers!

1. Tidur Siang dan Bersantai

calico-250-250 kotak-250x250

cats-in-boxes4‘Ah waktunya tidur siang’

Well said, tidur siang dan bersantai memang menjadi satu to-do-list yang harus dilakukan oleh para kucing. Untuk melakukan seluruh ‘aktivitas’ mereka seperti berlarian keliling rumah, keliling taman, bermain dengan teman kucingnya atau mengikuti kita kemana-mana di dalam rumah seharian tentunya si kucing harus re-charge tenaganya dengan beristirahat dalam waktu yang terbilang cukup lama. Tentunya kita sering melihat si kucing tertidur dimanapun ia mau, seperti di atas tempat tidur kita, diatas tumpukan baju cucian, dipangkuan kita, di sofa tamu kita atau bahkan di meja kerja kita dirumah. Akan tetapi jika si kucing telah memiliki sebuah kardus dirumah kita sebagai tempat favoritnya, sudah pasti ia akan tertidur didalam kardus tersebut. Secara ilmiah dikatakan bahwa kertas yang tebal daripada kardus menimbulkan rasa hangat yang cukup untuk si kucing dan dapat meningkatkan tingkat relaksasi si kucing secara cepat. Jadi ini mengapa si kucing amat sangat sering menjadikan kardus sebagai tempatnya beristirahat.

2. Bermain dengan mainannya

dt.common.streams.StreamServer.clsduh, aku lupa membawa mainan kedalam sini!’

Tentu, kardus memiliki segala ukuran. Dari yang terkecil hingga yang terbesar. Lalu apa ini menjadi masalah bagi si kucing? Tentu tidak! Selama itu merupakan sebuah kardus, mau bentuk bagaimanapun dan mau sebesar apapun itu tidak akan menjadi masalah bagi si kucing! Bahkan seringkali pula si kucing membawa mainan favoritnya (mungkin berupa sebuah bola atau stress reliever lainnya) ke dalam kardus dan memainkannya disana. Ini juga dapat disimpulkan seperti ini : kardus memiliki sudut yang banyak dan merupakan ruangan yang berbatas. Jika ia membawa sebuah bola ke dalam kardus dan mulai memukulnya, secara otomatis bola tersebut akan terpantul kemana-mana dan terlihat seperti ‘mainan baru’ untuk si kucing. Dapat dicoba juga oleh catlovers apabila si kucing sedang ada di dalam kardus yang cukup memiliki ruang, masukkanlah sebuah bola ke dalamnya. Lihat apa yang akan terjadi…

3. Duduk terdiam

90e025f254003535b64e468c2777eda7‘ah, pasti muat’

Kucing kita duduk di bibir jendela? Sudah biasa. Dan disaat itu pasti si kucing terlihat seperti sedang termenung memikirkan dan bermeditasi. Tapi, kami yakin pasti melihat si kucing duduk di dalam sebuah kardus akan menjadi sebuah hiburan yang baru untuk kita. Jangan harap si kucing akan melakukan apapun, karena benar si kucing hanya akan terdiam di dalam kardus tersebut apabila sudah dalam posisi duduk. Catlovers mungkin merasa aneh orang bisa terhibur hanya dengan melihat si kucing duduk terdiam di dalam sebuah kardus, ini karena catlovers belum melihat secara langsung. Tapi jika catlovers melihat ini secara langsung, pasti catlovers akan sumringah melihat si kucing seperti itu! (P.S : pastikan kardusnya jauh lebih besar dari si kucing!)

4. PESTA TIDUR!!!

‘pesta tidur, dimulai!’

Hanya memiliki 1 kardus di dalam rumah karena sisa kardus yang lainnya baru saja dibuang atau dimasukkan ke tempat sampah khusus daur ulang di ujung gang rumah? Akan tetapi kucing dirumah tidak hanya 1, melainkan 2 bahkan sampai 5 kucing? Jangan takut! Hal ini tidak akan membuat mereka berebutan, karena sepertinya kardus juga merupakan ‘mediator’ terbaik yang dapat mendamaikan para kucing-kucing dirumah kita! Mungkin tidak selalu seperti itu, tapi banyak sekali pemelihara kucing yang memelihara kucing lebih dari 1 dirumahnya merasa bahwa disaat si kucing sedang tidak akur satu sama lain, mereka akan menjadi baikkan setelah bersama-sama di dalam kardus! Aneh? Jangan heran. Bahkan seringkali para kucing kita dirumah akan mengadakan sebuah ‘acara’ di satu kardus yang bertemakan Pesta Tidur! Saat ini aturan ‘acara’-nya adalah : datang secara beramai-ramai kedalam sebuah kardus kosong, cari tempat terbaik untuk tertidur di kardus, jika itu punggung dari kucing yang lain tidak akan menjadi masalah! Lalu tugas kita? Ambil kamera dan foto momen tersebut!

5. Bersembunyi

cat-in-a-box‘tidak. tidak akan ada yang melihatku ada didalam sini’

Tentu, kucing tetap memiliki insting berburu sehingga mereka juga tahu banyak tentang bagaimana cara berkamuflase dan juga bersembunyi sehingga tidak terlihat dari mangsaannya atau musuhnya. Tapi alasan si kucing untuk bersembunyi di dalam kardus tidak hanya satu, karena bisa saja mereka bersembunyi karena merasa senang melakukan hal itu atau sekedar mencari tempat untuk merasa tenang sendirian agar tidak terganggu dari suasana diluar. Ya mungkin disaat si kucing sedang seperti ini tidak ada salahnya kita tidak mengganggu mereka untuk sementara hingga mereka keluar dengan sendirinya dari kardus dan mencari kita dengan sendirinya.

6. Tempat persediaan catnip

may-2010-017‘hei kawan, apa kau tahu jika kita duduk disini pasti akan diberi catnip?’

Kucing + Catnip? Kelincahan yang tiada akhir! Ya kita semua pasti tahu bahwa catnip akan membuat si kucing ‘lupa diri’ dan melakukan apapun secara lebih lincah dan jauh lebih aktif dari sebelumnya! Tapi pasti seringkali kita memberikan catnip pada si kucing yang diisi ke dalam sebuah boneka kecil dan pada akhirnya serbuk catnip tersebut tersebar dimana-mana karena adanya robekan pada boneka kecil tersebut (tentu dikarenakan oleh cakar dan gigi si kucing) sehingga mungkin agak sedikit membuat rumah terlihat kotor. Lalu kesimpulannya? Beli serbuk catnip, sebarkan di dalam kardus. Maka : Kardus + Catnip akan menjadi tawaran yang menggiurkan untuk seluruh kucing ‘mendaftar’ untuk dipelihara dirumah kita!

7. Mengunyah sisa solasi pada bagian tertentu dari kardus

cat-box‘solasi? hal apa itu? ngomong-ngomong kau mengganggu penerbangan-ku kawan!’

Nah ini yang harus kita hindari! Meskipun belum pernah ada berita yang menunjukkan bahwa solasi itu berbahaya jika termakan oleh kucing, kita pasti tahu bahwa solasi bukanlah hal yang sekiranya dapat dimakan oleh si kucing dan makhluk hidup manapun. Bahan dasarnya yang berupa plastik sudah pasti sulit dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga tidak ada kepastian yang menunjukkan bahwa solasi aman jika termakan oleh si kucing. Lalu bagaimana kita menyiasati hal ini? Mudah sekali! Pastikan bahwa kardus ini bebas dari solasi, terutama pada bagian atasnya yang seringkali menjadi ‘gerbang’ masuk si kucing. Sisa-sisa solasi yang terjuntai kedalam kardus yang berisi si kucing pasti akan membuat si kucing penasaran dan menganggap itu adalah ‘babak bonus’ dalam permainan di dalam kardus. Nah sebelum hal ini terjadi, pangkas habis seluruh solasi dari kardus, kalaupun perlu solasi, gunakanlah hanya pada bagian bawah-luar kardus yang pasti tidak akan terjangkau oleh si kucing jika si kucing sudah berada di dalamnya, sehingga si kucing tidak akan pernah terjebak dengan ‘rayuan’ dari solasi.

8. Duduk / berdiri di bagian atas kardus

fits_i_sits_cats_12‘if it fits, i sits’

Hal ini hanya dapat di lakukan oleh si kucing apabila kardus tertutup pada bagian atas dan bawah kardus (yang mana merupakan kardus yang masih berisi dengan barang-barang kita dan masih kita pergunakan). Tentu saja, kardus yang sudah cartlovers berikan untuk si kucing berarti cukup untuknya, karena tidak jarang mereka akan menghampiri kardus lain untuk bermain di dalamnya ataupun diatasnya. Bahkan terkadang si kucing berdiri dengan sendirinya diatas kardus! Saatnya siapkan kamera dan berikan caption : ‘kucing saya merasa berdiri diatas podium’.

9. Mengejutkan sang pemelihara atau teman kucing lainnya

640x364peek-a-boo! kaget kan?!’

Jangan kaget apabila si kucing tiba-tiba melompat keluar dari dalam kardus untuk mengejutkan kita sebagai si pemelihara ya catlovers. Meskipun ini tidak terlalu sering dilakukan oleh si kucing, bukan berarti mereka tidak akan melakukan hal ini kepada kita. Tentu ini menunjukkan sisi keakraban si kucing terhadap kita ya catlovers. Tapi tidak jarang pula si kucing melakukan hal ini kepada teman kucingnya, ya mungkin ini merupakan sebuah ‘ajakan’ kepada temannya untuk bermain. Apabila kita sudah terbiasa dengan hal ini, tidak ada salahnya kita berpura-pura tidak tahu si kcuing sedang ada di dalam kardus dan ingin mengagetkan kita. Tentu sepertinya hal ini akan membuatnya bangga dan semakin akrab dengan kita sang pemeliharanya.

10. Landasan pacu untuk melompat ke tempat yang lebih tinggi

enhanced-buzz-13971-1327339099-104‘untuk apa aku berdiri atau duduk diatas sini! lebih baik aku tidur!’

Sebuah kardus yang tertutup dan berisi sesuatu di rumah pasti tidak mungkin menjadi tempat bermain untuk si kucing. Tapi apa ini berarti sebuah masalah dan keputusasaan untuk si kucing agar tetap dapat bermain di dekat kardus? Tidak juga. Selain menggunakannya sebagai ‘podium’ yang telah dibahas pada poin ke 8, si kucing seringkali menggunakan kardus yang tertutu sebagai pijakan untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Meskipun ada barang ainnya yang memungkinkan sebagai pijakan si kucing, mereka akan tetap memilih kardus sebagai tempat berpijaknya. Wah sepertinya mereka tidak ingin melewatkan satu kesempatan pun untuk selalu berhubungan dengan kardus ya catlovers?

b26af84440‘sepertinya kardus ini semakin kecil…’

Jadi catlovers, kardus yang tidak terpakai dirumah ternyata memang sangat memungkinkan untuk dijadikan tempat bermain terfavorit untuk si kucing. Sebenarnya kardus juga dapat penolong bagi kita ya catlovers! Bukan, bukan sebagai tempat kita untuk bermain juga, akan tetapi untuk mengalokasikan dana pembelian mainan si kucing. Tentu saja, dilihat dari kardus yang sangat mudah kita temui pasti kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan sebuah kardus. So, just give it a try then!

Cats and Boxes!

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Harga Kucing Ras Bersertifikat di Indonesia 2017

Harga kucing terbaru, Melanjutkan artikel sebelumnya untuk tahun 2016 http://www.cattery.co.id/harga-kucing-ras-bersertifikat-terbaru-2016/ sepertinya ada banyak perubahan di tahun 2017 ini. Harga adopsi kucing kali ini hanya mengalami sedikit penyesuaian. Faktor-faktor penyebabnya antara lain : 1.

Dunia Kucing

Merebut Kembali Tempat Tidur

Seekor anak anjing French Bulldog berumur 10 minggu berusaha merebut kembali tempat tidurnya yang diklaim oleh si kucing. Namun si kucing tetap bersikukuh tidak mau pindah dari tempat tidur si

Dunia Kucing

3 Cara yang Bermanfaat dikala Mengenang si Kucing yang Telah Tiada

Kucing yang selalu menemani kita di setiap harinya pasti tidak pernah kita inginkan sedikitpun untuk meninggalkan sisi kita. Dirinya yang sangat menggemaskan dan lucu itu pasti tidak akan mudah untuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!